Fitur Baru di Windows 10 22H2 (Update November 2022)

Fitur Baru di Windows 10 22H2 (Update November 2022)

Windows telah melakukan berbagai cara dalam meningkatkan performa dan kestabilan sistem operasi mereka.

Meski saat ini versi generasi Windows 11 telah marak di kampanyekan, namun masih  banyak juga pengguna yang bertahan di Windows 10.

Mereka mengaku bahwa sistem operasi ini masih kompatibel dengan beberapa update software terbaru, dan mereka menilai juga kalau Windows 10 tampilannya lebih simpel dan friendly.

Tenang saja, Microsoft masih rutin melakukan pembaruan pada Windows 10 (baik dalam hal keamanan maupun fitur baru).

Walaupun secara resmi Windows 11 sudah dirilis sebagai versi terbaru, tetapi saja Microsoft punya tanggungan dalam mengembangkan sistem operasi terdahulu bahkan termasuk pada Windows 8.

Lalu apa saja fitur baru di Windows 10 22H2 (update November 2022) versi terakhir yang dikeluarkan Microsoft?

Cara Melihat Versi Update Windows 10

Bagaimana cara mengetahui versi Windows kita sudah paling yang terbaru ? Karena pembaruan Windows 10 melakukan pembaruan sistem secara otomatis.

Bila komputer dan laptop kalian masih menerima pembaruan dari Microsoft, maka perangkat akan memunculkan notifikasi Update pada menu Power atau otomatis dilakukan ketika booting.

Dan untuk melihat versi terakhir update dari sistem operasi perangkat kalian, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Ketuk tombol Start.
  2. Ketikkan di kolom pencarian winver. Setelah itu tap untuk membukanya.1 Ketikkan Winserv - Fitur Baru di Windows 10 22H2 (Update November 2022)
  3. Nanti akan keluar jendela detail tentang versi sistem operasi kalian.
  4. Untuk versi terbaru, perhatikan pada baris Versions, jika keterangan disana tertulis 22H2 (OS Build 190.45.2311) maka artinya Windows 10 milikmu sudah paling terbaru update Oktober 2022.2 Perhatikan Seri Windows - Fitur Baru di Windows 10 22H2 (Update November 2022)
  5. Selesai.

Fitur Baru di Windows 10 22H2 (Update November 2022)

Lantas apa saja fitur baru di Windows 10 22H2 (Update November 2022) kali ini? Meninjau bahwa update tersebut mereka lakukan secara besar-besaran dan siklus pembaruan ini cukup terjadi hanya 1 tahun sekali.

Pertanyaannya tentu jelas banyak yang diperbarui dong? Sayangnya fitur anyar di Windows 10 last update ini hanya ada satu saja.

Bukan tanpa alasan, seperti yang kita tahu kalau Microsoft sudah merilis Windows 11 dimana kini versi tersebut merupakan versi dari fokus development utama dari pengembang Microsoft.

Jadi kalau kamu ingin mendapatkan fitur lebih mutakhir, mereka akan merekomendasikan untuk install sistem operasi Windows 11.

Fitur Terbaru

Seperti yang sudah kita katakan di atas, sayangnya mereka cuma memberikan 1 fitur baru saja yaitu Focus Assist.

Sebetulnya fitur ini juga bukan yang paling baru, mereka hanya menambahkan sebagian fungsi dalam pengaturan, supaya peningkatan sistem dan kegunaan fitur jauh lebih optima.

1. Focus Assist

3 Fitur Foccus Assist - Fitur Baru di Windows 10 22H2 (Update November 2022)

Apa itu Focus Assist? Fitur ini berfungsi sebagai fitur silent notifikasi pada layar Windows kalian. Kalau kita sering melihat ballon notifikasi keluar di sisi kanan bawah layar, makan pesan ballon tersebut tidak akan muncul dan dapat dilihat ketika kita membuka jendela notifikasi saja.

Fitur berikut cocok kamu gunakan ketika sedang melakukan pekerjaan tanpa ada kendala distraksi atau gangguan sama sekali.

