9 Alasan Kenapa HP China Lebih Murah

Alasan Kenapa HP China Lebih Murah
Alasan Kenapa HP China Lebih Murah

Dari beberapa deretan merk HP yang tersedia di pasaran, kenapa HP China lebih murah? Apakah kualitasnya buruk, atau mereka membuatnya dengan asal-asalan?

Pada pembahasan kali ini Tim Kompiwin akan berikan alasan kenapa HP China lebih murah dibanding dengan merk lainnya.

Tentu bukan semata-mata kualitas HP China itu buruk, namun banyak faktor lain mengapa produk yang terjual di pasaran harganya dapat ditekan bahkan ada yang sampai dibawah pasaran.

Tapi ada juga kok HP china yang harganya tidak bisa dikatakan murah, bahkan kelasnya setara dengan ponsel flagship merk sebelah contohnya Huawei.

Mungkin dulu merk HP ini masih dipandang sebelah mata, entah karena model, desain, fitur, hingga kualitasnya tidak seperti diharapkan oleh orang-orang.

Namun semenjak Huawei mulai memproduksi serta mulai mengembangkan ponsel android, perlahan eksistensi Huawei kembali diakui bahkan harganya pun terbilang mahal.

Tetapi kita tidak akan membahas merk Huawei disini, karena dari segi harga bukan termasuk kriteria topik alasan kenapa HP China lebih murah.

Jadi mereka memang sedikit memiliki keuntungan tersendiri kenapa bisa menjual harga ponsel jauh lebih murah.

Ada banyak kemungkinan dalam mendukung bisnis perusahaan ponsel tersebut dapat bertahan dengan segmen yang sudah dibuatnya.

Kalau bahas rugi, pasti mereka punya perhitungan cost harus dikeluarkan. Tapi balik lagi, namanya juga perusahaan, keuntungan adalah orientasi utama mereka dalam mencari uang.

Inilah 9 Alasan Kenapa HP China Lebih Murah

Banyak orang yang penasaran apa rahasia perusahaan pabrikan China berani memasarkan ponsel dengan harga dibawah pasaran kompetitornya.

Dan bagaimana mereka bisa masih bisa bertahan kalau anggapannya pabrikan selalu mengalami kerugian akibat mengorbankan modal demi permintaan pasar. Dan berikut adalah beberapa alasan kenapa HP China lebih murah :

1. Faktor Tenaga Kerja Yang Murah

Tenaga Kerja China

Salah alasan mengapa pabrikan HP China bisa menekan harga menjadi lebih murah dari merk lain yaitu biaya tenaga kerja disana cenderung rendah.

Bahkan ada data yang menyebutkan jika negara China termasuk tenaga kerja termurah di dunia.

Tidak heran mengapa banyak sekali vendor atau label perusahaan dari China. Ditambah lagi mayoritas perusahaan tersebut telah dibekali dengan infrastruktur yang mumpuni dalam memproduksi barang elektronik.

Alhasil banyak perusahaan yang kemudian mendirikan vendor perusahaan di China, seperti Apple, Sony, hingga Nintendo.


2. Tersedia Bahan Baku Berlimpah

Produksi Ponsel Xiaomi

Faktanya negara China tersedia bahan baku berlimpah dan langkah. Bahan baku tersebut termasuk bagian dari modal dalam memproduksi sebuah perangkat ponsel. Terungkap bahwa China memiliki 95 persen bahan bumi langka.

Ditambah dengan berkembangnya perusahaan industri yang berlimpah memudahkan pendistribusian komponen sampai lebih cepat.


3. Ekspansi Tidak Terlalu Berlebihan

Kebanyakan perusahaan HP China lebih fokus memasarkan produk mereka melalui platform digital.

Tidak seperti perusahaan lain yang terlalu fokus dalam biaya pembangunan official store, service center, layanan purna, dan masih banyak lainnya.

Mereka lebih memilih menggandeng vendor baru untuk memasarkan beberapa produk mereka di wilayah baru.

Sehingga sangat mudah buat pabrikan China menekan cost harga pasar karena tidak ada ekspansi yang berlebihan.

4. Model Marketing Yang Unik

Tidak banyak HP China yang diperkenalkan melalui iklan Televisi. Bukan tanpa alasan, mereka memang sengaja memiliki jalan alternatif seperti memasarkan melalui iklan internet yang dinilai lebih murah dan menguntungkan.

Seperti yang kita tahu bahwa memasang iklan di televisi itu memakan biaya tidak sedikit.

Bahkan hitungan detik saja sudah tembus sampai miliaran rupiah. Coba deh kalian amati, apakah kita pernah lihat iklan HP Xiaomi di televisi? Jarang, justru hampir tidak pernah.


5. Profit Margin Kecil

Produksi HP China

Perusahaan HP China sengaja dan tanpa sengaja telah membranding mereka dengan ponsel murah.

Sehingga mereka tidak mematok terlalu besar keuntungan dari setiap penjualannya. Menurut pengakuan pendiri Xiaomi yakni Lei Jun, mereka hanya membatasi profit margin sebanyak 5 % per produk. (Baca juga : Cara Mengatasi, Xiaomi Tidak Bisa Telefon)

Kalau dibanding dengan merek lagi, bahkan sekelas iPhone yang dari awal sudah membranding dengan kelas ponsel premium.

Mereka bisa mendapatkan profit margin sekitar 50%. Artinya perusahaan China lebih berkorban dari segi profit namun berkembang dari sisi demand.


6. Permintaan Tinggi

Pabrik Poduksi HP

Berkaitan dengan poin kelima, walaupun keuntungan dari pabrikan Xiaomi terbilang sedikit, namun poin plus dari harga miring tersebut adalah banyaknya jumlah permintaan yang diproduksi secara massal.

Hukumnya, semakin banyak barang yang diproduksi maka akan menurunkan harga barang dan biaya produksinya.

Artinya walaupun keuntungannya sedikit, kalau jumlah produksi dan penjualannya banyak, bahkan Xiaomi bisa menyamakan profit sekelas iPhone yang jelas lebih besar darinya.

Gambarannya seperti ini, setiap 10 unit pernjualan HP China, setara dengan 1 buat iPhone.


7. Praktik Penjualan Online

Alasan kenapa HP China lebih murah yang berikutnya, kebanyakan dari mereka memilih untuk mendirikan toko online atau penjualan berbasis online.

Seperti yang kita jelaskan pertama, selain karena tidak ingin terlalu banyak ekspansi di segi cost properti.

Pertimbangan lain yaitu smartphone China memilih untuk mendistribusikan ponsel mereka secara cepat.

Coba kalian bandingkan dengan merk iPhone atau Samsung, bila perusahaan tersebut merilis model terbaru, apalagi itu line up flagship perhatikan toko officialnya pasti banyak diserbu konsumen hingga memicu antrian panjang.

Disisi lain pandangan orang-orang lebih praktis jika beli melalui store online, dibanding mereka harus pergi dan antri untuk mengambil sebuah ponsel.


8. Penghasilan Tambahan

Testing Produk HP Baru

Buat pengguna Xiaomi pasti akan merasakan poin satu ini. Khusus pengguna sistem operasi MIUI, terkadang ketika kita membuka aplikasi bawaan ponsel, tiba-tiba suka muncul iklan di layar.

Fitur iklan ini sebetulnya bisa kalian matikan, namun buat pengguna awam mereka masih sulit untuk menemukan tombol tersebut agar iklan hilang permanen.

Sistem iklan yang muncul ini sama seperti ads Google atau sejenisnya, dan mereka mengambil keuntungan tambahan dari iklan tersebut. 


9. Riset Yang Murah

Hasil Terakhir Produksi HP

Sudah jadi rahasia umum kalau pabrikan China suka meniru dalam segi apapun. Pertama kali dirilis, model Xiaomi sempat menjadi perdebatan karena meniru banyak model kompetitor lainnya.

Itulah yang jadi alasan kenapa riset ponsel HP buatan China lebih murah. Mereka cenderung banyak melakukan aktivitas peniruan tanpa melewati proses riset dan development yang panjang.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah pembahasan kita tentang alasan kenapa HP China lebih murah. Silahkan kalian sebarkan informasi diatas supaya artikel satu ini bisa menjelaskan rasa penasaran dari banyak orang. Semoga bermanfaat. 

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.