4 Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11

Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11

Penggunaan RAM yang tinggi di Windows 11 dapat menyebabkan beberapa hal, khususnya dari segi penurunan performa komputer.

Seperti yang kita tahu RAM merupakan sebuah penyimpanan sementara yang berfungsi ketika menjalankan berbagai macam tugas, aplikasi, maupun sistem. Semakin banyak aplikasi yang kita jalankan maka semakin cepat penuh ruang yang ada di dalam RAM.

Efeknya adalah kinerja perangkat secara drastis akan menurun, bahkan kemungkinan terburuknya adalah komputermu akan freezing sampai bahkan stuck.

Sebelum lebih lanjut kita kupas bagaimana cara mengatasi penggunaan RAM yang tinggi di Window 11, silahkan perhatikan penyebab RAM pada komputer dan laptop cepat penuh.

Penyebab dan Alasan RAM Komputer Penuh

Meskipun kita tidak sedang membuka aplikasi apapun, atau hanya sekedar menjalankan sistem aplikasi yang ringan, sangat mungkin terjadi kapasitas RAM kalian mendadak tiba-tiba penuh.

Lantas dari mana sumber beban RAM tersebut? Dibawah ini merupakan beberapa faktor yang menyebabkan RAM kalian cepat penuh.

1. Banyak aplikasi yang berjalan saat startup

Aplikasi startup ini menjadi hal utama yang membebankan komputer ketika menyala. RAM secara langsung akan memproses memori untuk aplikasi apa saja yang dinyatakan berjalan ketika startup.

2. Terdapat virus di dalam komputer

Sudah menjadi rahasia umum jika virus termasuk musuh utama bagi perangkat komputer. Virus sendiri akan membuat sibuk kerja sistem, dan merusak tantan internal termasuk mengganggu jalannya RAM.

3. Kerusakan sistem Windows

Jika ada sebuah sistem yang bermasalah, artinya dapat serangkaian fungsi Windows juga berpotensi malfungsi. Hal ini dipercaya dapat mempengaruhi RAM.

4. Menjalankan aplikasi yang membutuhkan RAM tinggi

Sebagaimana fungsinya, RAM bertugas menampung memori sementar dari program aplikasi yang sedang dijalankan. Bila kamu membuka terlalu banyak aplikasi bahkan semua aplikasi membutuhkan ruang sangat besar, alhasil RAM akan cepat penuh.

5. Memori RAM yang kecil

Selain itu penting juga kita perhatikan kapasitas kemampuan dari RAM komputer kalian sendiri. Ukuran RAM yang kecil tentu akan mempersempit gerak kesempatan aplikasi untuk berjalan.


Cara Mengecek Penggunaan RAM di Windows 11

Sebelum masuk ke pembasahan cara mengatasi penggunaan RAM yang tinggi di Windows 11. Pertama kalian perhatikan dulu jendela status penggunaan RAM komputer.

Cara paling mudah gunakan saja jendela Task manager, meskipun banyak aplikasi teknis penampilan RAM komputer, tetapi kita gunakan saja status monitor lewat Task Manager.

  1. Klik kanan icon Start di bawah.
  2. Setelah itu kamu pilih menu Task Manager.1 Buka Task Manager - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  3. Masuk ke dalam menu Processes.
  4. Perhatian bagian kolom Memory. Disana muncul status persentase penggunaan RAM, berikut juga daftar aplikasi yang menyimpang pemakaian memori RAM.2 Lihat Penggunaan RAM - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11

Informasi Tambahan

Umumnya pemakaian normal RAM 10-45%, tetapi jauh lebih baik jika RAM berjalan di angka stabil 20-30%.


Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11

Salah satu cara mempercepat Windows 11 maupun perintah di sebuah komputer, kalian dapat meminimalisir penggunaan RAM yang berlebihan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan bahas tentang cara mengatasi penggunaan RAM yang tinggi di Windows 11.

Harapannya, setelah kamu atur ulang lewat tips-tips dibawah ini, performa komputer maupun laptop menjadi lebih ringan.

