[FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application” Saat Membuka Aplikasi di Windows

[FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”

Ada saja kendala kita saat mengoperasikan perangkat Windows baik di komputer maupun laptop. Sistem operasi Windows memang memiliki pengaturan yang sangat kompleks, memungkinkan terjadi crash hingga konflik antara software dengan hardware.

Dari sekian banyaknya kasus error pada Windows, satu permasalahan umum yang akan kita temui adalah pesan notifikasi Error “is not a valid Win32 application”.

Kalian akan menemukan status notifikasi berikut ketika sedang membuka aplikasi, menjalankan rar, zip, dan memakai fitur dari Windows tersebut.

Tenang saja, kalian tidak sendirian bahwasannya kasus seperti ini juga hampir dialami oleh sebagian besar pengguna perangkat komputer diluar sana.

Oleh sebab itu, Tim Kompiwin ingin membagikan cara mengatasi error “is not a valid win32 applicaton” saat membuka aplikasi di Windows.

Penyebab error “is not a valid Win32 application

Banyak yang bertanya mengapa komputer kita memunculkan pesan seperti ini ? Apa yang sebenarnya sedang terjadi?

Rata-rata pesan tersebut akan muncul ketika kita hendak membuka aplikasi terinstall Windows, atau juga program lain seperti zip, rar, iso, dan .exe portable.

Jadi poin yang bisa kita tangkap disini adalah, penyebab kerusakan diakibatkan oleh jaringan aplikasi yang bermasalah. Lantas apa penyebab lainnya?

1. Tidak Sesuai Dengan System Type Windows

Seperti yang kita tahu bahwa Windows memiliki 2 jenis sistem yang berbeda, yaitu 32-bit dan 64-bit. Sistem tersebut sangat menentukan aplikasi seperti apa untuk terpasang di komputer kita.

Misalnya kalau Windows kalian 32-bit, maka aplikasi yang dipasang juga versinya harus 32-bit. Kalau memaksa 64-bit ditakutkan sistem tidak kompatibel hingga menyebabkan munculnya gejala-gejala error. Untuk pengecekan, silahkan ikuti panduan cara melihat bit di Windows.

2. File Aplikasi Rusak

Kemungkinan yang kedua bisa dari aplikasi yang terinstall terjadi crash. Rusaknya tatanan file sistem aplikasi menyebabkan permasalahan baru, kemungkinan rusak ini akibat dari bug, file terhapus, atau corrupt.

3. Komputer Terserang Malware atau Virus

Tantangan besar pengguna komputer adalah rentannya perangkat terjangkit oleh jaringan virus atau malware.

Jika Windows telah terserang virus, akan memicu tanda-tanda tidak beres, bahkan sanggup menyerang kestabilan sistem contohnya perangkat menjadi lemot, respon Windows tidak bagus, bahkan aplikasi rawan error.

4. Aplikasi Bajakan

Mengunduh dan menginstall aplikasi bajakan termasuk tindakan yang ilegal. Banyak sekali polemik dari aktivitas aplikasi bajakan, seperti proses unduh ilegal memungkinkan perangkat terkena virus.

Kemudian file aplikasi yang dimodifikasi oleh crack atau patch sering mengalami kegagalan karena bukan termasuk support original system.

[FIX] Mengatasi Error is not a valid Win32 application” Saat Membuka Aplikasi di Windows

Setelah melihat beberapa faktor penyebab kasus persoalan diatas, selanjutnya kita masuk ke dalam tutorial mengatasi error “is not a valid Win32 application” saat membuka aplikasi di Windows.

Adapun beberapa langkah-langkahnya telah kita rangkum lengkap dibawah ini, silahkan ikuti ulasan berikut sampai akhir.

Cara 1 : Install Ulang

Mengacu pada penyebab munculnya notifikasi “is not a valid Win32 application” diatas, poin perhatian kita kali ini yaitu mengacu pada jenis tipe aplikasinya.

