Apa itu File Hiberfil.sys ? Apakah Aman dan Bisa Dihapus ?

Apa itu File Hiberfil.sys Apakah Aman dan Bisa Dihapus

Pernahkah kalian mendengar istilah Hiberfil.sys? Seberapa pentingkah fungsi program ini di dalam komputer kita?

Faktanya keberadaan file ini hampir ada di setiap sistem operasi Windows kalian. Dari mulai versi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, hingga paling terbaru yakni Windows 11, semuanya memiliki file bernama Fiberfil.sys.

Satu hal lagi yang membuat kita kurang nyaman dengan keberadaan file ini adalah ukurannya sangat besar. Khususnya bagi perangkat yang memiliki sistem penyimpanan minim, kendala terbesar mereka yaitu efisiensi ruang memori.

Kalau sebagian ruang terpenuhi oleh Hiberfil.sys, dimana kita sendiri kurang begitu tahu apa fungsi dan kerja dari bagian sistem, maka kita boleh taruh perhatian penuh terhadap file tersebut.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini, kita akan berikan kalian ulasan tentang apa itu file hiberfil.sys ? Apakah aman dan bisa dihapus ? Mari kita ulas selengkapnya mengenai file Hiberfil.sys ini.

Pengertian Hiberfil.sys

1 Mode Hibernasi - Apa itu File Hiberfil.sys Apakah Aman dan Bisa Dihapus

Bukan tanpa tujuan, setiap file di dalam Windows tentu mempunyai fungsi dan perannya masing-masing…termasuk Hiberfil.sys ini.

Lantas seperti apa detail tentang file Hiberfil.sys tersebut? kalau kalian pernah melihat options pada menu Power, disana selain tindakan Sleep, Shut down, dan Restart ada satu lagi yang namanya Hibernate.

Fungsi dari file Hiberfil.sys ini termasuk bagian dari perintah Hibernate. Tujuannya adalah membuat perangkat komputer dalam penghematan daya dan menjaga informasi pada memori PC tanpa melakukan proses booting seperti kamu menghidupkan kembali komputer dari kondisi mati.

Lebih jelasnya, komputer berada dalam mode standby, lalu sebagian program parenting masih berjalan bahkan aktivitas terakhir pada memori akan mereka simpan, dan ketika kamu hidupkan perangkat ini tidak perlu lagi booting…kurang lebih seperti pada Sleep.

Ketika Hibernate kalian aktifkan, disaat itu hiberfil.sys akan andil sebagai manajemen program utamanya. Tetapi kalau mode Hibernate tidak pernah kamu gunakan, ada pilihan kalau file Hiberfil sah untuk dihapus.

Sayangnya file Hiberfil.sys cukup kasat mata, untuk menemukannya kita perlu aktivasi mode hide file program, dan secara umum lokasi file tersebut dapat kamu temukan di Local Disk C:


Ukuran File Hiberfil.sys

Fakta mengejutkan yang selanjutnya, bahwa file Hibernate ini memiliki ukuran yang sangat besar. Ketentuan file telah ditentukan oleh Windows secara default, sehingga tidak ada toleransi bagi komputer berkapasitas minim, itulah mengapa ukuran jadi satu pertimbangan besar kalian harus hapus file berikut dari sistem partisi C:.

Dari beberapa kasus diluar sana, banyak mengaku kalau hiberfil.sys mempunyai ukuran sampai belasan GB. Sedangkan ketika fungsi file berjalan, sistem akan menggunakan 75% dari total RAM komputer kalian.

Misalnya kalau ukuran RAM perangkat kamu 1 GB artinya hiberfil.sys memakai sebanyak 750 MB keseluruhan RAM tersebut.

Terdengar sangat besar bagi PC yang mempunyai ukuran minim. Apalagi kalau kita tidak selalu menugaskan Hibernate dalam mematikan perangkat komputer.

Terus apakah aman kalau file hiberfil.sys ini dihapus? Sangat aman, tentu dengan melewati pertimbangan panjang.

Pastikan jika memori kalian sudah terlalu penuh sampai tidak ada ruang penyimpanan lagi, dan satu paling utama yaitu pastikan Hibernate mode tidak pernah kalian gunakan. 


Cara Melihat File Hiberfil.sys

Bisa dikatakan hiberfil.sys ini sangat ghaib. Lokasi sebenarnya berada pada Local Disk C: atau partisi sistem Windows dari perangkat kalian masing-masing.

Namun untuk melihatnya, kita perlu mengaktifkan mode hide khusus untuk menampilkan program-program Windows.

Mengapa kita perlu melihat lokasi file hiberfil.sys ini? jelas untuk mengetahui seberapa besar ukuran file tersebut sekaligus sebagai dasar alasan mengapa kita harus menghapusnya demi partisi memori lebih longgar.

Adapun cara untuk melihat Hiberfil.sys di Windows antara lain sebagai berikut :

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Lihat di bagian atas jendela Windows Explorer. Ketuk menu View untuk pengguna Windows 10 dan pilih Options. Sedangkan bagi pengguna Windows 11. Pencet icon titik tiga lalu ketuk Options.2 Icon Titik Tiga - Apa itu File Hiberfil.sys Apakah Aman dan Bisa Dihapus3 Tap Options - Apa itu File Hiberfil.sys Apakah Aman dan Bisa Dihapus
  3. Nanti akan muncul jendela Folder Options. Arahkan ke sub menu View.4 Pencet View - Apa itu File Hiberfil.sys Apakah Aman dan Bisa Dihapus
  4. Aktifkan bagian Show Hidden Files, folders and drives.5 Show Hiden File - Apa itu File Hiberfil.sys Apakah Aman dan Bisa Dihapus
  5. Scroll kebawah lagi dan matikan centang Hide Protected operating system files (recommended).6 Hidden Program - Apa itu File Hiberfil.sys Apakah Aman dan Bisa Dihapus
  6. Ketuk saja Yes.
  7. Terakhir ketuk tombol Apply dan OK.
  8. Lalu kamu buka Local Disk C.
  9. Disini cari file bernama hiberfil.sys.7 Perhatikan File - Apa itu File Hiberfil.sys Apakah Aman dan Bisa Dihapus
  10. Klik kanan dan pencet Properties. Lihat seberapa besar ukurannya.
  11. Nanti ukuran tersebut bisa kamu jadikan patokan ketika setelah dihapus. Lihat kapasitas Local Disk C dihapus, setelah itu kurangi ukuran hiberfil.sys, maka itulah hasil akhir setelah file kita nonaktifkan.

Cara Menghapus File Hiberfil.sys

Artikel yang kita sajikan di ini tentang apa itu file hiberfil.sys ? Apakah aman dan bisa dihapus ? Mulai menemui titik terang. Segmen terakhir pembahasan berikut menjelaskan tentang teknis cara hapus file hiberfil.sys dan memunculkannya kembali.

Jadi kalian tidak perlu khawatir, cara hapus file yang kalian duga seperti delete program masuk ke dalam sampah, kenyataannya tidak demikian. Teknik menghapus hiberfil.sys paling efektif dilakukan melalui Command Prompt.

Bahkan setelah kamu hapus alias matikan, file tersebut dapat kembali diaktifkan cukup mengulangi skrip (perintah) di Command Prompt antara lain sebagai berikut:

1. Menghapus/Mematikan Hiberfil.sys

  1. Buka tombol Start.
  2. Kemudian kamu ketikkan Command Prompt pada kotak pencarian.
  3. Setelah itu buka dengan Run as administrator.9 Buka Command Prompt - Apa itu File Hiberfil.sys Apakah Aman dan Bisa Dihapus
  4. Bila jendela CMD sudah terbuka, lanjut ketikkan perintah powercfg –h off.9 Ketikkan Perintah Off - Apa itu File Hiberfil.sys Apakah Aman dan Bisa Dihapus
  5. Lalu ketuk Enter.
  6. Secara langsung file hiberfil.sys akan hilang.9 Ketikkan Perintah Off - Apa itu File Hiberfil.sys Apakah Aman dan Bisa Dihapus
  7. Selesai.

2. Mengembalikan/Mengaktifkan Hiberfil.sys

  1. Buka tombol Start.
  2. Pencet kotak pencarian dan ketikkan Command Prompt.
  3. Setelah muncul, buka melalui Run as administrator.11 Ketikkan On - Apa itu File Hiberfil.sys Apakah Aman dan Bisa Dihapus
  4. Kemudian kamu ketikkan perintah powercfg –h on.11 Ketikkan On - Apa itu File Hiberfil.sys Apakah Aman dan Bisa Dihapus
  5. Dan terakhir klik Enter.
  6. Secara otomatis file akan kembali hadir.

Pertanyaannya adalah apakah dengan menggunakan fungsi perintah on dan off Command Prompt diatas juga mempengaruhi ruang penyimpanan yang digunakan hiberfil.sys?

Logikanya adalah, file ini tidak kita perintahkan terhapus, melainkan hanya dinonaktifkan saja, itu artinya file masih tersimpan dalam penyimpanan bukan?

Jawabannya kemungkinan diatas tidak akan terjadi, ketika kamu ketikkan perintah powercfg –h off, maka hiberfil.sys juga akan hilang pada penyimpanan sistem.

Misalnya ukuran hiberfil.sys 13 GB, saat kamu perintahkan off, maka ruang di Local Disk C: akan bertambahkan 13 GB free.

Jadi jangan khawatir, kamu akan tetap mendapatkan kembali ruang penyimpanan ekstra sesuai ukuran hiberfil.sys dalam partisi masing-masing.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan tentang apa itu hiberfil.sys ? Apakah aman dan bisa dihapus ? Jawaban semua itu telah kita rangkum dalam artikel diatas.

Sekarang kamu bakal mendapatkan ruang penyimpanan ekstra setelah menonaktifkan file dari Local Disk C:. Sedangkan menariknya lagi, Windows mempersilahkan pengguna aktifkan kembali bila diperlukan. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar