Cara Membuat Konten Kalender Media Sosial

Cara Membuat Konten Kalender Media Sosial

Seberapa penting kalian membuat jadwal unggah postingan di akun Instagram masing-masing?

Dengan adanya struktur jadwal waktu ini, manajemen akun Instagram kalian akan lebih meningkat dan memiliki rekam jejak yang jelas.

Membuat jadwal waktu unggah ini tidak hanya asal jadi atau bahkan cuma buat formalitas saja, namun banyak aspek yang dipertimbangkan sebelum kalian mulai merancang strukturnya dari awal sampai akhir.

Di dalam pembahasan kali ini, Tim Kompiwin coba membantu kalian dalam cara membuat konten kalender media sosial seperti Instagram, TikTok, dan sebagainya.

Banyak sekali keuntungan yang bisa kalian dapatkan bila menggunakan kalender media sosial.

Dimana yang pertama kalian menjadi lebih profesional dalam mengelola akun, kemudian jadwal kalender tersebut dapat digunakan sebagai portofolio kalian saat mengajukan sebuah proposal.

Biasanya buat akun yang jumlah followersnya tinggi, dengan layanan paid promote dan endorse…jadwal kalender bisa menjadi akses negosiasi kepada client dan menentukan budgeting sesuai kesepakatan bersama.

Mau tahu bagaimana cara membuat konten kalender media sosial? Berikut adalah penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Kenapa Harus Membuat Kalender Media Sosial?

Sebelum kalian membuatnya, pertama seberapa penting peran kalender media sosial ini dalam mengatur manajemen akun kalain masing-masing?

Ada banyak alasan mengapa user harus memperhatikan akun mereka dengan cara membuat kalender jadwal unggah konten seperti ini.

Yang pertama menyangkut soal konsistensi, kalian boleh percaya kalau konsistensi dalam merancang sebuah akun di media sosial itu dapat meningkatkan engagement maupun insight pengunjung sangat tinggi.

Konsistensi yang dimaksud kali ini seperti tentang isi kontennya, usahakan tidak melenceng dari konsep awal akunmu.

Kemudian upload secara rutin dan berkala, sehingga pengunjung akan selalu mendapatkan update notifikasi dari akunmu serta senantiasa untuk mengikuti perkembangan lebih lanjut.

Faktor lain mungkin dari alasan kedisiplinan. Bisa jadi mereka ingin mengubah pola bermedia sosial, lalu berangan dalam mencapai target tertentu. Alhasil fungsi tugas kalender konten ini dapat menjadi solusi kedisiplinan waktu versi lebih profesional.

Selebihnya penting dan tidaknya itu kembali lagi kepada alasan kalian sendiri-sendiri…tujuan kalian untuk apa, dan tujuan kalian dapat dicapai dengan bantuan seperti apa.

Baca Juga:

Sorotan di Instagram akan mempercantik profil akun kita. Silahkan buat sorotan di Instagram dengan mengikut langkah-langkahnya disini.


Persiapan Perancangan Konten Kalender Media Sosial

Instagram Aplikasi

Pertama ada yang harus diperhatikan sebelum mengikuti cara membuat konten kalender media sosial di akun milikmu.

Semua rangkuman sudah Tim Kompiwin tuliskan dibawah ini, berikut adalah penjelasannya.

1. Lakukan Observasi Media Sosial

Observasi disini meliputi teknis, sistem, algoritma Instagram, audience atau demografi, segmentasi konten hingga memahami karakter penonton.

  1. Langkah utama dari semua rancangan dibawah adalah menentukan terlebih dahulu platform media sosial yang digunakan. Misalnya kita disini akan menggunakan Instagram untuk berkonten.
  2. Selanjutnya kalian harus observasi bagaimana cara unggah konten di Instagram, jenis konten apa saja yang dapat diunggah, boleh tidaknya konten yang layak diunggah, hingga memperhatikan seperti apa pasar yang cocok kita produksi di konten Instagram.
  3. Durasi yang sesuai juga kalian harus catat, agar efisien konten terhadap waktu tayang orang lain berjalan efektif.
  4. Tentukan audience kalian ingin seperti apa, bagi berdasarkan demografi umur. Yakni kategori anak-anak, kategori remaja, dewasa hingga orang tua. Sesuaikan berdasarkan jenis konsep konten yang kalian buat.
  5. Karakter pengunjung penting juga diperhatikan. Kalian ingin respon mereka seperti apa? apakah pasif dalam komentar atau sebaliknya.
    Respon seperti apa juga yang kalian inginkan. Bandingkan antar TikTok, Instagram atau YouTube dan pilih salah satu. Karena masing-masing platform memiliki karakter pengguna yang berbeda-beda.

2. Tentukan Strategi

Poin kedua ini meliputi membagi peran di setiap media sosial, penentuan jenis konten atau pemantapan jenis konten, merancang brand awareness, dan sebagainya.