Pembaruan Sistem Terbaru

Bukan termasuk fitur, Windows 10 last update juga mengalami peningkatan fungsi layanan, sistem, maupun program dari versi sebelumnya.

Ada beberapa poin yang mereka sempurnakan disini, selengkapnya lihat rangkuman berikut.

1. Optimasi Docking Station

5 Peningkatan Fitur - Fitur Baru di Windows 10 22H2 (Update November 2022)

Kalau kamu punya alat terminal bernama Docking Station, khususnya bagi koneksi kabel LAN. Sekarang fungsi tersebut sudah jauh lebih optimal.

Misalnya ketika sebelumnya kita sambungkan docking station dari LAN ke komputer, dan pada saat komputer sleep, secara otomatis internet akan terputus.

Sedangkan versi terbaru ini koneksi LAN akan terus terhubung walaupun komputer berada pada mode Sleep.

2. Peningkatan Upgrade

7 Optimasi Upgrade Windows - Fitur Baru di Windows 10 22H2 (Update November 2022)

Windows 10 semakin memberikan akses kemudahan dalam upgrade ke versi terbaru yakni Windows 11. Tentu dengan syarat spesifikasi ketentuan perangkat sudah memenuhi standar minimal dari sistem Windows 11.

Intinya mereka semakin mempermudah akses untuk upgrade melalui fasilitas menu di bagian Settings Update & Security.

Karena pada dasarnya Microsoft menginginkan development terpusat hanya di Windows 11, apapun teknologi, fitur dan fasilitas baru bisa langsung dinikmati di Windows 11.

3. Perbaikan Xaudio

Bagi para gamers, kabar baik jika Windows 10 semakin memperbaiki fungsi Xaudio saat kita bermain game. Ingat pembaruan ini hanya berlaku bagi user yang menggunakan Xaudio.

Sehingga kalian akan mendapatkan perbaikan meliputi efek suara lebih jelas, suara tidak terdengar sama sekali, dan kini fasilitas tersebut sudah semakin membaik.

4. Perbaikan Menu Troubleshooting

6 Menu Troubleshoot - Fitur Baru di Windows 10 22H2 (Update November 2022)

Window 10 mempunyai layanan Troubleshoot yang sangat membantu ketika kita ingin menyelesaikan masalah secara otomatis. Namun terkadang akses troubleshoot tersebut justru dapat memicu persoalan baru.

Terkadang proses Troubleshooting tidak berjalan lancar, atau kemampuan scanning kurang akurat, sehingga pada versi terbaru ini menu Troubleshoot telah mereka perbarui secara baik.

Jadi hampir semua opsi menu Troubleshoot di kolom Settings, bisa kalian gunakan semuanya tanpa ada kendala apapun lagi.

5. Board Development

Poin berikutnya ini kurang lebih hampir sama seperti poin kedua diatas. Disana diterangkan kalau Windows 10 akan mempermudah upgrade ke versi Windows 11 dan mensupport total asalkan spesifikasi PC memadai.

Namun disini, hal tersebut berlaku juga pada update Windows 10 ke Windows 10 22H2. Jadi Windows sangat mensupport perangkat Windows 10 yang ingin update ke versi 22H2 alis 2022. Misalnya versi Windows 10 kamu 2020, artinya kamu ketinggalan 2 tahun pembaruan.

Maka Windows sangat memudahkan proses update ini dengan segala support yang mereka fasilitasi. Tetapi dengan syarat, versi Windows kalian harus diatas 2020 (20H2). 

Karena jika melampaui banyak pembaruan, Microsoft meminta pengguna menyelesaikan step-step pembaruan sebelumnya terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah, tinggal pergi ke Settings, masuk ke menu Update & Security. Lalu arahkan ke sub menu Windows Update, dan klik kotak Check for Update disana.


Akhir Kata

Sekian pembahasan kita mengenai fitur baru di Windows 10 22H2 (Update November 2022). Sangat disayangkan cuma 1 fitur saja yang merek sematkan di pembaruan kali ini. Padahal dari segi siklus pembaruan setahun sekali Window 22H2, seharusnya cukup banyak yang mereka sematkan sebagai bentuk loyalitas untuk pengguna. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar