Masih Hangat
memuat ...

Rabu, 26 Juli 2017

Share:

Cara Mengubah Tampilan Keyboard Android (Font, Foto, Warna, Agar Tidak QWERTY)

swiftkey keyboard tampilan cantik

Di antara sistem operasi smartphone atau ponsel pintar, Android mungkin menjadi yang paling banyak digunakan.

Alasannya sederhana: mudah digunakan dan dioprek, serta open-source.

Open source-nya Android membuatnya menjadi terbuka ke berbagai developer atau pengembang aplikasi, agar sang pembuat aplikasi mampu mengoprek atau mengubah sejadi-jadinya tampilan Android hingga ke bagian akarnya.

Salah satu yang dapat melakukan itu adalah aplikasi keyboard.

Tampilan keyboard bawaan Android tampak sangat membosankan. Tak ada fitur baru yang dikembangkan. Serta kurang cantik, kurang menarik, dan kurang fungsional. Kadang, sejumlah keyboard bukannya memudahkan dan malah menyusahkan pengguna.

Sejumlah manufaktur seperti Samsung dan ASUS membuat dan mengembangkan sendiri aplikasi keyboard untuk smartphone-smartphone pabrikannya. Meski layak pakai, aplikasi keyboard bawaan mereka tak selengkap aplikasi keyboard lainnya.

Di Google Play dalam Play Store, kamu bisa menemukan sejumlah aplikasi keyboard Android yang mampu memudahkan hidup dan proses mengetik, serta agar tidak typo dan membuat jari tidak pegal lagi mengetik. Contoh besarnya adalah Swiftkey dan Gboard.

Ada pula aplikasi keyboard yang bukan QWERTY, melainkan keyboard ABC T9 gaya lama ala ponsel Nokia. Seperti Smart Keyboard Pro.

Terlepas dari versi Android atau merek HP, kamu bisa mengubah tampilan keyboard dengan selera yang diinginkan, tanpa root. Misalnya menambah tampilan dengan foto atau wallpaper sendiri, atau mengubah keyboard menjadi T9 ABC dan bukan QWERTY, dengan tambahan aplikasi keyboard.

#1 Ubah Tampilan Keyboard Android Gboard

aplikasi keyboard android gboard

Gboard adalah keyboard Android yang dikembangkan oleh Google untuk smartphone Nexus-nya. Sejumlah manufaktur juga kadang membuat Gboard sebagai keyboard bawaan untuk smartphone Android pabrikannya.

Gboard juga dapat digunakan di semua versi dan merek smartphone Android. Android 4.2 Jelly Bean, 4.4 Kitkat, 5.0 Lollipop, 6.0 Marshmallow, hingga 7.0 Nougat dapat menggunakan aplikasi keyboard ini.

Download Gboard untuk Android

Dengan Gboard, kamu bisa mengubah tampilan keyboard sesuai selera. Mulai dari background wallpaper, warna keyboard dengan desain Material, atau menambah foto/wallpaper sendiri untuk dijadikan background keyboard.

Untuk mengubah keyboard Android bawaan menjadi keyboard Gboard, buka Settings > Additional settings > Language & input > Current keyboard.

Lalu pilih Gboard.

gboard aplikasi keyboard android

Kemudian coba ketik sesuatu, dalam aplikasi chat WhatsApp misalnya. Untuk mengubah tampilan keyboard Gboard, tinggal tekan Logo Google kecil dan pilih icon Theme di sana.

chat whatsapp keyboard gboard

Setelah itu, muncullah Theme. Di sini, kamu bisa mengubah tema keyboard Gboard. Tinggal pilih warna keyboard yang diinginkan. Kamu juga bisa mengaktifkan key border untuk keyboard. Jika sudah pilih Apply.

theme aplikasi keyboard mengubah tampilan

Maka, keyboard Gboard pun sudah berubah tampilannya sesuai warna yang dipilih barusan.

aplikasi keyboard android gboard

Selain dengan warna, kamu juga bisa memilih wallpaper yang sudah disajikan oleh Gboard sebagai background keyboard.

Masih di Theme. Pilih salah satu wallpaper yang diinginkan. Download dulu untuk mendapatkan wallpaper tersebut. Tunggu hingga selesai.

mengubah tampilan keyboard

Lalu pilih Apply untuk menerapkan wallpaper. Dan, BOOM! Keyboard Android yang digunakan sudah menggunakan wallpaper sebagai background-nya.

tampilan keyboard

Kamu juga bisa menambah wallpaper atau foto sendiri untuk dijadikan background.

Masih di Theme. Pilih Custom. Kemudian cari foto, gambar, atau wallpaper sendiri yang dirasa cocok untuk dijadikan background keyboard.

foto wallpaper sendiri jadi background keyboard

#2 Ubah Tampilan Keyboard Swiftkey

swiftkey keyboard tampilan cantik

Swiftkey dikenal sebagai aplikasi keyboard flow terbaik. Meski Gboard juga punya fitur keyboard flow, namun Swiftkey dinilai jauh lebih cerdas dalam hal word prediction-nya. Serta, fitur dan tampilannya enak dipandang.

Download Swiftkey Keyboard di Android

Setelah meng-install Swiftkey, buka Settings > Additional settings > Language & input > Current keyboard. Pilih Swiftkey Keyboard.

Buka aplikasi chat, text editor, atau apa pun sebagai testing. Ketika keyboard Swiftkey muncul, pilih tombol overflow (tiga bar horizontal).

tampilan swiftkey keyboard

Pilih tombol icon Theme. Kamu bisa memilih beragam tema yang sudah disesuaikan oleh Swiftkey. Meski kamu tak bisa memilih sendiri warna, background wallpaper, dan sebagainya, banyak tema Swiftkey yang tetap cantik, menarik, dan enak dilihat.

Pilih Enable More Themes untuk melihat tema Swiftkey lainnnya.

Kemudian muncullah Themes, yang berisi puluhan tema/skin keyboard Swiftkey yang dapat kamu download secara gratis. Tema-tema tersebut berupa tema dengan desain Material, flat, dark, white, hingga dengan background wallpaper yang warna-warni.

tema keyboard swiftkey

Untuk men-download pilih salah satu tema. Tunggu hingga selesai.

Dan, BOOM! Keyboard Swiftkey sudah berubah tampilan dengan tema baru yang lebih berwarna dan enak dipandang.

tema berubah warna tampilan keyboard

Sayangnya, Swiftkey tak menyajikan opsi untuk mengubah background wallpaper keyboard-nya. Tapi kamu masih bisa meng-install tema lain dengan background yang warna-warni.

tema keyboard warna-warni

#3 Ubah Ukuran Keyboard, Posisi, Layout, Key, dan Suara Keyboard

Selain tema, kamu juga bisa mengubah ukuran keyboard, posisi/letak, layout-nya, key, hingga suara sampai vibrasi/getaran ketika mengetik.

Sayangnya, Gboard tak memiliki opsi yang begitu banyak untuk mengubah tampilan. Paling-paling hanya tema, warna, dan background wallpaper.

Tapi dengan Swiftkey Keyboard, kamu bisa mengubah tampilan dari segala sisi. Baik warna/tema, letak, ukuran, layout, key, hingga suara dan efek vibrasi yang timbul ketika mengetik di Android.

Buka text editor, aplikasi chat, atau apa pun sebagai testing. Ketika keyboard Swiftkey muncul, buka menu overflow.

Pilih Layout untuk mengubah layout keyboard. Kamu bisa memilih Full, Thumb, atau Compact. Disarankan untuk memilih Full agar key tampil penuh pada keyboard Swiftkey.

ubah layout keyboard

Pilih Resize untuk mengubah ukuran keyboard. Kamu bisa memilih dari ukuran keyboard terkecil hingga terbesar. Pilih ukuran mana saja yang sesuai dengan kenyamanan.

ubah ukuran keyboard android

Pilih Undock untuk mengubah posisi keyboard. Gerakkan keyboard ke atas atau ke bawah untuk mengubah letaknya.

ubah keyboard android

Pilih Keys untuk mengubah huruf, angka, simbol, emoji, emoticon, tombol panah, durasi penekanan, dan lainnya.

keyboard android

Dari Keys, pilih tombol Back. Pilih Sound & vibration untuk mengubah suara dan getaran keyboard Swiftkey.

typing android keyboard

#4 Ubah Keyboard agar Tidak QWERTY seperti Nokia

abc keyboard seperti nokia di android

Smartphone Android yang layar sentuh membuat sebagian pengguna kesulitan mengetik. Terlebih bagi pengguna yang sudah lama menggunakan ponsel Nokia, dengan keyboard ABC dan bukan QWERTY.

Tapi, kamu masih bisa mengubah tampilan keyboard Android menjadi tidak QWERTY lagi. Caranya adalah dengan meng-install aplikasi Smart Keyboard Pro.

Smart Keyboard Pro adalah aplikasi keyboard biasa. Mungkin tak lebih bagus dari Swiftkey atau Gboard, tapi Smart Keyboard Pro punya fitur yang tak dimiliki aplikasi keyboad lainnya, yakni fitur layout T9 ABC keyboard layaknya ponsel Nokia.

Download Smart Keyboard Pro di Android

Install aplikasi keyboard itu. Lalu masuk ke bagian Settings dalam aplikasi, dan pilih Potrait Mode.

agar keyboard android tidak lagi qwerty

Pilih T9 untuk mengubah layout keyboard menjadi ABC dan bukan QWERTY lagi.

t9 keyboard abc android

Maka, keyboard pun akan berubah menjadi ABC pada feature phone semacam Nokia.

Kamu juga bisa mengubah tampilan keyboard ini menjadi keyboard iPhone, meski tidak terlalu mirip. Di bagian Settings dalam aplikasi, pilih Select skin.

aplikasi keyboard android

Pilih iPhone.

agar keyboard android mirip iphone


Itulah cara mengubah tampilan keyboard di Android. Untuk saat ini, hanya Gboard dan Swiftkey yang merupakan aplikasi keyboard terbaik yang dapat diatur dan disesuaikan tampilannya sesuai selera. Jika dibandingkan secara keseluruhan, Swiftkey Keyboard mungkin juaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.