Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis

Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis

Rumus terbilang di Excel seringkali digunakan saat menerjemahkan suatu angka bilangan. Misalnya, kasus yang sangat sering dan umum dipakai adalah menyebutkan terbilang dari suatu nominal angka.

Mengingat bahwa Microsoft Excel merupakan aplikasi berbasis sistem data, sehingga tidak sedikit yang membuat layanan di dalam Excel berikut menjadi sebuah sistem administratif.

Misalnya, pabrikan melakukan pembukuan input dan output harga produk produksinya.

Atau backup bulanan oleh sebuah toko minimarket mengorganisir semua aktivitas jual beli mereka dan masih banyak lainnya.

Jika dibayangkan mengetik terbilang di sebuah data Excel itu terdengar sangat repot. Apalagi kalau jumlah list yang harus kita ketikan hampir ratusan unit data. Apakah ada solusi praktis memunculkan teks terbilang secara otomatis?

Tentu ada, di dalam Microsoft Excel kita telah difasilitasi segala bentuk rumus yang sangat membantu khususnya untuk mengolah sistem data. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas tentang cara membuat terbilang di Excel secara otomatis.

Cara Membuat Terbilang Di Excel Secara Otomatis

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa fungsi terbilang ini adalah untuk menyebutkan keterangan nominal misalnya pada uang Rupiah. Contoh Rp 10.000 terbilang-nya yaitu Sepuluh Ribu Rupiah.

Coba deh bayangin kalau kamu menginput data pemasukan atau pengeluaran dalam antrian ratusan baris Excel…apa tidak pegal kalau harus kita ketik satu per satu terbilang tersebut.

Jauh lebih praktis kalau kita pakai metode khusus yaitu cara membuat terbilang di Excel secara otomatis. Fungsi fitur ini akan cukup mengoperasikan satu kali perintah saja, seterusnya kamu akan mendapatkan olah perintah secara otomatis.

Penjelasan selengkapnya, silahkan ikuti langkah-langkah pada tutorial dibawah ini.

Langkah 1 : Download dan Pasang Add Ins Terbilang

Simpelnya ada dua step dalam membuat rumus terbilang otomatis di Excel. Yang pertama kita download dulu file khusus Terbilang.xml lewat link yang sudah kita sediakan dibawah.

Setelah itu buka Microsoft Excel kamu dan pasangkan konfigurasi file terbilang ke dalam sistem Excel. Penjelasan lengkapnya sudah kita tuliskan di bawah ini.

  1. Pertama kalian download terlebih dahulu Add Ins Terbilang. 1 Download Dulu Filenya - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis
  2. Setelah terdownload, kamu buka file Microsoft Excel yang akan kita berikan rumus Terbilang.
  3. Setelah terbuka pencet menu File.1 Pencet Tombol File - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis
  4. Masuk ke dalam menu Options.3 Klik Tombol Options - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis
  5. Arahkan ke menu tab Trust Center dan disini klik tombol Trust Center Setting.4 Klik True Center Settings - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis
  6. Pencet menu Macro Settings. Lalu aktifkan Enable all macros (not recommended, potentially dangerous code can run).5 Aktifkan Macro Settings - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis
  7. Setelah itu OK.
  8. Berikutnya klik menu Add Ins.6 Pencet Tombol Add Ins - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis
  9. Ubah bagian Manage menjadi Excel Add-Ins.7 Atur Manage Dan Go - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis
  10. Dan disini pencet tombol Go.
  11. Klik tombol Browse.8 Klik Tombol Browse - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis
  12. Lalu pilih file Terbilang excel yang sudah kamu download tadi.9 Silahkan Pilih File Terbilang - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis
  13. Kemudian centang Add Ins Terbilang dan tap OK.10 Aktifkan Terbilang - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis

Baca Juga:

Mau menghitung umur menggunakan Excel ? Silahkan ikuti tutorial cara hitung umur di Microsoft Excel secara lengkap.


Langkah 2 : Penggunaan Terbilang Otomatis

Selanjutnya setelah kalian berhasil memasang konfigurasi file Terbilang diatas, step selanjutnya tinggal ikuti cara membuat terbilang di Microsoft Excel secara otomatis.

Hampir sama dengan fungsi rumus Excel lainnya, kita tetap memasukkan satu fungsi rumus khusus kemudian hasil dari rumus fungsi tersebut kita pencet dan drag ke bawah untuk memunculkan semua otomatis.

  1. Setelah cara diatas selesai, kamu buka file Excel yang ingin dimasukkan rumus Terbilang otomatis.
  2. Kalau sudah terbuka, klik salah satu cell tempat lokasi kamu memasukkan teks terbilang.11 Pencet Cell - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis
  3. Ketikkan rumus =properterbilang(cell)). Keterangan cell artinya angka yang ingin kita terbilangkan. Misalnya Rp 10.000 ada di cell B6, karena kita ingin membilangkannya maka rumus tersebut didapat =proper(terbilang(B6)) dan Enter. (Seterusnya menyesuaikan)12 Ketikkan Proper Rumus - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis
  4. Setelah muncul keterangan terbilang, silahkan kamu klik cell tersebut.
  5. Drag kotak hitam pojok kanan bawah cell seperti yang kita tandai beriku kebawah.13 Pencet Kotak Seret Kebawah - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis
  6. Lepaskan drag maka hasil terbilang akan muncul semua di sana.14 Hasilnya Akan Terlihat - Cara Membuat Terbilang di Excel Secara Otomatis
  7. Selesai.

Baca Juga:

Hitung Total Bayar di Excel ? Silahkan ikuti panduan cara hitung Total Bayar di Microsoft Excel.


Akhir Kata

Berkat sedikit pengaturan diatas, kita sudah dapat mengolah perintah Terbilang secara singkat. Itu artinya cara membuat terbilang di Excel secara otomatis sangat efektif kalian terapkan pada file yang ingin diolah, karena fungsi ini sangat praktis dan efisien waktu.

Bagikan artikel berikut ke teman-teman kalian agar mereka juga tahu bagaimana membuat terbilang secara otomatis di Excel. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar