Cara Membuat Voting Suara di WhatsApp dengan Mudah

Cara Membuat Voting Suara di WhatsApp dengan Mudah

Kabar baik bahwa kini WhatsApp telah menyediakan fitur baru yang bernama Polling. Fitur ini sering digunakan banyak orang untuk membuat voting, pendapat, survey, dan mengisi kuesioner.

Kita dapat membuat Polling di WhatsApp baik untuk perorangan ataupun di WhatsApp Grup. Polling di WhatsApp hampir mirip dengan Polling di Telegram.

Hanya saja, tombol pungutan suara WhatsApp masih sangat sederhana. Didalam menu pembuatan, hanya disediakan dua kolom utama, pertama yaitu untuk pertanyaan dan yang kedua untuk kolom pilihan.

Terus bagaimana cara membuat voting suara di WhatsApp dengan menggunakan fitur ini ?

Pengertian Polling

Sebagai warga negara Indonesia yang demokratis, kita sangat akrab dengan yang namanya musyawarah untuk mufakat.

Kegiatan ini dapat dilakukan untuk menentukan satu suara atas banyaknya pendapat. Dan salah satu bentuk musyawarah ini bisa melalui polling.

Akan tetapi secara teknis pengertian polling adalah suatu penelitian atau survey, dengan cara menanyakan kepada audience yang terlibat khususnya dalam mengutarakan pendapatnya, mengenai sebuah isu tertentu.

Bisa dibilang juga polling termasuk alat yang dipakai oleh pihak peneliti untuk menyelidiki apa yang sedang dipikirkan orang tersebut terhadap suatu isu masalah muncul.

Cara Membuat Voting Suara di WhatsApp

Penting kalian perhatikan, jika fitur voting suara ini tersedia baik di chat perorangan maupun di WhatsApp Grup. Temukan di bagian menu lampiran atau clip, setelah itu gunakan yang namanya Polling.

Tentukan pertanyaan yang ingin kalian pakai untuk mengetahui suara, setelah itu ketikkan pilihan jawaban atas kasus tersebut.

Selengkapnya ikuti langkah-langkah mudah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Whatsapp.
  2. Pastikan kamu sudah berada disebuah grup Whatsapp.1 Buka Aplikasi Whatsapp - Cara Membuat Voting Suara di WhatsApp dengan Mudah
  3. Buka jendela chat grup tersebut.2 Pilih Grup - Cara Membuat Voting Suara di WhatsApp dengan Mudah
  4. Setelah itu pencet icon lampiran yang ada di samping kolom chat.3 Pencet Icon Lampiran - Cara Membuat Voting Suara di WhatsApp dengan Mudah
  5. Ketuk bagian menu Polling.4 Pencet Tombol Polling - Cara Membuat Voting Suara di WhatsApp dengan Mudah
  6. Lalu ketikan pertanyaan yang ingin digunakan sebagai voting suara.5 Silahkan Isi Pertanyaan - Cara Membuat Voting Suara di WhatsApp dengan Mudah
  7. Lanjut ketikkan jawaban terkait topik voting suara.
  8. Pencet + Tambah untuk menyematkan jumlah pertanyaan lagi.
  9. Terakhir tinggal Kirim.
  10. Selamat mencoba

Akhir Kata

Kini mengambil pendapat lewat WhatsApp makin mudah dilakukan. Fitur ini sudah tersedia di WhatsApp versi Android dan iOS. Jika fitur ini belum tersedia di WhatsApp kamu, silahkan lakukan pembaruan WhatsApp.

Terima kasih sudah mengikuti panduan ini hingga selesai dan sampai jumpa di tips WhatsApp selanjutnya. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Voting Suara di WhatsApp dengan Mudah”

Tinggalkan komentar