Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 22 Desember 2016

Share:

Simpan Artikel/Konten di Internet secara Offline dengan Aplikasi Ini

Internet kini semakin memudahkan saja. Banyak bagian hidup ikut dicampur urusannya oleh internet. Dan satu hal kecil yang paling bermanfaat dari internet adalah produktivitas yang meningkat drastis. Salah satunya dari aplikasi ini.

Aplikasi ini berfungsi untuk menyimpan artikel, foto, video, atau konten di suatu halaman web yang biasa kita temukan di browser, yang nantinya dapat kita baca kembali setelah kita simpan secara offline.

Pocket

Pocket adalah aplikasi read-it-later terbaik yang paling populer sekarang. Ia populer karena cara kerjanya sangat-sangat berguna. Sobat dapat menyimpan suatu artikel di internet dan membacanya kembali secara offline di perangkat mana pun, entah itu PC, smartphone, tablet, atau apa pun.

Pocket memiliki dua versi: aplikasi web (getpocket.com) dan aplikasi Pocket di smartphone, PC, dan lainnya yang dapat sobat download dan install sekarang.

Aplikasi web Pocket secara keseluruhan lebih nyaman digunakan, namun tentunya bekerja secara online, karena kita harus membukanya di browser langsung.

Aplikasi Pocket di PC atau smartphone dapat bekerja secara offline, namun tak sepenuhnya gratis. Sobat harus membeli beberapa fitur premium yang berguna untuk dapat digunakan. Namun jika sobat sering online di PC, maka lebih baik gunakan aplikasi web Pocket (getpocket.com) saja di browser.

Kita lihat tampilan Pocket di browser. Sobat bisa melihat di sana tampilan yang sederhana yang menampilkan list artikel atau konten web yang sobat simpan ke dalam Pocket.

simpan artikel secara offline dari internet

Di sebelah kiri terdapat Archive yang berisi artikel atau konten web yang sebelumnya disimpan secara offline namun dihapus. Dan ada Favorites yang berisi artikel atau konten web yang sobat simpan dan dijadikan artikel favorit yang wajib dibaca.

pocket windows browser simpan konten web offline gambar foto

Sobat juga dapat mengelompokkan artikel, foto, video, atau konten web yang disimpan secara offline ke dalam berbagai tak/kateogori yang dapat sobat buat.

Tampilan reading di Pocket juga sangat-sangat nyaman dipandang. Sobat bahkan dapat menyesuaikan warna tema (gelap, terang, sepia) dan ukuran juga jenis font yang digunakan. Sayangnya, fitur ini agak dibatasi di aplikasi Pocket gratis di smartphone.

tampilan simpan artikel foto gambar video offline

Menyimpan Artikel/Gambar/Video secara Offline dengan Pocket

Klik saja tanda + di situs Pocket, lalu paste URL halaman web yang hendak sobat simpan, yang berisi konten atau artikel yang sobat inginkan untuk disimpan. Lalu klik Save.

simpan offline

Atau jika sobat tak online di PC, sobat dapat menggunakan tombol Share yang berada di browser smartphone sobat. Lalu pilih Pocket sebagai tempat untuk men-share artikel atau konten yang sobat temukan di browser.

Pocket juga menyajikan ekstensi di beberapa browser PC, seperti Edge, Chrome, dan Firefox. Jika sobat online di PC, sobat juga bisa menggunakan ekstensinya dengan mengklik tombol Pocket maka artikel yang sobat temukan di browser akan tersimpan di dalam Pocket.

aplikasi

Tentu saja, karena Pocket menjangkau di seluruh perangkat, Android, IOS, dan Windows, sobat dapat membaca dan menyimpan artikel secara offline di perangkat mana pun dan kapan pun.

Download Pocket di sini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.