Sesuaikan dengan type system Windows kalian, bila terinstall 32-bit maka kamu harus install aplikasi yang 32-bit.

Tugas kalian adalah uninstall aplikasinya, lalu cari versi aplikasi yang sesuai dengan bit Windows. Terus bagaimana cara kita tahu system type Windows kita? lihat langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Klik kanan bagian This PC.
  3. Setelah itu pencet tombol Properties.1 Properties This PC - [FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”
  4. Nanti akan muncul jendela detail tentang spesifikasi Windows dan komputer kalian. Coba perhatikan judul System Type. Disana akan muncul keterang 64 bit atau 32 bit Windows kompatibel di PC kalian.2 System Type - [FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”
  5. Silang jendela About ini.
  6. Pergi ke Start, dan cari di kotak pencarian Control Panel.3 Control Panel - [FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”
  7. Lalu buka program tersebut.
  8. Ketuk tulisan Uninstall a program.4 Uninstall Program - [FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”
  9. Cari aplikasi yang memicu notifikasi “is not a valid Win32 application”. Klik kanan dan pencet Uninstall.4 Klik Uninstall - [FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”
  10. Lanjutkan proses uninstall.
  11. Terakhir kamu cari file instalasi aplikasi serupa dengan versi system type yang kompatibel dengan komputer.
  12. Selesai.

Cara 2 : Gunakan Antivirus

Virus dan malware menjadi penyebab mengapa aplikasi yang kita gunakan crash. Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi dua kali bahkan menimpa aplikasi lain, silahkan install fitur antivirus di komputer kita.

Windows juga telah membekali sistem proteksi perangkat dengan fitur Windows Defender, pastikan alat ini kalian aktifkan secara real time agar perangkat selalu memindai virus di perangkat tersebut.

  1. Buka tombol Start.
  2. Pencet tombol Settings.6 Pencet Settings - [FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”
  3. Kemudian kamu pilih Update & Security.7 Update Security - [FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”
  4. Tap menu sisi kiri Windows Security.8 Windows Security - [FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”
  5. Klik kotak Open Windows Security.9 Open Windows Security - [FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”
  6. Lalu masuk ke bagian Virus & Threat Protection.10 Virus Protection - [FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”
  7. Aktifkan Real Time Protection.
  8. Kembali ke menu sebelumnya, disana kamu juga klik tombol Turn On pada kotak App & Browser Control.
  9. Selebihnya jika kalian ingin menginstall proteksi lebih aman, silahkan install aplikasi antivirus eksternal dari browser internet.
  10. Selesai.

Cara 3 : Gunakan Fitur Windows Memory Diagnostic

Satu lagi cara yang bisa kalian gunakan dalam mengatasi Error “is not a valid Win32 application” Saat Membuka

Aplikasi di Windows bisa melalui fitur bawaan bernama Windows Memory Diagnostic, yang nantinya akan melakukan scan otomatis, dan memperbaiki segala bentuk kesalahan pada partisi dari kasus-kasus error.

  1. Pertama tekan tombol Start.
  2. Kemudian kamu ketikkan di pencarian Windows Memory Diagnostic. Setelah itu klik untuk membukanya.11 Windows Diagnostic Tools - [FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”
  3. Jika muncul jendela kecil, pilih saja restart now and check for problem (recommended).12 Restart Now - [FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”
  4. Windows secara otomatis akan memproses scanning.
  5. Tunggu beberapa saat, proses ini cukup memakan waktu lama, jangan matikan atau restart komputer selama proses berlangsung.13 Tunggu Prosesnya Selesai - [FIX] Mengatasi Error “is not a valid Win32 application”
  6. Jika sudah Windows akan otomatis restart.
  7. Selesai.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan dari mengenai error “is not a valid Win32 application”  saat membuka aplikasi di Windows. Ikuti tutorial diatas untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan di perangkat kalian. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar