Masih Hangat
memuat ...

Senin, 16 Oktober 2017

Share:

8 Kelebihan Windows 10 yang Mungkin Belum Kamu Tahu

start menu kelebihan windows 10

Windows 10, sebagai sistem operasi terakhir dari Microsoft, membawa perubahan besar pada fitur, tampilan, dan keamanan. Secara sekilas, Windows 10 banyak berubah sejak Windows 8 dan Windows 8.1, terlebih Windows 7. Semua perubahan ini hadir untuk memudahkan pengguna.

Meski market share Windows 10 masih tak sesuai harapan Microsoft, Windows 10 punya segudang kelebihan dibanding OS lain atau versi Windows sebelumnya, terutama Windows 7. Meski masih banyak pengguna yang menganggap Windows 7 jauh lebih baik, kelebihan Windows 10 tak pernah bisa ditolak keberadaannya.

Lalu, apa kelebihan Windows 10? Apa saja fitur-fitur baru Windows 10 yang katanya memudahkan? Dan yang pasti, apa manfaatnya?

#1 Cortana, Asisten Personal di Semua Produk Microsoft

cortana asisten personal microsoft

Cortana adalah asisten personal yang hadir di seluruh perangkat Microsoft. Mulai dari Windows 10 PC, Windows 10 Mobile, Xbox, dan HoloLens. Pesaing Siri dan Google Now ini juga tersedia di Android dan iPhone/iPad.

Download Cortana di Android

Download Cortana di iOS

Cortana bukan hanya mampu mengenali informasi pribadi kita, melainkan pula mampu membantu kita membuat to-do list, pengingat/reminder, dan pencarian web dari mesin telusur Bing. Selain itu, Cortana juga dapat diajak chat dan mengobrol.

Di Windows 10 PC atau laptop, Cortana dapat dipanggil dengan Hey, Cortana!. Lalu ucapkan perintah apa pun yang kamu inginkan. Membuka aplikasi, membuat event di Calendar, mencari definisi atau menerjemahkan kata, menghitung, informasi penerbangan, dan mencari informasi lainnya. Kamu bisa menggunakan Cortana untuk mempermudah aktivitasmu di Windows 10.

”Hey, Cortana! Open Facebook.”

#2 Virtual Desktop, yang Membuat Lebih dari Satu Desktop dalam Satu Windows 10 PC

virtual desktop windows 10 kelebihan

Inilah kelebihan Windows 10 yang paling inovatif. Selain Cortana, Microsoft juga menanamkan fitur ini ke dalam Windows 10 versi rilis pertamanya. Virtual desktop mampu memudahkan kamu dalam multi-tasking di Windows 10.

Dalam satu PC dengan Windows 10, kamu bisa membuat dua atau lebih desktop. Setiap desktop yang kamu buat berisi window/jendela yang berbeda dengan aplikasi terbuka yang berbeda, dan proccess yang berbeda.

Dengan begini, kamu bisa menjadikan desktop yang pertama sebagai desktop untuk mengetik tugas kuliah. Desktop kedua dapat dijadikan sebagai desktop untuk mencari hiburan di internet, menonton video YouTube, atau membuka media sosial. Desktop ketiga, keempat, dan seterusnya, dapat kamu isi dengan window dari software yang kamu pilih sendiri.

Virtual desktop atau multi-desktop ini adalah fitur yang berguna. Microsoft tak salah menanamkan fitur inovatif ini ke Windows 10. Fitur virtual desktop ini memudahkan kamu dalam multi-tasking ketika bekerja di depan PC.

#3 Start Menu di Windows 10 yang Semakin Memudahkan

start menu kelebihan windows 10

Windows 10 punya Start menu yang sempat hilang di Windows 8 dan Windows 8.1. Karena banyak permintaan, Microsoft kembali menempatkan Start menu sebagai fitur penting di Windows 10.

Sekarang, Start menu tampil lebih enak dipandang. Cantik, elegan, dan modern, namun tetap sederhana. Live tile dan group tile juga hadir di sini. All apps dan panel-panel lainnya semakin dipermudah.

Tampilan dan fitur dari Start menu Windows 10 selalu mendapat peningkatan pada upgrade-upgrade besar, seperti Creator Update. Di Windows 10, kamu bisa mengubah Start menu dengan mudah melalui Settings. Banyak fitur yang bisa kamu sesuaikan di sana.

