Apa itu Folder WinSxS ? Kenapa Ukurannya Lebih 10 GB ?

Apa itu Folder WinSxS Kenapa Ukurannya Lebih 10 GB

Pernahkah kalian mendengar folder bernama WinSxS? Apa sih fungsi dari folder tersebut? Umumnya Windows menggunakan partisi Local Disk C: sebagai media penyimpanan program dan struktur pada perangkat terkait.

Dari semua isi penyimpanan sistem ini, banyak bermunculan folder dan sub folder yang jarang kita ketahui tugas maupun fungsinya. Salah satu diantaranya seperti WinSxS, umumnya ukuran folder ini memiliki besaran diatas 10GB.

Walaupun angka tersebut fluktuatif, bisa saja dibawah 10 GB bahkan suatu saat bisa diatas 10 GB, namun rata-rata kapasitas folder masih berada di angka yang cenderung besar.

Terkait hal diatas, kita ingin bahas tentang apa itu folder WinSxS ? Kenapa ukurannya lebih 10 GB ?

Pengertian Folder WinSxS

1 File WinSxs - Apa itu Folder WinSxS Kenapa Ukurannya Lebih 10 GB

WinSxS sendiri merupakan singkatan dari Windows Side by Side. Dan fungsi keberadaan folder ini adalah sebagai penyimpanan komponen Windows, khususnya untuk file sistem yang dipakai dalam menyelesaikan berbagai persoalan pada komputer Windows bersangkutan.

Karena seperti yang kita tahu kompleksitas Windows generasi terbaru sudah semakin canggih, sehingga menyebabkan komponen fix issue juga semakin beragam. Alhasil kapasitas penyimpanan dari folder WinSxS memiliki ukuran yang sangat besar.

Walaupun ukuran ini cenderung fluktuatif, bisa kurang dari 10 GB bahkan bisa lebih dari 10 GB, hanya saja kenaikan tersebut dapat kapanpun terjadi dalam waktu yang sangat singkat.

Bila kamu biarkan folder ini tanpa maintenance, bisa sampai ruang penyimpanan folder WinSxS memenuhi partisi sistem sebanyak 40% sendiri.

Lalu apakah bisa kita menghapus folder WinSxS? Apa solusi terbaik untuk mengurangi ruang akibat bengkaknya folder WinSxS?

Fungsi Utama WinSxS

Sebelum kita akan berikan penjelasan sebagai gambaran pengguna apa saja fungsi dan potensi kemampuan dari WinSxS.

  1. Mengaktifkan dan menonaktifkan fitur apa saja yang ada di Windows.
  2. Menggunakan Windows Update untuk menginstall sistem terbaru.
  3. Memindahkan sistem edisi windows yang berbeda, jadi ketika kamu memperbarui versi Windows menjadi paling terbaru, maka tugas transmigrasi tersebut dibebankan kepada WinSxS.
  4. Memulihkan sistem dari kerusakan atau kegagalan booting.
  5. Menghapus instalasi update yang bermasalah.

Apakah Folder WinSxS Aman Dihapus?

2 Peringantan Windows - Apa itu Folder WinSxS Kenapa Ukurannya Lebih 10 GB

Ulasan artikel tentang apa itu folder WinSxS ? Kenapa ukurannya lebih 10 GB ? juga menyinggung persoalan eksistensi folder dalam sistem.

Karena cukup memakan ruang, apakah aman kalau kita hapus folder WinSxS? Jawabannya sangat tidak dianjurkan. Windows telah memberikan warning, bila file dalam folder WinSxS atau menghapus utuh folder WinSxS, dipercaya akan sangat merusak sistem operasimu.

Kemungkinan buruk selanjutnya, Windows tidak dapat merespon booting dan tidak mungkin kembali sistem melakukan update.

Jadi kesimpulannya menghapus folder WinSxS sangat tidak aman, sebab semua itu akan merusak ekosistem perangkat telebih pada bagian operasi sistem perangkat kalian.

Cara Menghapus WinSxS di Windows dengan Aman

Terakhir kita akan berikan metode cara hapus yang paling aman demi mengurangi ruang dalam WinSxS.

Lebih tepatnya bukan menghapus tetapi mengurangi sebagian memori dalam folder atas file yang tidak digunakan. Berikut tutorialnya.

Cara 1 : Startup Component Clean (Perintah 1)

Cara yang pertama ini sangat efektif dalam mengurangi ruang memori folder WinSxS. Ingat ya bukan menghapus tetapi mengurangi, jadi tenang saja melalui respon perintah Command Prompt di bawah komputer kalian akan tetap aman dan tanpa ada resiko.

  1. Silahkan kalian buka tombol Start.
  2. Kemudian ketikkan Command Prompt. Setelah muncul klik kanan dan pencet Run as administrator.9 Buka Command Prompt - Apa itu Folder WinSxS Kenapa Ukurannya Lebih 10 GB
  3. Setelah command prompt terbuka, langsung saja ketikkan dism.exe /online /cleanup-image /StartComponentCleanup.3 Ketikkan Perintah Cleanup - Apa itu Folder WinSxS Kenapa Ukurannya Lebih 10 GB
  4. Kemudian tekan tombol Enter.
  5. Tunggu proses berjalan otomatis, di sana juga muncul angka presentasi scanning jadi tunggu saja sampai selesai. Kurang lebih 2 sampai 10 menit.4 Tunggu Prosesnya - Apa itu Folder WinSxS Kenapa Ukurannya Lebih 10 GB
  6. Kalau sudah muncul The operation complete successfully maka prosesnya sudah selesai.

Hasil scanning tidak muncul secara instan, tunggu 1 x 24 jam sampai keesokan harinya coba kamu cek kembali penyimpanan WinSxS. Biasanya akan turun 1 sampai 2 GB dari kondisi awal.

Cara 2 : Startup Component Clean (Perintah 2)

Sebagai opsi alternatif cara berikutnya, kamu bisa gunakan kembali Command Prompt.

Kebanyakan metode pertama sudah cukup membantu mereduce ukuran folder, tetapi kalau kamu tidak ingin menggunakan perintah yang pertama, silahkan ikuti metode yang kedua ini.

  1. Ketuk tombol Start.
  2. Disana kamu bisa ketikkan Command Prompt di kolom pencarian. Setelah muncul klik kanan dan pencet Run as administrator.Apa itu Folder WinSxS ? Kenapa Ukurannya Lebih 10 GB ? 2
  3. Setelah command prompt terbuka, langsung saja ketikkan dism.exe /online /cleanup-image /StartComponentCleanup /ResetBase.5 Ketikkan Perintah Kedua - Apa itu Folder WinSxS Kenapa Ukurannya Lebih 10 GB
  4. Kemudian tekan tombol Enter.
  5. Tunggu proses berjalan otomatis, akan muncul status persentase jadi tinggal kamu tunggu sampai selesai. Kurang lebih 2 sampai 10 menit tergantung tinggi tidaknya spesifikasi komputer masing-masing.
  6. Kalau sudah muncul The operation complete successfully maka prosesnya sudah selesai.

Sama seperti diatas, prose reduce tidak berjalan instan. Paling tidak tunggu 1 x 24 jam sampai keesokannya kamu cek kembali ukuran folder tersebut.

Cara 3 : Disk Cleanup

Yang terakhir penjelasan apa itu folder WinSxS ? Kenapa ukurannya lebih 10 GB ? Akan kita tutup dengan metode reduce ukuran folder secara aman.

Gunakan fasilitas Windows bernama Disk Cleanup, aplikasi ini berjalan secara otomatis, sehingga tunggu saja prosesnya sampai akhir.

  1. Buka tombol Start.
  2. Ketikkan Disk Cleanup.6 Ketikkan DiskCleanup - Apa itu Folder WinSxS Kenapa Ukurannya Lebih 10 GB
  3. Kemudian buka program tersebut.
  4. Setelah terbuka pencet tombol Clean up system file.7 Clean Diskup - Apa itu Folder WinSxS Kenapa Ukurannya Lebih 10 GB
  5. Pilih partisi yang akan di scan. 8 Pilih Lokasi Scanning - Apa itu Folder WinSxS Kenapa Ukurannya Lebih 10 GB
  6. Tunggu proses scanning. Sampai muncul jendela baru.
  7. Kalian boleh centang semua file yang akan kita Cleanup. Terus tap saja tombol OK.8 Pilih Lokasi Scanning - Apa itu Folder WinSxS Kenapa Ukurannya Lebih 10 GB
  8. Nanti semua file tersebut akan dibersihkan otomatis.
  9. Selesai.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan mengenai apa itu folder WinSxS ? Kenapa ukurannya lebih 10 GB ? Sekarang kamu sudah tahu pasti fungsi dan kegunaannya, sekaligus bagaimana mereduce ukuran file menjadi lebih ringan tentunya pakai cara yang aman. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar