Masih Hangat
memuat ...

Selasa, 18 April 2017

Share:

17 Cara Mengubah Tampilan Start Menu di Windows 10

cara ubah tampilan windows 10

Start menu di Windows 10 bukan hanya terlihat menarik, melainkan juga memudahkan produktivitas penggunanya. Dulu Start screen di Windows 8.1 yang menyulitkan pengguna non-layar sentuh, kini di Windows 10 jauh lebih memudahkan pengguna layar sentuh maupun non-layar sentuh. Setiap sentuhan jari pada touchpad, mouse, atau langsung pada layar, membuat penggunanya semakin nyaman dan terlihat lebih professional. Serta meningkatkan produktivitas pengguna.

Tampilan Windows 10 kini semakin dapat diubah, dan dipercantik. Salah satunya Start menu di Windows 10 yang kini sobat dapat mengubahnya menjadi lebih cantik dan nyaman digunakan.

Berikut tutorial Windows 10: mengubah tampilan Start. Tutorial ini adalah yang pertama kalinya membahas Windows 10. :)

Tutorial di-update (4/18/2017) untuk Windows 10 Creator Update

1. Mengubah Warna Start dan Taskbar

Buka Start. Anda akan melihat tombol Settings di sana. Klik tombol itu membuka Settings.

cara mempercantik windows 10

Muncul jendela baru. Ini adalah tempat di mana pengguna dapat mengatur hampir semua hal di sini, sisanya terdapat di Control Panel. Klik Personalization.

Untuk mengubah warna Start dan taskbar, pilih tab Colors. Pada opsi “Automactically pick an accent color from my background”, klik menjadi On untuk mendapatkan warna secara otomatis dari latar desktop; atau klik menjadi Off untuk memilih warna sesuai yang Anda inginkan.

cara percantik start menu windows 10

2. Menampilkan Warna pada Taskbar dan Start

Pada “Show accent color on the following surface”, beri centang pada Start, taskbar, and action center untuk menampilkan warna tersebut pada Start dan taskbar. Warna pada panel lain seperti Action Center akan mengikuti. Jika Anda menonaktifkan ini, maka warna taskbar dan Start berubah menjadi hitam.

cara rubah tampilan start menu

3. Mengubah Warna Titlebar

Jika sobat telah mengatur warna aksen pilihan sobat untuk Start menu dan taskbar, warna yang sama juga akan tampil di titlebar. Beri centang pada "Title bars" pada grup “Show accent color on the following surface”.

4. Membuat Taskbar, Start Menu, dan Action Center Tembus Pandang

Pada “More options” di paling atas, klik menjadi On pada "Transparency effects" untuk membuat Start menu, taskbar, dan Action Center menjadi tembus pandang.

5. Mengubah Start Menu menjadi Layar Penuh

Klik tab “Start”. Di sini ada beberapa opsi untuk mengubah konten Start. Untuk menjadikannya layar penuh, klik menjadi On pada “Use Start full screen”, atau klik menjadi Off untuk membuatnya menjadi menu.

layar penuh start menu

Nah, jika Start menu di Windows 10 menjadi full screen, maka tampilan Start menu akan seperti ini:

ubah tampilan

6. Memilih Folder yang akan Tampil di Start Menu

Klik “Choose which folders appear on Start”. Pilih folder mana yang hendak ditampilkan di Start menu. Ini akan memudahkan Anda membuka folder yang sering Anda kunjungi.

folder start menu windows 10

7. Tablet Mode

Tablet mode adalah mode untuk mengubah tampilan Windows 10 menjadi seperti tablet. Tentunya, ini sangat memudahkan untuk pengguna layar sentuh. Start menu akan berubah menjadi layar penuh saat Anda menggunakan mode tablet. Untuk mengaktifkan mode ini, klik tombol yang ber-tooltip “No new notification”, atau lihat gambar di bawah ini.

tablet windows 10

Pilih “Tablet mode”. Pastikan tombol itu berubah menjadi warna yang Anda pilih tadi.