#4 Microsoft Edge, Browser Bawaan Windows 10 Pengganti Internet Explorer

microsoft edge

Internet Explorer sudah ‘mati’. Kini, Microsoft Edge yang akan menggantinya. Browser bawaan terbaru ini mungkin bisa menjadi salah satu browser terbaik. Selain ringan (sangat ringan), Microsoft Edge juga punya fitur yang cukup lengkap jika hanya digunakan untuk sekedar browsing.

Meski sayangnya, sejumlah pengguna masih belum mau berimigrasi ke Microsoft Edge, browser dalam bentuk UWP (Universal Windows Platform) ini punya fitur ekstensi, pengelola tab, tema, bookmark, dan fitur-fitur yang umum ditemukan pada browser lainnya.

Baru-baru ini, Microsoft Edge juga dirilis untuk Android. Jadi, bukan hanya pengguna Windows 10 PC/Mobile saja yang bisa menggunakan Microsoft Edge, melainkan pula nantinya seluruh perangkat ponsel pintar dengan Android dan iOS dapat menggunakannya.

#5 Windows Hello, Cara Baru Login ke PC dengan Retina, Jari, dan Pengenalan Wajah

Windows Hello yang sudah lama diluncurkan Microsoft ini, masih belum banyak dikenal, dan memang kurang terkenal. Alasannya jelas: fitur Windows Hello hanya tersedia pada laptop atau notebook mahal, karena membutuhkan persyaratan hardware yang juga tidak murah.

Windows 10 dengan Windows Hello, akan memudahkan kamu ketika login ke PC. Buka laptop, dan langsung kedipkan mata. Maka, kamu sudah bisa membuka kunci PC/laptop tanpa perlu mengetik password lagi.

Selain dengan retina, Windows Hello juga melibatkan sidik jari dan pengenalan wajah. Sayangnya, demi kelancaran kinerja, Windows Hello membutuhkan sensor IR dan fingerprint untuk bekerja.

Baca: Mengaktifkan Windows Hello

#6 Windows Store, yang Jauh Lebih Baik di Windows 10

windows store kelebihan

Windows 10 punya Windows Store, yang namanya berganti menjadi Microsoft Store. Microsoft Store (di Windows 10) adalah tempat men-download aplikasi dan games gratis yang mampu mempermudah hidup.

Baca Juga: Aplikasi Terbaik Windows 10

Baca Juga: Situs Download Game Gratis

Di Microsoft Store, kamu akan menemukan games-games mobile di ponsel pintar Android dan iPhone yang juga tersedia di sini. Begitu pula aplikasi-aplikasi seperti Flipboard, Any.Do, Duolingo, Facebook, Instagram, Xodo, dan lainnya hadir di Windows 10.

Selain games dan aplikasi, Microsoft Store di Windows 10 juga menyajikan buku, film, serta musik yang dapat dibeli dengan kartu kredit atau debit.

#7 DirectX 12, yang Meningkatkan Kinerja dan Performa Gaming

Bagi pengguna yang masih menggunakan Windows 7, ada baiknya kamu upgrade ke Windows 10, apalagi jika kamu adalah seorang gamer. Windows 10 membawa DirectX 12 yang membawa perubahan pada performa bermain game.

Bahkan, mayoritas pengguna Steam sudah menggunakan Windows 10. Sekalian, Windows 10 juga punya fitur Game Mode, yang salah satu fiturnya adalah perekam layar ketika bermain game, tanpa software tambahan.

#8 Upgrade ke Versi Windows 10 Terbaru secara Gratis!

Salah satu kelebihan terbaik dari Windows 10 adalah gratisnya proses upgrade dari versi lama Windows 10 ke versi terbarunya. Karena Windows 10 adalah OS terakhir dari Microsoft, kamu tak perlu gonta-ganti OS lagi karena akan selalu ada upgrade besar menanti.

Makanya, secara default, Windows Update aktif di Windows 10. Tapi bagi kamu yang tak suka, kamu bisa mematikan Windows Update dengan mudah. Ketika upgrade baru dirilis nantinya, kamu bisa mengeceknya secara manual di Windows Update.


Itulah sejumlah kelebihan Windows 10 dibanding versi Windows sebelumnya. Masih banyak kelebihan lain dari Windows 10 yang tak bisa disebutkan di sini, seperti hadirnya Paint 3D.

Sementara itu, Windows 7 akan ‘mati’ pada 2022. Bagi pengguna yang tak ingin kehilangan dukungan dari Microsoft, segeralah meng-upgrade PC-nya ke Windows 10, untuk mendapat kelebihan-kelebihan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.