  1. Jika kalian ingin menggunakan beberapa platform, silahkan bagi berdasarkan karakter masing-masing. Misalnya konten otomotif cocok di Instagram, konten teknologi maupun lifehack cocok di TikTok, konten tutorial cocok di YouTube dan seterusnya. Sesuaikan dengan hasil observasi pada poin pertama diatas.
  2. Kalian bisa menentukan konten seperti apa atau memantapkan konten yang sudah ada untuk ditentukan. Jangan lupa perhatikan demografi agar preferensi konten sesuai dengan audience.
  3. Meningkatkan brand awareness, banyak cara dalam meningkatkan brand awareness ini seperti membuat nama akun yang unik dan mudah diingat. Merancang logo menarik, menyediakan website dan sebagainya.
Baca Juga:

Ingin memiliki banyak follower? Berikut tips serta trik menambah banyak followers di Instagram.


3. Pahami Jam Tayang atau Prime Time yang Bagus

Prime time di sebuah platform media sosial sering jadi acuan banyak akun akun besar untuk terus mendapatkan audiencenya.

Jadi prime time ini akan memudahkan kalian dalam merancang intensitas waktu dalam upload dan menentukan jadwal waktu unggahan yang tepat.

Contohnya, hari Sabtu termasuk hari yang paling bagus dalam upload konten YouTube. Karena hari ini merupakan hari libur maka frekuensi orang memegang HP itu jauh lebih tinggi. Apalagi di waktu santai pada jam 10 pagi, waktu istirahat jam 1 siang, bahkan waktu luang di malam hari. 

Setiap platform tentunya memiliki jadwal tayang berbeda-beda, silahkan kalian pelajari dan tandai hari apa saja yang cocok dan waktu kapan kalian upload konten tersebut.


4. Pilih Aplikasi untuk Membuat Konten Kalender Media Sosial

Mulai menyinggung soal cara membuat konten kalender media sosial, disini kalian bisa gunakan aplikasi atau media tertentu untuk membikin sebuah coretan kelender.

Preferensi orang terkadang beda-beda, ada yang suka menggunakan kertas seperti membuat tabel kalender, ada yang memilih menggunakan Google Sheet atau Excel, dan ada juga yang langsung meningkatkan tools khusus berbayar.

Namun, akan lebih efektif bila kalian menggunakan Microsoft Excel terlebih dahulu.

Sebagai percobaan pertama, tools ini cocok bagi para pemula karena aplikasinya sangat familiar.

Data di dalam Excel juga dapat kalian edit dengan bebas, bahkan kalian bisa menambahkan icon, catatan, hingga item pendukung lainnya.


Cara Membuat Konten Kalender Media Sosial

Kalender Coretan Kertas

Untuk membuat konten kalender media sosial harus melalui proses perencanan seperti diatas.

Tujuannya adalah mempermudah dalam mengagendakan waktu, dan menuliskan jenis konten yang ingin digunakan, serta konten tersebut untuk platform apa saja.

Untuk membuatnya ada beberapa cara, kalian bisa menggunakan kertas note kosong yang digambar semacam tabel kalender, atau bisa juga menggunakan tools aplikasi seperti Google Sheet.

Hingga menggunakan tools khusus berbayar yang memang dirancang untuk kebutuhan jadwal konten.


Kalender Sederhana

Aplikasi Khusus Kalender Sosmed

Sebagai pemula kita sarankan kalian menggunakan Microsoft Excel saja. Dan langkah awal kali ini kita rancang tabel yang sederhana saja dulu. Seperti kalian buat tabel 30 hari dengan struktur 6 kolom 6 baris.

Buat persis seperti kalender, kolom pertama isi dari kiri mulai hari Senin sampai Minggu mengarah ke kanan. Setelah itu kalian perhatian kalender, misalnya April 2022, langsung saja isi tanggal di masing-masing hari secara mengular.

Setelah kalender terbuat, lebarkan setiap ukuran sell, karena kita akan mengisi keterangan di setiap masing-masing kotak.

Kalau sudah tinggal kalian isi, misalnya hari Senin pada tanggal 3 kalian beri tulisan di cell tersebut (Upload Konten Instagram jam 4 sore). Dan seterusnya.

Baca Juga:

Mau tahu filter-filter Instagram yang cocok untuk selfie? Berikut kami berikan list filter Instagram untuk selfie.


Kalender Jadwal Kompleks

Kalau kalian sudah tahu apa saja note yang harus disertakan dalam kalender, pada tahap selanjutnya dapat dikembangkan menjadi tampilan tabel yang jauh lebih kompleks.

Misalnya kalian bikin tabel berdasarkan bulan. Misalnya bulan Januari 2022, dalamnya tersedia kolom jenis Platform Sosial Media, baris waktu menunjukkan jam, dan berisi kotak kosong berisi keterangan kalender tersebut. Contohnya bisa kalian lihat seperti ilustrasi dibawah ini.

Buat SpreadSheet Profesional

Selebihnya kalian dapat mengatur dengan sendiri tampilan dan jenis konten kalender media sosial masing-masing berdasarkan kebutuhan.

Mungkin bisa juga ditambahkan report unggahan tersebut, misalnya mendapatkan jumlah like, komen dan share berapa, dengan harapan akan menjadi sebuah proposal kalian jika menghadapi sebuah brand atau penawaran semacam endorse.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara membuat konten kalender media sosial. Perhatikan waktu tayang atau prime time yang tepat di masing-masing platform.

Karena ini akan menjadi modal kita untuk menentukan kapan suatu konten akan tayang dan berharap jumlah audience yang berkunjung juga sangat banyak.

Sebarkan artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga mengerti tentang membuat konten kalender media sosial. Semoga bermanfaat. 

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.