Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah Di WhatsApp

Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah Di WhatsApp 13
Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah Di Whatsapp

Hal yang menyinggung tentang persoalan privasi, jika tidak kita amankan dengan proteksi khusus, tentunya tidak mau dong kalau publik tahu semua rahasia yang kamu punya. Maka dari itu suatu kegiatan atau perangkat yang menyangkut urusan privasi dan sekiranya bisa kunci, penting buat dipertimbangkan sebagai standar keamanan tersendiri.

Contoh kecilnya adalah HP, perangkat ini bisa dibilang sebagai perangkat pribadi kehidupan kedua bagi sebagian banyak orang. Semua hal yang menyangkut urusan pribadi entah itu pekerjaan, relasi, dan kepentingan khusus sada di dalam HP tersebut.

Maka dari itu wajar jika orang-orang lalu memproteksi HP mereka dengan password entah itu berupa PIN, pola, sandi dan sidik jari.

Nah, itu aja baru HP bagaimana kalau aplikasi chat yang isinya mungkin semua interaksi kamu dengan orang-orang penting. Pastinya perlu dong kita amankan menggunakan proteksi khusus, dikhawatirkan jika akun messenger dicoba untuk dibobol oleh orang, paling tidak aksinya akan terhambat karena akun terlindungi dengan proteksi tersebut.

Beruntung aplikasi messenger seperti WhatsApp sudah dilengkapi dengan proteksi verifikasi 2 langkah, sehingga kemungkinan akun dapat diakses hanya pengguna utamanya saja.

Keamanan Akun WhatsApp

Seperti yang kita tahu, aplikasi WhatsApp itu memiliki akses masuk yang cukup mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan nomor telepon akun mereka, kemudian tunggu beberapa saat sampai pusat mengirimkan kode verifikasi via SMS.

Nantinya tinggal input kode tersebut dan setelah itu kamu akan masuk ke dalam akunnya. Dikhawatirkan jika nomor tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, sedangkan didalam akun tersebut sudah banyak data chat yang dicadangkan lewat Google Drive, lalu cadangan chat tersebut dipulihkan, bisa-bisa orang lain tahu aktivitas yang sudah kamu lakukan lewat histori dari chat WhatsApp kamu.

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti cara aktifkan verifikasi 2 langkah di WhatsApp, gak ada salahnya jika kita berikan dulu fitur pengaman berupa kunci sidik jari agar akun kamu tidak bisa dibuka oleh orang lain.

  1. Buka  aplikasi WhatsApp.
  2. Tekan icon titik tiga yang posisinya di bagian kanan atas.Tekan Tombol Icon Titik Tiga
  3. Selanjutnya tekan tombol Setelan.Selanjutnya Tekan Tombol Setelan
  4. Disini kamu bisa pilih menu Akun.Masuk Ke Setelan Whatsapp Dan Tekan Akun
  5. Lalu tekan bagian Privasi.Setelah Tekan Tombol Akun Silahkan Pencet Privasi
  6. Setelah itu pencet bagian Kunci sidik jari.Aktifkan Kunci Dengan Menekan Kunci Sidik Jari
  7. Silahkan verifikasi sidik jari kamu untuk kunci pengamanan ketika membuka WhatsApp.Aktifkan Sidik Jari

Dengan adanya kunci ini, dijamin tidak ada orang yang bisa membuka aplikasi WhatsApp di HP kamu, apalagi buat baca history chat di dalamnya.

Bingung tiba-tiba masuk ke dalam grup WhatsApp ? Ikuti cara agar tidak masuk ke grup WhatsApp tanpa izin.

Cara Aktivasi Verifikasi 2 Langkah Di WhatsApp

Sebetulnya cara aktivasi verifikasi 2 langkah di WhatsApp itu sangat mudah, bahkan ketika kamu setting kunci sidik jari menggunakan langkah-langkah diatas, ada satu poin yang terlewat yaitu menu Verifikasi 2 langkah.

Tujuan utamanya yaitu jelas untuk mengamankan akun dari orang yang berusaha login pakai nomor kita. Nantinya kamu bisa set pin yang format angkanya kompleks lalu atur sebagai kode verifikasi rahasianya.

Silahkan ikuti cara dibawah ini untuk membuat verifikasi 2 langkah :

  1. Buka akun WhatsApp.
  2. Tekan menu tambahan yang bentuknya seperti icon titik tiga di pojok kanan atas.Tekan Tombol Icon Titik Tiga
  3. Lalu pilih menu Setelan.Selanjutnya Tekan Tombol Setelan
  4. Silahkan arahkan ke bagian Akun.Masuk Ke Setelan Whatsapp Dan Tekan Akun
  5. Dan disini kamu akan menemukan menu Verifikasi dua langkah, ketuk menu tersebut lalu pencet Aktifkan.Tekan Tombol Verifikasi Dua Langkah Pencet Tombol Aktifkan
  6. Pertama kamu akan disuruh untuk membuat kombinasi angka pin 6 digit, silahkan buat dan jangan sampai lupa.Masukkan PIN Dan Tekan Selanjutnya
  7. Konfirmasi sekali lagi PIN-nya.
  8. Pada tampilan berikutnya pengguna diperintahkan untuk mengisi email sebagai cadangan media untuk suatu saat ingin mengubah atau mengetahui sandi pin yang lupa.Masukkan Email Dan Tekan Lanjut
  9. Jika semua sudah beres, silahkan tekan tombol Selesai.
Mau tahu kode-kode apa saja yang ada di WhatsApp ? Simak daftar lengkap kode rahasia WhatsApp.

Cara Mengetahui Pin Verifikasi Yang Lupa

Cara aktifkan verifikasi 2 langkah di WhatsApp sudah bisa kamu gunakan, tetapi ada sebagian orang yang lupa dari kode pin yang pernah mereka buat sebelumnya. Untuk mengetahui kembali sangat gampang, asalkan alamat email yang sempat dulu kamu daftarkan sebagai media cadangan masih aktif.

  1. Ketika kamu login ke akun WhatsApp, pertama masukkan nomor telepon.Masukkan Verifikasi Pertama Masukkan Nomor
  2. Tunggu sampai pusat mengirimkan kode verifikasi lewat SMS.Masukkan Kode Verifikasi Via SMS
  3. Masukkan kode tersebut tekan OK.
  4. Karena verifikasi dua langkah ini diaktifkan, maka di laman berikutnya kamu akan melihat tampilan verifikasi memasukkan pin yang pernah kamu set sebelumnya. Jika lupa disana ada tulisan tombol Lupa Pin?. Silahkan ketuk tulisan tersebut.Tekan Lupa Pin Pada Verifikasi Keuda
  5. Nanti akan keluar jendela notifikasi kecil, dan disini kamu bisa tekan Kirim Email.Pencet Kirim Email
  6. Cek email kamu dan klik link yang ada di sana.Tekan Link Yang Dikirimkan Email Kamu
  7. Disini kamu akan mendapatkan tampilan memastikan verifikasi 2 langkah, tekan saja tombol Confirm.Pencet Tombol Confirm
  8. Jika muncul jendela konfirmasi memulihkan cadangan Google Drive, tekan saja Lanjut.
  9. Selesai.
Setelah kirim pesan kamu akan melihat tanda ceklis. Apa sih arti ceklis di WhatsApp ini ? Simak jawabannya disini.

Akhir Kata

Bagaimana, cara aktifkan verifikasi 2 langkah di WhatsApp sangat mudah bukan? dan diatas kita juga sekaligus berikan tutorial kalau kamu lupa dengan kode pin yang pernah dibuat. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.