8. Akses yang Lebih Mudah

Masih di Settings > Personalization > Start. Ada beberapa opsi untuk memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi. Mungkin bagi beberapa pengguna, akses mudah ini tidaklah berguna. Anda dapat menyesuaikan itu.

Pada “Show most used apps”, klik menjadi On untuk menampilkan daftar aplikasi-aplikasi yang sering digunakan, atau klik menjadi Off menghilangkannya.

Anda dapat menampilkan aplikasi yang sedang ditambahkan, dengan mengaktifkan opsi “Show recently added apps”. Aplikasi ini adalah aplikasi yang sedang diunduh di Store.

Pada “Show recently opened items in Jump Lists on Start or the taskbar”, aktifkan untuk menampilkan item yang baru-baru ini dibuka di Jump List.

9. Start Menu dengan Tile 4 Kolom

Sobat dapat membuat Start menu tampil dengan tile 3 atau 4 kolom. Masih di Settings > Personalization > Start. Aktifkan "Show more tiles on Start" untuk 4 kolom tiles, atau matikan untuk 3 kolom tiles.

10. Menghilangkan App List/All Apps dari Start Menu

Di Windows 10 Creator Update, sobat kini bisa menghilangkan App List atau All Apps dari Start menu. Masih di Settings > Personalization > Start. Klik menjadi Off pada "Show app list on Start menu".

11. Memindahkan Tile agar Lebih Menarik

Tile pada Start dapat dipindahkan dan dikelola sesuai yang Anda inginkan. Ini dapat mempercepat akses dan membuatnya terlihat menarik. Klik-tahan tile yang hendak dipindahkan, lalu lepas di tempat yang Anda inginkan.

tampilan start windows 10

12. Mengubah Ukuran Tile

Ukuran tile yang tersedia tergantung dari masing-masing aplikasi yang terkait. Klik-kanan pada tile yang diinginkan, pilih Resize > Small, Medium, Wide, atau Large.

windows 10

13. Mengaktifkan Live Tile

Live tile adalah tile yang aktif menampilkan informasi terbaru dari aplikasi yang terkait. Sehingga pengguna tidak perlu membuka aplikasi untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, karena informasi terbaru sudah ditampilkan di tile. Tentu saja, untuk mendapatkan informasi lebih, pengguna perlu mengakses aplikasi itu.

Untuk mengaktifkan ini, klik Turn live tile on.

14. Menambahkan atau Menghilangkan Tile

Untuk menghilangkan tile, klik Unpin from Start. Untuk menambahkan tile, cari aplikasi yang diinginkan, klik-kanan, dan pilih Pin to Start.

15. Menamai grup tile

Agar lebih berguna, kumpulan tile yang mungkin sekategori perlu dinamai, dan menjadi grup. Ini akan memudahkan pengguna mengakses aplikasi yang sekategori. Untuk memberi nama grup, cukup klik bilah atas “Name group”, lalu beri nama.

tampilan start menu

16. Mengubah Tinggi dan Lebar Start

Tinggi dan lebar Start dapat diubah hanya dengan menekan lalu menggeser sisi Start. Ukuran Start yang sudah disesuaikan dapat memudahkan penggunanya. ;)

memperbesar tampilan start

17. Membuat Folder Tiles di Start Menu

folder tiles di start menu

Di Windows 10 Creator Update, sobat juga kini dapat membuat folder dalam Start menu, yang berisi sejumlah tiles dari aplikasi yang sejenis/sekategori. Untuk membuat folder tiles, drag dan drop tiles ke tiles lain yang diinginkan, maka kedua tiles tersebut menyatu dan bergabung dalam satu folder.

Itulah tutorial mengubah tampilan Windows 10. Nah, dengan begini, sobat dapat mempercantik tampilan Windows 10 agar menjadi lebih enak dipandang, dan nyaman bekerja seharian di depan komputer.

4 komentar:

  1. gue kurang gerti di point ke 13 gan.

    BalasHapus
  2. Sangat Membantu, sudah saya coba semuanya.. makasih ya..

    BalasHapus
  3. Lumayan membantu gan, Terima Kasih step by step nya

    BalasHapus

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.