Cara Agar Tidak Dimasukkan Ke Grup WhatsApp Tanpa Izin

Cara Agar Tidak Dimasukkan Ke Grup WhatsApp Tanpa Izin 4
Cara Agar Tidak Dimasukkan Ke Grup Whatsapp Tanpa Izin

Saat ini WhatsApp sudah jadi salah satu aplikasi messenger terbesar dan banyak digunakan oleh orang-orang. Alasan mereka tetap menggunakan WhatsApp adalah yang pertama developer terus memberikan keloyalan dalam memperhatikan penggunanya seperti update fitur serta memberikan fasilitas menarik.

[toc]

Sejak dirilis dari tahun 2009 silam, hingga saat ini WhatsApp telah sukses menggandeng miliaran pengguna untuk terus memanfaatkan layanan-nya. Bahkan kita sendiri bisa merasakan perkembangan aplikasi ini semakin pesat.

Dulu WhatsApp dikenal dengan aplikasi chat yang memiliki tampilan interface super simple, fungsinya hanya tunggal yakni sebagai sarana komunikasi dalam bentuk pesan. Namun, sekarang mereka sudah mengikuti perkembangan zaman, contohnya menambahkan bentuk pesan multimedia dari mulai foto, gambar, video sampai audio.

Lalu diantara pengguna satu dengan yang lainnya bisa melakukan panggilan berupa video call, bahkan kabar terakhirnya kini WhatsApp belum lama kemarin baru saja memberikan update berupa video call grup.

Sepertinya mereka ingin menyamakan fungsi seperti video conference lainnya, sebab di masa pandemi seperti ini pertemuan online memang jadi prioritas utama pengganti segala kegiatan baik itu dalam bidang pendidikan sampai pekerjaan.

Ngomongin soal grup, WhatsApp punya satu akses yang cukup unik. Jadi untuk mengundang seseorang masuk ke dalam grup WhatsApp itu sangat mudah, bahkan antara kedua kedua belah pihak tidak perlu yang namanya konfirmasi perizinan. Jika menurut admin grup ingin memasukkan kontak asing, si korban pun tanpa perlu menekan konfirmasi lagi dirinya langsung secara otomatis masuk dan sudah jadi bagian dari grup.

Hal ini terkadang yang bikin orang-orang bingung, karena tanpa disadari akun mereka sudah masuk dan join ke dalam forum grup. Melihat keresahan tersebut, disini kita akan memberikan ulasan cara agar tidak dimasukkan ke grup WhatsApp tanpa izin.

Sehingga besar kemungkinan kamu tidak akan dimasukkan orang yang bahkan tidak kamu kenal kedalam grup tanpa izin.

Grup WhatsApp

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan utama yakni cara agar tidak dimasukkan ke grup WhatsApp tanpa izin, kita akan awali dulu sebagai bentuk perkenalan pengguna terhadap aplikasi WhatsApp.

Jadi Grup merupakan salah satu fitur utama yang sudah tersedia di dalam WhatsApp. Dengan adanya grup ini, proses penyampaian pesan atau melakukan komunikasi dalam skala besar bisa dilakukan sangat mudah.

Kebanyakan grup dibuat atas dasar misi serta tujuan yang sama, atau bahkan kepentingan-kepentingan tertentu. Contohnya saja grup keluarga inti, grup kelas, grup tongkrongan atau grup teman kerja.

Siapapun yang ada di dalam grup tersebut bebas membagi informasi entah itu berkaitan dengan urusan tertentu atau diluar topik pembahasan grup. Secara teknis pengiriman pesan pun sama seperti kita melakukan chat personal.

Diantara satu sama lain bisa mengirim pesan multimedia baik itu foto, gambar, video dan audio. Jadi tidak ada batasan antara admin grup dengan anggota yang lainnya, jadi bisa terhindar dari yang namanya akun dominan atau dikuasai oleh orang-orang pemegang akses tertentu. .

Tetapi ada banyak manfaat loh yang bisa kamu dapatkan ketika join di dalam grup, pertama dapat menjadi lahan untuk promosi, karena orang yang join banyak maka penyampaian pesan terbilang lebih efektif.

Kemudian dapat menambah kontak baru, artinya kamu juga bisa menambah relasi pertemanan lebih luas. Dan terakhir sebagai sarana media hiburan, terkadang ada satu dua anggota yang suka ngirim pesan lucu, mungkin dari foto atau video, yang kita bisa tertawa melihat pesan tersebut. Disitulah grup menjadi peran sebagai media hiburan.

Berikut cara untuk memasukkan anggota grup.

  1. Buka WhatsApp.
  2. Pastikan terlebih dahulu kamu merupakan admin dari grup, jika bukan admin maka tidak dapat akses untuk menambahkan orang lain.
  3. Buka chat grup, kemudian ketuk profil grup di paling atas jendela.
  4. Scroll bagian bawah dan pencet tombol Tambah Peserta.Tekan Tambahkan Peserta
  5. Silahkan pilih akun yang ada di kontak kamu.
Mau buka blokiran kontak WhatsApp ? Tutorial cara membuka blokir kontak di WhatsApp dengan mudah.

Cara Agar Tidak Dimasukkan Ke Grup WhatsApp Tanpa Izin

Terkadang kita suka kesal kalau ada orang yang memasukkan nomor kita kedalam grup, apalagi orang tersebut bukan teman atau siapa-siapa kita. Nah, agar kamu tidak bisa dimasukkan ke grup tanpa izin, caranya bisa manfaatkan fitur yang sudah tersedia di pengaturan WhatsApp, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Whatsapp.
  2. Tekan icon titik tiga di pojok kanan atas ➤ Setelan.Pencet Menu Tambahan Icon Titik Tiga Selanjutnya Pencet Tombol Setelan
  3. Kemudian buka menu Akun.Selanjutnya Kamu Masuk Ke Menu Akun
  4. Lalu pencet tombol Privasi.Kemudian Pilih Privasi
  5. Scroll ke bawah sampai judul Grup, silahkan buka dan pencet.Pilih Menu Grup
  6. Disini kamu bisa centang bagian Kontak saya kecuali…Centang Kontak Yang Saya Kenal
  7. Nah selanjutnya centang beberapa akun di kontak kamu, yang berpotensi untuk menambahkan kamu masuk ke dalam grup.
  8. Terakhir tinggal Centang.
  9. Selesai.
Mau menghilangkan centang biru saat membaca pesan WhatsApp ? Ikuti tutorial cara menghilangkan centang biru di WhatsApp.

Akhir Kata

Nah, sekarang orang yang sudah kamu tandai tersebut tidak akan bisa memasukkan ke dalam grup tanpa izin, dan bagi yang ingin privasinya tidak terganggu silahkan lakukan metode cara agar tidak dimasukkan ke grup Whatsapp tanpa izin di atas, biar lebih aman. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.