Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup Terbaru

Cara Membuat Polling di Grup WhatsApp Terbaru

WhatsApp telah berkembang bukan hanya sekedar sebagai media komunikasi saja, tetapi mereka terus memberikan fungsi baru bahkan lebih dari sekedar alat mesengger pada umumnya.

Baru-baru ini Whatsapp usai melakukan pembaruan terhadap versi aplikasinya, mereka menambahkan layanan baru bersama polling.

Sesuai dengan namanya, alat ini berguna dalam hal memperoleh suara atas pilihan audience yang terlibat di dalam forum.

Sebetulnya bukan suatu hal baru fitur polling di sebuah aplikasi messenger, pertama kali diperlihatkan dan diperkenalkan oleh aplikasi Telegram, bahkan mereka memiliki fitur pendukung yang membuat polling di Telegram semakin lengkap.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada pembahasan kali ini kita akan mengupas tentang cara membuat polling WhatsApp Grup terbaru.

Apa Itu Polling?

Pengertian polling sendiri adalah suatu kegiatan dalam pengumpulan pendapat umum dengan menggunakan teknik dan prosedur ilmiah (Eriyanto, 1999:75).

Apakah polling dengan survey sama? Menurut sumber mengatakan bahwa survey merupakan bagian dari polling.

Dalam arti, survey adalah salah satu metode yang sering digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan suara, memakai media bantu seperti kuesioner sebagai acuan data.

Polling sering digunakan dalam hal penggambaran sesuatu secara sistematis, fakta atau karakteristik secara akurat.

Bisa juga digunakan dalam memperoleh informasi terhadap suatu fenomena yang ingin didapatkan, seperti sikap, pandangan, keyakinan terkait isu yang sedang dihadapi.

Gambaran sederhananya seperti, kalian sedang berada di satu forum berjumlah 10 orang. Moderator kemudian meminta untuk 10 orang tersebut memilih antara nama A atau nama B sebagai pemimpin organisasi.

Setelah itu kalian diminta untuk memilih salah satu, dan suara yang terbanyak akan menjadi orang yang terpilih. Kurang lebih seperti itulah penjelasan polling.

Fitur Baru Polling di WhatsApp

Berkaitan dengan tutorial cara membuat polling di WhatsApp Grup terbaru, seperti apa gambaran fasilitas satu ini?

Kurang lebih penjelasan diatas tetap menjadi dasar pengertian fitur polling di aplikasi WhatsApp. Disini WhatsApp hanya memfasilitasi dalam bentuk platform media yang lebih sederhana.

Kalian bakal disediakan menu Polling di sebuah jendela percakapan grup, dan ketika kita gunakan menu Polling akan muncul konfirmasi tampilan seperti kolom Pertanyaan dan kolom Pilihan.

Untuk kolom Pertanyaan, merupakan bagian yang kamu akan isi perintah pengisian polling di grup tersebut. Misalnya “Pilih nama pemimpin Organisasi Kompiwin, nama kandidatnya ada di pilihan dibawah ini”.

Lalu untuk kolom pilihan, silahkan kamu input masing-masing nama satu persatu sesuai jumlah kandidat yang diajukkan.

Setelah terbuat, maka pesan ini akan terkirim seperti broadcast di dalam grup dan oleh audience dapat mengetuk salah satu nama sebagai polling pilihan mereka.

Suara terbanyak akan keluar dan hasilnya bisa kamu lihat secara transparan di balon chat polling tersebut.

Jadi sekarang fungsi media messenger jauh terasa sangat simpel, tidak perlu lagi menggunakan Google Form atau platform khusus polling, cukup gunakan WhatsApp grup kamu sudah bisa memakai fasilitas ini secara instan.

Terus bagaimana cara membuat polling di WhatsApp grup terbaru? Penjelasan tersebut kita tuliskan di bawah ini.

Baca Juga :

Ingin membuat list lewat WhatsApp ? Begini panduan membuat list di WhatsApp secara lengkap.

Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup Terbaru

Karena fasilitas ini termasuk fitur baru dari WhatsApp, wajar bila mereka belum banyak yang tahu kalau sebenarnya kita bisa melakukan polling di dalam chat grup. 

Tentu syarat utamanya fitur polling hanya berlaku di sebuah jendela grup chat saja, kalau syarat tersebut tidak terpenuhi maka polling tidak akan muncul.

Dan satu lagi, update versi WhatsApp kalian ke versi paling terbaru, cek di Playstore untuk menampilkan update.

  1. Silahkan kamu buka aplikasi WhatsApp atau melalui link alternatif ini.1 Buka Aplikasi Whatsapp - Cara Membuat Polling di Grup WhatsApp Terbaru
  2. Kemudian pilih salah satu forum grup, dan ketuk untuk membukanya.2 Pilih Grup - Cara Membuat Polling di Grup WhatsApp Terbaru
  3. Setelah jendela grup Whatsapp terbuka, klik icon Clip yang ada di kolom tulis pesan.3 Pencet Icon Lampiran - Cara Membuat Polling di Grup WhatsApp Terbaru
  4. Disini akan muncul beberapa fitur, salah satunya klik bagian Polling.4 Pencet Tombol Polling - Cara Membuat Polling di Grup WhatsApp Terbaru
  5. Pastikan versi Whatsapp kalian sudah update paling terbaru, jika tidak fitur Polling belum muncul.
  6. Nanti bakal keluar kolom Pertanyaan dan kolom Pilihan, ketikkan sesuai polling yang kalian buat.5 Silahkan Isi Pertanyaan - Cara Membuat Polling di Grup WhatsApp Terbaru
  7. Kalau sudah tap tombol Kirim.
  8. Sebagai audience, kamu cukup pencet salah satu pilihan pollingnya, maka hasil suara akan muncul secara langsung. Akan terus update bila audience lain ikut partisipasi polling tersebut.6 Hasil Polling Chat - Cara Membuat Polling di Grup WhatsApp Terbaru
  9. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Bagaimana tanggapan kalian tentang fitur baru ini, cukup membantu bukan? Kita sudah berikan penjelasan cara membuat polling di grup WhatsApp terbaru lewat tutorial diatas, langsung saja kamu gunakan fitur berikut sebagai salah satu aktivitas forum grup kalian. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang