[FIX] “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7

[FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7

Update sistem Windows otomatis dapat menjadi suatu hal yang menguntungkan namun bisa juga menjadi aktivitas yang merugikan.

Mengapa merugikan? Pada kenyataanya, Windows Update sering memunculkan indikasi masalah baru yang tidak pernah diduga bahkan muncul tanpa sebab mencurigakan.

Berharap sistem menjadil optimal, namun jika kamu menemui kasus proses update seketika muncul tampilan blackscreen, proses pembaruan ini terpaksa akan terhambat bahkan hingga menggagalkan sistem.

Seperti konflik yang akan kita bahas kali ini yaitu mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” pada Windows 7 dalam sebuah aktivitas update.

Kondisi ini akan memaksa jalannya update menjadi terhenti, serta menimbulkan masalah lain seperti stuck hingga tidak ada respon.

Sebelum kita masuk ke pembahasan berikut, pertama ketahui terlebih dahulu apa maksud dari pesan “Undoing Changes Made To Your Computer” ketika update.

Apa Maksud “Undoing Changes Made To Your Computer“?

Gagalnya aktivitas update dapat kapan saja menimpa perangkat komputer kalian. Satu dari beberapa kasus yang ada, kalian akan menemui pesan notifikasi tertulis “Undoing Changes Made To Your Computer”.

Setelah itu layar akan menampilkan hitungan recovery berharap pengguna menunggu sampai tuntas, setelah itu komputer bakal kembali ke tampilan awal desktop.

Jadi maksud dari pesan “Undoing Changes Made To Your Computer” adalah kondisi dimana perintah proses update pada Windows terhenti dan gagal. Sehingga Windows melakukan restore lalu mengembalikan kondisi disaat sebelum kalian update sebagai tindakan pembatalan.

Kendalanya yaitu proses ini terkadang berjalan lama, apalagi bila persentasi update nyaris mencapai finish, maka akan jauh lebih memakan waktu.

Ditambah faktor kemampuan perangkat juga menjadi pengaruh penting, semakin tinggi spesifikasi komputer dan laptop maka semakin cepat proses berlangsung. Begitu sebaliknya.

Penyebab Pesan “Undoing Changes Made To Your Computer” 

Sebelum kalian ikuti cara mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” di Windows 7 dibawah.

Ketahui terlebih dahulu apa penyebab pesan notifikasi berikut muncul, mengapa perangkat komputer kita mengalami demikian?

Menurut kasus umum di lapangan, diketahui ada beberapa kemungkinan aktivitas update kalian gagal. Berikut detailnya.

1. Local Disk C atau System Penuh. Sering melakukan update tentu sangat mempengaruhi penyimpanan sistem pada Local Disk C. Apalagi jika pembaruan yang dilakukan menyeluruh, artinya file data yang tersimpan ukurannya sangat besar hingga puluhan giga. Dan penyimpanan yang semakin penuh tidak akan memberikan kesempatan ruang update lagi di komputer kalian.

2. Crash Ditengah Update. Selanjutnya, ketika komputer sedang melakukan update, sistem mengalami error akibat konflik antara service yang berseberangan. Disisi lain konflik dapat muncul dari baterai laptop habis, listrik mendadak mati, hingga kerusakan hardware yang membuat PC tiba-tiba mati.

3. Jaringan Terputus. Aktivitas update pada Windows penting sekali akses koneksi internet yang lancar dan stabil. Jika ditengah update berlangsung koneksi internet kalian terputus, maka proses pengambilan data dan instalasi akan terhenti. Hal ini yang akan menimbulkan masalah seperti kasus berikut.

4. File Rusak. Banyak yang mengeluhkan setelah mereka update, instalasi sistem operasi baru justru memunculkan indikasi tidak beres. Coba kalian lakukan update ulang, guna untuk memperbaiki bagian pemasangan OS sebelumnya.

[FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” di Windows 7

Tenang saja jangan khawatir kalau kemungkinan terburuk pesan “Undoing Changes Made To Your Computer” terjadi ketika sedang update Windows.

Kalian tidak sendirian, banyak pengguna yang mengeluhkan kejadian sama, bahkan tidak cuma di Windows 7 saja, namun kegagalan Undoing Changes Made To Your Computer terjadi di Windows 10 juga.

Ada berbagai macam penyelesaian, kalian bisa runutkan langkah-langkah dibawah ini sebagai metode penuntasan yang lebih presisi. Dimulai dari respon saat blackscreen berlangsung.

Cara 1 : Tunggu Pesan “Undoing Changes Made To Your Computer” Selesai

Yang pertama, saat blackscreen muncul dengan pesan “Undoing Changes Made To Your Computer” pada monitor kalian, tunggu saja proses ini selesai.

Cukup membutuhkan waktu lama, kurang lebih 30 sampai 60 menit sampai kamu dibawa ke tampilan desktop kembali. Semakin tinggi spek komputer kalian, maka semakin cepat proses dilakukan.

Tetapi jika waktu respon melebihi batas wajar sampai 60 menit lebih, silahkan matikan paksa dengan menekan tombol power.

Biasanya Windows akan membawa ke tampilan BIOS, dan disini BIOS juga melakukan restore jadi tunggu saja kurang lebih 5 sampai 10 menit. Terakhir kita bakal dibawa ke tampilan desktop kembali.

Cara 2 : Aktifkan App Readiness

Setelah berhasil masuk ke tampilan desktop, berikutnya kita atur pada bagian program Service, khususnya untuk menu App Readiness.

  1. Ketuk shortcut Windows + R pada keyboard. Atau ketikan Run di pencarian Start.
  2. Ketikkan perintah services.msc. Setelah itu tap OK.1 Services.msd - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  3. Nantinya bakal muncul jendela Service, dan disini kamu cari saja App Readiness.
  4. Double klik program tersebut untuk membuka properties.
  5. Setelah itu perhatikan kolom Startup Type. Ubah kotak pilihan di sana menjadi Automatic.
  6. Terakhir pencet tombol Apply dan OK.
  7. Selesai.

Cara 3 : Matikan Akses Windows Update

Masih terdapat menu Service, untuk mematikan Windows Update supaya sistem tidak kembali lagi mengunduh dan memasang pembaruan pada komputer kalian. Cara ini efektif bila kapasitas memori sistem atau Local Disk C: sudah hampir penuh.

  1. Pencet tombol Windows + R.
  2. Setelah jendela Run muncul, ketik di kotak Run perintah services.msc. Kemudian klik OK.1 Services.msd - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  3. Silahkan kamu cari bagian Windows Update.2 Windows Update - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  4. Double klik untuk membuka program.
  5. Disini kamu bisa ganti kotak Startup Type menjadi Disable.3 Jadikan Disable - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  6. Terakhir tinggal restart komputernya.
  7. Setelah nyala kembali, buka Start.
  8. Tap bagian Control Panel.4 Control Panel - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  9. Klik untuk menu bagian Troubleshooting.5 Troubleshooting - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  10. Ketuk tulisan All View di sisi kiri.6 View All - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  11. Doble klik menu Windows Update.7 Windows Update - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  12. Pilih tombol Next, dan tunggu prosesnya berjalan otomatis.8 Klik Next - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  13. Selesai.

Cara 4 : Hapus File Instalasi Update

Langkah mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7 berikutnya, buka folder SoftwareDistribution dan cari lokasi aktivitas install update terakhir. Hapus semua yang terpasang guna mengembalikan kondisi Windows pada versi sebelumnya.

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Kemudian masuk ke alamat Local Disk C Windows SoftwareDistribution.9 SoftwareDistri - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  3. Pilih semua File di sana, kemudian ketuk Delete.
  4. Lalu buka Start. dan ketikkan Command Prompt pada kotak pencarian.
  5. Klik kanan lalu jalankan sebagai Run as Administrator.10 Buka CMD - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  6. Ketikkan perintah net stop wuauserv dan Enter.11 Wuaserv - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  7. Ketikkan net stop bits, dan Enter.
  8. Ketikkan lagi net stop cryptSvc dan Enter.
  9. Terakhir ketikkan net stop msiserver dan Enter.
  10. Setelah itu silang command prompt dan restart komputer kalian.
  11. Selesai.

Cara 5 : Jalankan Command Prompt Sfc Scannow

Command Prompt dipercaya dapat menyelesaikan berbagai bentuk masalah pada internal komputer.

Fungsi yang akan kita masukkan disini adalah SFC Scannow, tujuannya untuk pemindaian dan pengoptimalan struktur pada internal Windows akibat persoalan diatas.

  1. Buka menu Start.
  2. Ketikkan Command Prompt pada kolom pencarian.
  3. Setelah itu klik kanan Command Prompt dan pilih Run as administrator.10 Buka CMD - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  4. Lalu kalau sudah terbuka ketikkan perintah sfc /scannow. Dan Enter.12 Scannow - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  5. SFC akan berjalan secara otomatis, tunggu prosesnya selesai.13 Tunggu Proses - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  6. Terakhir jika pemindaian usai, silang command prompt dan restart komputernya.
  7. Selesai.

Cara 6 : Hapus Pembaruan

Sama seperti cara keempat, disini kita akan uninstall semua aktivitas Windows Update, khususnya paling terbaru terakhir kalian mengalami masalah notifikasi “Undoing Changes Made To Your Computer”.

  1. Pencet tombol Shortcut Windows + R untuk membuka Run. Atau ketikkan di pencarian Start ➜ Run.
  2. Ketikkan appwiz.cpl kemudian tap tombol OK.14 Netpwiz - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 7
  3. Disana kalian bisa lihat aktivitas paling terbaru pada kolom Microsoft Windows.
  4. Klik kanan satu persatu kemudian pilih Uninstall.
  5. Ulangi sampai semua pembaruan kita berhasil lepas.
  6. Terakhir restart laptop dan gunakan kembali.
  7. Selesai.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan cara mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” di Windows 7. Ikuti langkah-langkah diatas supaya kalian tidak mengalami kejadian yang serupa. Langkah diatas selain sebagai solusi, sekaligus tips antisipasi Windows saat update. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar