Cara Membuat Dan Membagi Partisi Di Windows 10 Tanpa Install Ulang

Cara Membuat Dan Membagi Partisi Di Windows 10 Tanpa Install Ulang 1
Download Windows 10

Tips cara membuat partisi di Windows 10 seringkali digunakan untuk membentuk manajemen penyimpanan jadi terlihat lebih rapi.

Selain itu membuat partisi dalam sebuah hardisk juga dapat melindungi file ketika sistem dilakukan penginstalan ulang. Data yang kamu simpan dalam penyimpanan tersebut terjalin lebih aman dan tidak akan terformat.

Kemudian menyimpan terlalu banyak file di dalam satu buah partisi juga bisa memperlambat kinerja sistem Windows. Maka dari itu, akan lebih efektif kalau kamu atur kembali partisi di dalam penyimpanan perangkat masing-masing.

Cara Membuat Partisi Di Windows 10 Tanpa Install Ulang

Biasanya kebutuhan dalam cara membuat partisi di Windows 10 akan sangat berguna ketika perangkat secara default masih menyesuaikan settingan awal pabrik.

Kebanyakan laptop jaman sekarang yang sudah terinstall Operating System asli dari pusat, secara sistem telah mensetting single partisi berlokasi drive C.

Sayang banget kalau kapasitas penyimpanan memori internal PC atau laptop berukuran besar namun pembagian partisi hanya ada satu slot drive saja.

Gunanya membuat partisi ini adalah untuk membagi ruang kapasitas utama menjadi beberapa drive penyimpanan baru.

Misalnya laptop kamu memiliki ukuran 500 GB, dari ukuran tersebut akan kita pecah di dalam partisi baru dengan detail ukuran 200 GB. Artinya partisi asli (Drive C:) sisa 300 GB dan partisi baru (Drive D:) menggunakan sebagian 200 GB tersebut.

Berikut cara membuat serta membagi partisi di Windows 10 tanpa harus install ulang :

  1. Silahkan buka File Explorer.
  2. Setelah terbuka, klik kanan This PC dan pilih Manage.Klik Kanan This PC Dan Pilih Manage
  3. Kemudian ketuk menu tab Disk Management di sisi kiri.Buka Disk Management
  4. Pilih salah satu hardisk yang ingin kamu buat partisi.Pilih Salah Satu Disk Driver
  5. Klik kanan hardisk tersebut, lalu tap Shrink Volume.Klik Kanan Dan Shrink Volume
  6. Disini akan muncul informasi kapasitas penyimpanan, disana tertulis dalam satuan MB. Untuk membagi jumlah ukuran partisi jangan sembarangan, karena sudah tertulis batas maksimal kapasitas penyimpanan drive baru yang ada di kotak Size of available shrink space in MB.
  7. Setelah tahu berapa kapasitas maksimal memori, tuliskan pada kotak Enter the amount of space to shrink in MB, ketik detail ukurannya.Masukkan Detail Ukuran Dan Tap Shrink
  8. Yang perlu diingat 1 GB = 1024 MB, tinggal kamu kalikan saja.
  9. Bila sudah klik Shrink.
  10. Partisi baru akan keluar dengan nama Unallocated. Silahkan klik kanan driver tersebut dan pilih New Simple Volume.Klik Kanan Lalu Pilih New Simple Volume
  11. Klik Next.
  12. Lalu pastikan lagi ukuran yang akan dibuat partisi. Dan tap Next.Masukkan Detail Ukuran Lagi Dan Klik Next
  13. Kamu bisa ubah nama drive-nya, lalu Next.Pilih Volume Driver
  14. Kemudian buat format File System menjadi NTFS, biarkan Allocation unit size di Default, dan terakhir isi nama drive pada Volume Tabel. Dan klik Next.Masukkan Detail Ukuran Dan Tap Shrink
  15. Terakhir tinggal konfirmasi tombol Finish.
Tips Windows 10 :

Bosan dengan wallpaper bawaan Windows 10 ? Kita pernah link download wallpaper Windows 10 terlengkap.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara membuat partisi di Windows 10, silahkan ikuti arahan diatas buat kalian yang ingin membagi file manajemen penyimpanan hardisk jadi lebih terstruktur. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.