Android

Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi di Android

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap orang memiliki kapasitas privasinya masing-masing, apalagi sudah menyangkut hak pribadi seperti handphone atau perangkat yang bisa menjadi kehidupan kedua bagi mereka. Maka dari itu sangat wajar jika seseorang memberikan kunci pengaman di handphonenya, karena dengan cara ini file atau hal-hal yang sifatnya privasi tidak mudah diketahui oleh umum.

Bahkan ada juga beberapa orang yang tidak ingin secara mencolok menampilkan setiap aplikasi yang ada di handphone mereka. Ada beberapa cara untuk menyembunyikan aplikasi ini, pertama ada yang sengaja membuat folder samaran, kemudian pakai aplikasi tambahan khusus untuk menyembunyikan file.

Hal ini sah-sah saja, karena memang mereka yang menyembunyikan suatu aplikasi tertentu, tidak ingin menunjukkan kepada umum, atau menghindari tindak penyalahgunaan ketika ponsel sedang digenggam oleh orang lain.

Cara Menyembunyikan Aplikasi

Sistem Android sendiri sebenarnya sudah menyediakan fitur untuk menyembunyikan aplikasi, caranya cukup mudah dan kamu gak perlu banyak masuk ke settingan apapun karena fitur ini sudah ada di laci menu.

Mungkin langkah dibawah ini tidak akan spesifik berlaku di semua hp, tetapi secara umum hampir mirip-mirip kok, dan yang kita contohkan disini menggunakan device Samsung.

  1. Pertama-tama buka saja laci menu.
  2. Tekan ikon titik tiga di kotak pencarian.Klik Ikon Titik Tiga
  3. Selanjutnya pilih “Pengaturan Layar Depan“.Pilih Pengaturan Layar Depan
  4. Silahkan tekan “Sembunyikan Aplikasi“.Pilih Sembunyikan aplikasi
  5. Pilih beberapa aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan
  6. Terakhir tekan “Selesai“.
Mau bikin foto polaroid tanpa kamera ? Ikuti cara membuat foto polaroid sendiri.

Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi di Android

Setelah disembunyikan, untuk mengetahui atau menemukan aplikasi tersembunyi di Android juga ada caranya sendiri. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengetahui semua aplikasi didalam hp kamu.

  1. Silahkan masuk ke menu “Pengaturan“.
  2. Buka tab “Aplikasi“.Pilih tab Aplikasi
  3. Disini semua aplikasi akan muncul, termasuk aplikasi yang disembunyikan.Semua aplikasi akan muncul
  4. Selesai.

Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi di Android Menggunakan Play Store

Selain menggunakan cara manual seperti diatas, kamu juga bisa menemukan aplikasi yang disembunyikan melalui Play Store.

  1. Buka Google Playstore.
  2. Ketuk tombol menu.Klik ikon Tiga Garis
  3. Silahkan buka bagian “Aplikasi & Game Saya“.Pilih Aplikasi & game saya
  4. Geser ke tab Terinstall, disini akan tertenya semua aplikasi yang kamu install di dalam HP kamu.Semua aplikasi yang disembunyikan akan terlihat
  5. Selesai.

Sebenarnya melihat aplikasi yang tersembunyi bisa juga melalui langkah langkah menyembunyikan aplikasi yang sudah kita tuliskan di atas, disana kamu bisa melihat aplikasi yang disembunyikan juga.Aplikasi yang disembunyikan akan terlihat


Sekarang kamu sudah bisa mengetahui aplikasi yang disembunyikan atau pernah disembunyikan sebelumnya. Tapi jangan sampai cara diatas disalahgunakan untuk mengganggu privasi seseorang ya guys. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar