Masih Hangat
memuat ...

Senin, 17 Juli 2017

Share:

Browser Terbaik untuk Komputer/PC/Laptop 2017 untuk Kamu Download

browser terbaik laptop

Browsing bukan hanya merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh seluruh orang di dunia sekarang, melainkan pula sudah menjadi hobi yang begitu melekat di hati.

Semua berawal dari internet. Hidup menjadi lebih mudah karena internet. Untuk mengaksesnya, kita membutuhkan aplikasi browser untuk melakukan browsing.

Mulai dari Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, Opera, semua merupakan nama-nama web browser populer yang dianggap terbaik untuk digunakan di komputer/PC/laptop.

Dari masing-masing fitur dan fungsinya, manakah web browser yang terbaik di tahun 2017 ini?

Daftar Web Browser Terbaik untuk PC/Laptop 2017

#1 Google Chrome, Browser Tercepat untuk PC/Laptop

browser terbaik laptop

Google Chrome adalah web browser yang paling banyak dinilai sebagai browser terbaik.

Google Chrome dikenal sebagai browser tercepat. Koneksi internet yang lambat pun (di bawah 10KB/s) bahkan dapat melakukan browsing dengan kecepatan yang lebih cepat jika menggunakan Google Chrome.

Mungkin saking cepatnya, browser terbaik ini memakan RAM yang banyak. Tapi hal itu sebanding dengan fitur, kesederhanaan, kecepatan, dan keamanannya.

Google Chrome punya fitur sinkronisasi, yang memerlukan kamu untuk sign in dengan akun Google. Ini akan membuat Chrome menyimpan history, cookies, saved-password jika Chrome sewaktu-waktu di-uninstall atau terhapus. Juga agar Chrome di Android/iPhone tak kehilangan history dan data-data lainnya.

Chrome yang sekarang juga menggunakan tampilan desain Material. Fitur pengelola tab, sudah tersedianya dukungan flash, pembaca PDF, sinkronisasi bookmark, notifikasi web, dukungan ekstensi, dan sebagainya – hanyalah segelintir fitur-fitur yang dimiliki Google Chrome.

Jika dibandingkan dengan Firefox, Opera, Edge, dan browser lainnya, Google Chrome tetaplah menjadi browser yang terbaik. Kalau saja Firefox sedikit lebih cepat, Chrome akan menjadi nomor #2.

Google Chrome tersedia bukan hanya untuk PC (Windows), melainkan pula macOS dan Linux. Dari Windows 7 hingga Windows 10, Google Chrome semakin cepat dan berkembang sampai sekarang.

Download Google Chrome untuk PC/laptop

#2 Mozilla Firefox, Browser Komputer dengan Fitur Lengkap

firefox browser terbaik pc 2017

Mozilla Firefox adalah web browser yang dikenal sebagai browser yang cepat, fitur lengkap, serta ringan berjalan di komputer.

Sedikit berbeda dengan Chrome, browser yang satu ini memiliki tampilan yang lebih ramai, serta lebih mudah diatur. Tapi jika dibandingkan soal kecepatan, Chrome tetaplah juaranya.

Firefox adalah browser terbaik dengan fiturnya yang lengkap. Reading mode, add-on, pembaca PDF, developer tools yang lebih enak dilihat, notifikasi web, bookmarks, sinkronisasi dengan akun Mozilla, dukungan Pocket, tema yang lebih beragam, reading list, dan masih banyak fitur lainnya.

Mungkin Firefox masih kalah cepat dari Chrome, tapi Firefox punya tampilan yang lebih mudah digunakan, serta mudah disesuaikan sesuai selera penggunanya.

Download Firefox untuk PC/laptop

#3 Microsoft Edge, Browser Bawaan Terbaik di Windows 10

browser terbaik windows 10

Windows 10 sebagai sistem operasi terakhir dari Microsoft, membawa banyak fitur dan perubahan. Microsoft Edge, browser pengganti Internet Explorer, juga merupakan bagian dari peningkatan di Windows 10.

Microsoft Edge hingga kini terus ditingkatkan. Apalagi dengan kedatangan Windows 10 Creator Update pada April 2017 lalu.

Microsoft Edge mendapat fitur pengelola tab yang dapat menyimpan tab saat browsing, daftar/list ebooks yang biasa kamu baca, dan 31% jauh lebih hemat baterai laptop.

Tampilan Edge yang unik, berbasis UWP (Universal Windows Platform), serta fitur-fiturnya yang masih minimalis membuat Microsoft Edge berjalan sangat ringan.

Bagi pengguna yang hanya biasa browsing untuk keperluan mengerjakan tugas sekolah/kuliah, atau sekedar bermedia sosial, Microsoft Edge adalah browser pilihan yang terbaik.

Download Windows 10

#4 Opera

opera browser terbaik cepat di laptop

Opera adalah web browser yang berbasis engine milik Chrome. Makanya browser Opera punya fitur yang agak mirip dengan Google Chrome. Namun sayangnya, engine Opera ini tidak terlalu berkembang seperti Chrome.

Opera secara umum adalah browser yang biasa, dengan fitur andalan speed dial, sidebar kiri yang rasanya tak terlalu berguna, serta tampilan dan antarmuka yang kurang enak dipandang. Rasanya seperti browser jadul saja.

Tapi, walaupun begitu, Opera punya fitur tambahan seperti mengganti wallpaper pada halaman tab baru, list tab yang baru saja ditutup, dan fitur-fitur lainnya.

Download Browser Opera untuk PC/Laptop

#5 Internet Explorer, Browser Lama dari Microsoft, yang Lambat

Sebenarnya saya tak mau memasukkan browser Internet Explorer dan Opera ke dalam list ini. Tapi karena masih layak digunakan, saya tulis saja.

Internet Explorer adalah browser lama buatan Microsoft. Internet Explorer merupakan browser yang sudah dikenal secara luas, karena kelambatan dan fiturnya yang sangat minimal.

Secara umum, Internet Explorer adalah browser biasa. Mungkin ia bukanlah browser terbaik, tapi ia tetaplah memiliki fitur-fitur yang biasa dimiliki oleh browser lainnya.

Misalnya, bookmarks, history, saved password, favorites, dan ekstensi yang sepi developer. Meski begitu, Internet Explorer masih layak digunakan sebagai sebuah web browser.

Download Internet Explorer untuk Windows 7

#6 Vivaldi, Browser Terbaru dengan Fitur yang Unik

vivaldi browser terbaik 2017

Ada lagi nama browser baru yang mengisi list 2017 ini. Namanya Vivaldi, yakni browser buatan salah satu developer Opera dengan fitur-fitur yang unik.

Sebagai browser terbaru, Vivaldi punya fitur yang memungkinkan kita untuk menaruh tab di atas, bawah, kiri, kanan; menyimpan sesi browser yang dapat di-reload; tab group; screenshot dengan memo, dan ekstensi dari Chrome.

Vivaldi memungkinkan kita untuk mengatur tampilan dan antarmukanya sesuai keinginan kita. Mulai dari tema warna, posisi tab, mengatur speed dial, sidebar kiri yang lebih berguna dan bisa diubah ketimbang sidebar kecil milik Opera, aplikasi note bawaan, dan masih banyak lagi.

Vivaldi mungkin browser yang terbaik, namun layak dicoba bagi kamu yang bosan dengan Chrome atau Firefox.

Download Vivaldi untuk PC/Laptop


Itulah sejumlah web browser terbaik untuk PC/laptop/komputer. Nilai terbaik tetaplah relatif. Tergantung selera pengguna masing-masing. Ingin paling cepat, gunakan Chrome. Ingin fitur lengkap, gunakan Firefox. Ingin ringan, gunakan Edge.

Mana web browser terbaik menurutmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.