Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 22 September 2017

Share:

Cara Menghilangkan Iklan ketika Bermain Game di Android (Tanpa Root)

menghilangkan iklan dalam game

Iklan bukan hanya muncul di dalam kehidupan nyata sehari-hari, melainkan pula dalam games yang sering kita mainkan setiap hari. Iklan dalam games mungkin menguntungkan bagi pembuatnya, namun mengganggu bagi penggunanya.

Apalagi jika iklan dibuat untuk terus muncul setiap saatnya dalam game. Ketika bermain game, iklan muncul di bawahnya. Ketika di-pause, iklan juga muncul. Padahal, iklan bukanlah esensi dari game yang kita mainkan, namun developer game yang serakah menaruh iklan dengan tidak masuk akal.

Permainan pun menjadi tidak memuaskan. Meski spesifikasi smartphone Android cukup tinggi, memainkan games yang memiliki banyak iklan sangatlah menyulitkan. Sebagian games bahkan punya versi PRO yang tanpa iklan, namun harus dibeli.

Apabila game gratis yang dimainkan, dan menampilkan banyak iklan, apa solusinya? Bagaimana cara menghilangkan iklan dalam game gratis di Android?

#1 Mematikan Koneksi Internet untuk Memblokir Iklan dalam Game

menghilangkan iklan dalam game

Iklan dalam game hanya bisa muncul ketika smartphone Android terhubung ke internet. Tanpa jaringan internet, iklan pun hilang dengan sendirinya. Maka, games yang dimainkan akan tetap seru, meski smartphone Android dalam kondisi offline.

Memblokir iklan yang muncul ketika bermain game hanya perlu dilakukan dengan mematikan koneksi internet. Maka dari itu, mainkanlah game tersebut dalam kondisi saat kamu sedang tidak sibuk chatting, video calling, atau men-download sesuatu.

Untuk mematikan koneksi internet di Android, tinggal nonaktifkan tombol Data Selular atau Wi-Fi.

#2 Mengaktifkan Airplane Mode untuk Menghilangkan Iklan saat Bermain Game

mode airplane untuk menghilangkan iklan

Karena iklan hanya muncul dengan koneksi internet terhubung di smartphone Android, mengaktifkan airplane mode atau mode pesawat bisa menjadi pilihan solusinya.

Sekilas, tak ada perbedaan dengan poin pertama, yakni masih sama-sama mematikan koneksi internet. Namun, mengaktifkan airplane mode bukan hanya mampu mematikan koneksi internet untuk menghilangkan iklan, melainkan pula menghemat baterai smartphone.

Ketika bermain game yang berat di Android, apalagi yang menampilkan banyak iklan yang mengganggu, sekalian saja aktifkan mode pesawat. Bukan hanya iklan yang hilang, baterai smartphone akan lebih tahan lama.

Itu karena ketika mengaktifkan airplane mode, seluruh aktivitas jaringan seperti selular, Wi-Fi, bluetooth, dan GPS, akan dimatikan. Dengan begini, kamu bisa memainkan game di Android tanpa iklan, sekaligus hemat baterai.

#3 Menggunakan Aplikasi Firewall untuk Menghapus Iklan pada Game Tertentu Saja

aplikasi firewall untuk menghilangkan iklan game

Menghapus iklan yang muncul ketika bermain game tak selalu dilakukan dengan mematikan Wi-Fi atau data selular, apalagi menyalakan airplane mode, melainkan pula dengan menggunakan aplikasi firewall.

Sama halnya dengan iklan yang selalu muncul di Android pada umumnya, menghilangkan iklan yang muncul ketika bermain game juga bisa dilakukan dengan aplikasi firewall.

Aplikasi firewall berfungsi untuk memblokir jaringan internet yang terhubung pada suatu aplikasi atau games tertentu di smartphone Android. Dengan terputusnya koneksi internet pada game tertentu, maka iklan pada game tersebut tak akan lagi muncul.

Satu-satunya aplikasi firewall yang mungkin layak digunakan adalah NoRoot Firewall. Sesuai namanya, aplikasi ini dapat memblokir jaringan internet yang terhubung pada suatu games, tanpa root. Android dengan kondisi apa pun, dapat menghilangkan iklan dalam game dengan cara ini.

Download NoRoot Firewall

Dengan begini, kamu masih bisa memainkan game di Android tanpa adanya gangguan iklan, serta tanpa perlu mematikan koneksi internet di Android secara total. Sehingga kamu masih bisa chatting, browsing, download, sambil bermain game.

#4 Membeli Versi PRO atau Versi Tanpa Iklan dari Game Tersebut

Apabila game yang sedang kamu mainkan sangatlah menyenangkan, namun menampilkan iklan yang mengganggu, belilah versi premium atau versi tanpa iklan dari game tersebut apabila game itu menyajikannya.

Mungkin, apabila game tersebut bukanlah game yang murahan, dan yang pastinya seru dan memuaskan, membeli versi ad-free dari game tersebut untuk menghilangkan iklan bukanlah sesuatu yang merugikan.

Justru, dengan membeli versi bebas iklan, sang developer akan merasa mendapat dukungan dari pengguna/user games yang ia buat untuk terus mengembangkan game tersebut dengan update-update selanjutnya.

#5 Menggunakan Game Android versi Crack atau MOD

Di internet, banyak bertebaran game-game yang telah dimodifikasi sedemikian rupa oleh pengguna-pengguna nakal, yang mencari uang lewat blog dengan menyajikan game versi MOD yang tentunya ilegal.

Meski cara ini sangatlah tidak disarankan, namun masih banyak pengguna yang memainkan game-game hasil crack dalam bentuk APK yang secara gratis dapat di-download dari internet.

Hal ini terjadi bukan hanya karena iklan yang hilang, melainkan pula adanya cheat dan fitur tambahan yang seharusnya tersedia pada game versi premium. Ketimbang membeli, lebih baik men-download APK-nya di Google, begitu katanya.

Apabila kamu peduli dengan keamanan HP Android-mu, menggunakan game versi ilegal apalagi yang telah dimodifikasi, adalah hal yang “haram” untuk dilakukan. Bukan hanya tidak mendukung developer, melainkan pula membuat smartphone Android jadi rentan virus, dan yang pasti, rentan di-hack.

Ketimbang memainkan game yang membuat smartphone Android kamu disusupi, lebih baik membeli versi bebas iklannya. Atau, kalau perlu, hapus atau uninstall game tersebut, dan carilah game lain yang bebas iklan.

#6 Hapus Game Tersebut, dan Memainkan Game Lain yang Bebas Iklan

uninstall game yang mengandung iklan

Jika sudah telanjur membenci game tersebut karena menampilkan banyak iklan yang mengganggu, akan lebih baik menghapus game tersebut, dan mulai memainkan game lain yang bebas iklan.

Solusi terakhir ini adalah solusi yang bisa dilakukan tanpa root. Sebenarnya, menggunakan aplikasi firewall sudahlah cukup untuk memblokir iklan dalam game. Namun bagi pengguna yang sudah tak tertarik dengan game tersebut, maka tak perlu dipaksakan untuk tetap ada ter-install di smartphone.


Itulah cara memainkan game tanpa iklan di Android. Menghilangkan iklan ketika bermain game sangatlah berguna, apalagi ketika hendak menghibur diri setelah stres bekerja seharian.

Dengan begini, stres pun akan berkurang, bukan hanya karena hilangnya iklan dari game, melainkan pula karena keseruan game yang tak bisa didapatkan dari game yang lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.