Cara Memperbaiki Kamera HP Vivo

Cara Memperbaiki Kamera HP Vivo 7
Cara Memperbaiki Kamera HP Vivo

Era serba praktis dan canggih seperti saat ini telah berhasil melahirkan inovasi teknologi yang makin mumpuni.

Jika dulu orang ingin mengabadikan momen harus lewat kamera pocket, namun sekarang ini mereka sudah bisa menangkap gambar hanya dengan bantuan HP saja.

Meski tergolong sebagai teknologi disempurnakan, tetapi masih aja sering muncul kasus-kasus malfungsi fitur kamera yang terjadi di dalam HP. Seperti pembahasan yang kita ulas berikut yaitu cara memperbaiki kamera HP Vivo.

Inovasi yang dituang dalam bentuk gadget berteknologi canggih memang selalu akan diperbarui. Permintaan tersebut berjalan seiringan dengan kebutuhan pasar yang semakin kesini semakin meningkat.

Coba deh kamu lihat kondisi pasar ponsel di tahun 2000-an akhir, pada saat itu keberadaan HP berkamera masih sangat langka, apalagi yang dilengkapi dengan kamera depan.

Disisi lain, kualitas kameranya pun masih terbilang jelek, karena kemampuan resolusi megapixelnya cenderung berukuran kecil.

Berbeda dengan sekarang, permintaan harga rendang sudah bisa diimbangi dengan penawaran fitur yang tinggi. Salah satunya yaitu kualitas kamera HP makin diperbaiki dan rata-rata sudah banyak mengaplikasikan ukuran resolusi HD.

Vivo menjadi salah satu produsen yang termasuk mengembangkan teknologi kamera HP sangat pesat.

Mereka memiliki sebutan jika kamera hasil jepretan Vivo itu dapat memberikan kesan beauty, dilain hal fitur dan kelengkapan tools dalam aplikasinya juga berlimpah.

Kamera HP Vivo Bermasalah

Vivo telah memproduksi banyak lineup seri HP, dari mulai varian V, Y, S hingga Z Series.

Jika dulu eranya pabrikan berlomba-lomba mengeluarkan kapasitas megapixel yang besar, tetapi sekarang berbeda, karena pabrikan selalu mengunggulkan kamera triple wide kamera yang berkualitas tinggi serta resolusi besar.

Meski begitu, banyak pengguna masih mengeluhkan soal cara memperbaiki kamera HP Vivo karena mereka suka menemui kasus akses fitur aplikasi kamera seketika error.

Biasanya gejala error muncul ketika pengguna mengoper dari kamera belakang menjadi dengan kamera depan.

Lalu notifikasi error akan muncul dengan tulisan masalah kamera depan yang tidak dapat beralih, atau sebaliknya.

Mengacu pada kasus yang ada, hasil diagnosa dari tim Kompiwin melihat kamera Vivo yang mendadak suka error tersebut adalah, pertama bisa dikarenakan file cache menumpuk, akses rooting, aplikasi kamera error, custom ROM, HP terkena damage seperti terbentur atau terkena air, dan terakhir bisa karena hal-hal tak terduga lain.

Tenang saja, semua masalah tersebut bisa diatasi dengan sangat mudah kok, tinggal ikuti step cara memperbaiki kamera Vivo yang akan kita rangkum dibawah ini.


Cara Memperbaiki Kamera HP Vivo

1. Hapus Cache Yang Menumpuk

Pertama kita coba metode yang paling mudah dulu, yakni membersihkan file sampah atau cache di dalam penyimpanan aplikasi kamera.

  1. Silahkan buka Pengaturan.
  2. Arahkan ke menu Pengaturan Lainnya.Pencet Pengaturan Lainnya
  3. Masuk ke bagian Pengelola Aplikasi.Masuk Ke Pengelola Aplikasi
  4. Cari dan pilih Kamera.
  5. Setelah terbuka silahkan buka tombol Penyimpanan.Arahkan Ke Penyimpanan
  6. Terakhir tap Bersihkan Cache.Tap Hapus Cache

2. Hapus Data Aplikasi Kamera

Jika cara pertama masih belum membantu kerusakan pada aplikasi Kamera, selanjutnya kamu bisa pilih opsi menghapus data aplikasi pada kamera.

Langkah-langkahnya masih sama seperti diatas, hanya saja pada langkah akhir kamu tap tombol Hapus Data diatas tombol Hapus Cache.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Masuk ke Pengaturan Lainnya.Pencet Pengaturan Lainnya
  3. Klik Pengelola Aplikasi.Masuk Ke Pengelola Aplikasi
  4. Kemudian cari dan buka Kamera.
  5. Silahkan kamu klik tombol Penyimpanan.Arahkan Ke Penyimpanan
  6. Terakhir ketuk Hapus Data, nantinya semua cache, cookies, history dan data-data tersimpan dalam aplikasi Kamera akan direset secara default.Klik Hapus Data

3. Update Sistem OS Vivo

Cara Memperbaiki kamera HP Vivo yang berikutnya bisa dengan mengupdate sistem OS.

Siapa tahu dengan memperbarui jeroan program sistem, maka dapat menghilangkan bug serta permasalah dalam aplikasi seperti kasus berikut :

  1. Silahkan buka Pengaturan.
  2. Scroll kebawah dan tap tombol Pembaruan sistem.Buka Pembaruan Sistem
  3. Hubungkan ke Wifi agar proses download data lebih ringan dan cepat.
  4. Tekan Unduh dan Pasang jika sistem sudah saatnya update.Pencet Unduh Dan Pasang

4. Reset Data Dari Pabrik

Jika poin keempat ini sudah jadi opsi terakhir, gak ada salahnya kalau kamu coba lakukan. Namun, sebelum itu silahkan backup semua data internal ke dalam memori cadangan agar semua file tidak ikut terformat ketika proses reset data pabrik.

Dengan cara ini diharapkan HP kembali fresh mengikuti settingan default persis ketika kondisi barunya.

Cara reset data barik ini bisa lewat menu Pengaturan atau dengan menekan tombol shortcut tombol Volume Up + Volume Down + Tombol Power secara bersamaan.

5. Gunakan Aplikasi Kamera Lain

Bila semua cara sudah buntu dan gak ada opsi lain, sepertinya kamu harus download aplikasi pembantu yakni aplikasi kamera di dalam layanan Play Store.

HD Camera for Android
HD Camera for Android
Developer: Mobile_V5
Price: Free

Diharapkan jika memakai aplikasi kamera baru, fungsi yang gagal hanya terjadi di aplikasi kamera bawaan HP.

Kalau masih bermasalah, sepertinya ada yang tidak beres dengan komponen kamera tersebut.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara memperbaiki kamera HP Vivo, silahkan ikuti arahan dari tim Kompiwin di atas untuk mengembalikan kondisi HP dalam keadaan normal lagi. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.