Cara Membayar FIF Melalui ATM BRI

Cara Membayar FIF Melalui ATM BRI
Cara Membayar FIF Melalui ATM BRI

Bagaimana cara membayar FIF melalui bank BRI? Sekarang membayar cicilan motor maupun mobil bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Kamu tidak harus datang ke kantor FIF melainkan bisa langsung membayarnya melalui berbagai cara. Salah satunya lewat ATM BRI.


Untuk membayarnya, kamu hanya perlu menyiapkan nomor resi dan kartu ATM dengan saldo  yang tentunya cukup untuk membayar tagihanmu.

Pembayaran FIF melalui ATM BRI menjadi salah satu solusi terbaik. Hal ini karena kamu mudah menemukan ATM BRI dengan mudah karena memang ada di mana-mana.

Kamu juga bisa membayar tagihan tersebut kapan saja dan di mana saja. Bukan hanya itu, terkait biaya administrasinya pun terbilang cukup murah.

Syarat Membayar FIF Melalui ATM BRI

Sebelum kamu membayar FIF melalui ATM BRI, kamu perlu mengetahui apa saja persyaratan yang harus kamu penuhi.

Jangan sampai kamu sudah ada di ATM BRI namun kamu tidak mengetahui apa saja persyaratan atau persiapan untuk membayar tagihanmu tersebut.

Hasilnya, kamu malah pulang dan belum bisa membayar tagihanmu.

Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa kamu sudah memahami setiap persyaratannya. Adapun beberapa persyaratan tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Tagihan masih dalam masa aktif dan bukan masa tenggang serta tidak terblokir
  • Kartu ATM tidak terblokir
  • Mempunyai saldo yang cukup untuk membayar tagihan
  • Mengetahui berapa jumlah tagihan yang harus dibayar
  • Membayar nomor kontrak atau kode pembayaran FIF
  • Bersedia untuk membayar biaya administrasi

Kode Pembayaran Tagihan FIF BRI

Ketika kamu ingin membayar tagihan FIF, kamu harus mengetahui berapa kode pembayaran atau kode tagihanmu. Kode inilah yang nantinya harus kamu masukkan setiap kali hendak membayar tagihan.

Tanpa memasukkan kode ini, kamu tidak akan bisa membayar tagihanmu. Maka dari itu, jangan sampai kamu kehilangan kode tersebut.

Jika ternyata hilang, mau tidak mau kamu harus datang langsung ke kantor FIF dan menanyakan terkait kode tagihan atau nomor kontrak tersebut.

Cara Membayar FIF Melalui ATM BRI

Setelah memahami persyaratan untuk membayar tagihan FIF, sekarang waktunya kamu memahami bagaimana cara membayar FIF melalui ATM BRI.

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa cara ini sangat mudah dan cepat. Apalagi kamu bisa menemukan ATM BRI di mana saja sehingga kamu tidak perlu pusing mencari ATM BRI.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi ATM BRI yang ada di tempatmu. Jangan lupa membawa ID tagihan serta kartu ATM. Pastikan juga bahwa saldonya cukup.
  2. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM.
  3. Kamu bisa memilih Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Namun untuk mempermudah transaksi, silakan pilih Bahasa Indonesia.
  4. Sama dengan penggunaan ATM pada umumnya, kamu akan diminta untuk memasukkan PIN ATM. Masukkan dengan hati-hati dan jangan sampai salah input PIN karena jika sampai salah 3 kali, maka ATM-mu akan terblokir.
  5. Di sini kamu akan melihat berbagai pilihan transaksi. Silakan memilih Menu Lainnya.
    Pilih Menu Lainnya - Cara Membayar FIF Melalui ATM BRI
    Pilih Menu Lainnya
  6. Langkah selanjutnya, pilih Pembayaran / Pembelian.
    Pilih Pembayaran Atau Pembelian - Cara Membayar FIF Melalui ATM BRI
    Pilih Pembayaran Atau Pembelian
  7. Kamu juga akan melihat banyaknya jenis Pembayaran / Pembelian. Di sini kamu harus memilih Pembayaran / Pembelian Lainnya.
    Pilih Pembayaran Atau Pembelian Lain - Cara Membayar FIF Melalui ATM BRI
    Pilih Pembayaran Atau Pembelian Lain
  8. Silakan memilih Angsuran.
    Pilih Angsuran - Cara Membayar FIF Melalui ATM BRI
    Pilih Angsuran
  9. Di sinilah kamu akan diminta memasukkan kode FIF. Adapun kode yang harus kamu masukkan adalah 1001. Jika sudah selesai, silakan memilih Tekan Jika Benar.
    Masukkan Kode 1001 - Cara Membayar FIF Melalui ATM BRI
    Masukkan Kode 1001
  10. Langkah berikutnya adalah tahap memasukkan nomor kontrak atau nomor tagihan FIF. Masukkan semua nomor tersebut dengan dan pastikan mengecek semuanya sebelum kamu menekan benar.
  11. Sekarang kamu juga akan dihadapkan oleh detail angsuran seperti jatuh tempo, nomor kontrak, angusuran ke, dan lain-lain. Kamu cek detail angsuran tersebut dan jika sudah benar, tekan YA untuk masuk ke tahap selanjutnya.
  12. Pilih dari rekening tabungan.
  13. Tunggu beberapa saat dan sebentar lagi kamu akan mendapatkan struk pembayaran.

Demikian informasi yang bisa kami berikan. Sebagai tambahan, kamu dapat melakukan pembayaran tagihan FIF tersebut pada semua jenis kartu ATM BRI, BRITAMA, Simpedes, maupun ATM BRI yang lain.

Namun jika kamu membayar tagihan di ATM lain (Link) kemungkinan langkah-langkahnya sedikit berbeda.

Admin Kompiwin
Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-enam. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.