1. Matikan Fitur Tips & Suggestions

Windows selalu memberikan pedoaman bagi setiap pengguanya. Salah satu bentuk tindakan tersebut dengan melalui fitur Tips & Suggestions. Ketika kita tidak perlu membutuhkan fungsi tersebut, lebih baik dinonaktifkan saja, sebab hanya akan memakan ruang RAM yang sia-sia.

  1. Masuk ke Settings Windows, caranya ketuk saja shortcut Windows + I.
  2. Setelah terbuka, kamu klik sub menu System di sisi kiri.3 Buka System - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  3. Kemudian buka bagian Notifications.4 Tap Notification - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  4. Scroll paling bawah dan pilih menu Additional Settings.5 Additional Settings - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  5. Akan muncul tiga berita perintah disana, nonaktifkan dengan cara uncheck semaunya.6 Matikkan Centang - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  6. Selesai.

2. Matikan Superfetch (Prefetch, Sysmain)

Di versi Windows sebelumnya, seperti Windows 10 istilah fitur ini disebut dengan nama Sysmain.

Sedangkan untuk versi Windows di bawahnya disebut dengan nama Superfect atau Prefetch. Layanan ini secara otomatis berjalan memakan RAM, untuk mematikannya kamu bisa lewat jendela Services.

  1. Pertama ketuk tombol Start.
  2. Kemudian ketikkan Services pada kotak pencarian.7 Buka Services - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  3. Setelah muncul klik untuk membukanya.
  4. Ketika jendela Services sudah terbuka, langsung saja kamu cari sysmain.8 Buka Sysman - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  5. Lalu double klik services Sysmain untuk membuka properties.
  6. Pada menu Startup Type, ubah modenya menjadi Disable.9 Ubah Disable - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  7. Terakhir ketuk tombol Apply dan OK.

3. Matikan Service Tidak Digunakan

Ada banyak sekali program services yang terinstall di Windows 11. Dari sekian banyaknya service tersebut, ada beberapa yang tidak kita butuhkan.

Tugas kali ini matikan beberapa services yang sekitarnya memang tidak kita gunakan untuk menghasilkan power RAM yang optimal.

  1. Buka menu Start.
  2. Kemudian ketikkan System Configuration. Setelah itu klik untuk membuka programnya.10 Buka System Configuration - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  3. Klik sub menu Services.11 Buka Services - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  4. Kalau sudah terbuka, perhatikan tulisan Hide all Microsoft Services.12 Hide All - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  5. Silahkan centang perintah tersebut untuk menyembunyikan semua layanan dari Microsoft.
  6. Kalau kamu kira masih ada beberapa hal yang dibutuhkan, centang sebagian service di atas untuk mempertahankannya.13 Centang Beberapa - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  7. Ketuk Apply dan OK.
  8. Pencet Restart.14 Pencet Restart - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11

Sebenarnya kamu bisa langsung pencet Disable All, tetapi langkah ini kurang bijak karena komputer kalian dari segi fungsi pun tidak akan berjalan sempurna kembali.

Jadi perhatikan beberapa menu service yang tetap dipertahankan, khususnya dari program sistem yang masih sering kamu gunakan.

4. Matikan Aplikasi Startup

Salah satu penyebab penggunaan RAM besar adalah akibat dari startup yang terlalu banyak. Untuk itu kita matikan beberapa aplikasi atau program startup yang sekitar tidak dibutuhkan.

  1. Masuk ke dalam Windows Settings. Caranya ketuk Windows + I.
  2. Setelah terbuka, ketuk bagian menu Apps.15 Buka Jendela Apps - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  3. Kemudian kamu pencet menu Startup di sisi kanan.16 Buka Startup - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11
  4. Disini akan muncul semua program maupun aplikasi yang ada ketika startup. Silahkan matikan semua atau matikan beberapa dengan menekan tombol Off.17 Matikan Startup - Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11

Informasi Tambahan

Poin berikut yang juga mempengaruhi kenapa ketika menghidupkan komputer terasa sangat lemot.


Akhir Kata

Sekian pembahasan tentang cara mengatasi penggunaan RAM yang tinggi di Windows 11. Silahkan ikuti beberapa hal diatas, untuk mengoptimalkan performa komputer, telebih pada bagian RAM yang terbuang sia-sia. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar