Apa itu HF dan Maksud Jual iPhone Fullset No HF?

Apa Itu HF dan Maksud Jual iPhone Fullset No HF
Apa Itu HF dan Maksud Jual iPhone Fullset No HF

Kalau kalian amati, istilah dalam penjualan jenis HP iPhone terdengar sangat beragam. Pertama dimulai dari jenisnya, contoh seperti iPhone Inter, Refurbished, distributor, replacement, request bahkan ada juga istilah HF. (Baca Juga : Arti iPhone Refurbished, Replacement dan Personalized)

Karena belum banyak yang tahu soal HF dalam istilah jual beli iPhone, di bawah Tim Kompiwin akan menjelaskan mengenai HF dan maksud jual iPhone fullset no HF.

Pada dasarnya istilah ini merujuk pada kondisi keutuhan dari perangkat HP tersebut, dan HF sendiri merupakan singkatan dari Hands Free. Jadi sudah tahu dong gambarannya Hands Free itu seperti apa? Untuk lebih lengkapnya kita sudah membuat rangkuman pembahasannya di bawah ini.

Pengertian HF di iPhone

Colokkan Handsfree Dengan HP

Jadi menurut pengertiannya, Hands Free adalah sebuah perangkat komunikasi audio yang secara fungsi serta bentuk mirip seperti earphone maupun headset. Namun, Handsfree memiliki ukuran yang lebih kecil agar mudah digunakan dalam kebutuhan komunikasi maupun pendengaran audio lainnya.

Alat pengendara audio ini sudah diperkenalkan di model iPhone sebelumnya, dan bagi konsumen yang membeli iPhone resmi melalui official store, dalam paket dus tersebut sudah termasuk paket hands free dan aksesoris pelengkap lain.

Itulah mengapa perangkat berikut cukup dicari pembeli karena selain membantu komunikasi via alat bantu audio, juga kualitas handsfree bawaan iPhone itu dipercaya cukup bagus.

Karena perannya sebagai alat komunikasi, artinya handsfree bertugas menangkap suara dan hasil tangkapan itu direkam dengan bantuan alat seperti microphone.

Praktis buat pengguna yang sangat sibuk dan tidak sempat memegang HP untuk berkomunikasi, maka alat seperti handsfree ini bisa kalian gunakan dengan mudah.

Cara pakainya seperti earphone pada umumnya, tinggal pengguna kaitkan pada lubang telinga masing-masing, pastikan posisinya pas dan nyaman demi mendapatkan suara yang jelas juga.

Baca Juga:

Sering kali kita mendengar istilah iPhone boba namun gak tahu artinya. Terus apa sebenarnya arti dari iPhone boba? Kami sudah pernah membahasnya di arti iPhone Boba beserta harganya.


Arti Kata Jual iPhone Fullset No HF

Pembelian Dengan Handsfree

Setelah kita tahu apa itu HF dan maksud jual iPhone fullset no HF selanjutnya adalah lanjutan terkait sistem jual barang iPhone yang banyak beredar di pasaran.

Seperti yang sudah kita jelaskan di atas, jenis produk iPhone yang dijual ke publik itu bermacam macam, ada produk asli, produk distributor, produk refurbished, produk asli luar negeri, bahkan tak sedikit juga yang mengaku asli padahal palsu. (Baca Juga: Arti Kode Negara Asal iPhone)

Tips buat kalian sebelum membeli iPhone, pastikan store yang kalian pilih adalah store terpercaya. Lihat track record penjualan dari aktivitas store yang menunjukkan bahwa mereka benar-benar penjual asli bukan tipu tipu.

Lalu pilih produk yang akan kalian beli, jika kalian pilih refurbished pastikan kondisinya bagus dan tidak banyak cacat di bagian fisik. Dan jika memiliki dari distributor, perhatikan garansi yang mereka berikan, sebab ada juga distributor nakal yang tidak mau bertanggung jawab ketika pelanggan klaim garansi.

Dan satu hal lagi jika kalian masih bingung soal caption penjualan “iPhone fullset no HF” adalah pedagang telah menjual HP iPhone dengan kondisi fullset tetapi tidak ada Handsfree. Fullset yang dimaksud seperti aksesoris lain yakni adaptor, kabel charger, kitab-kitab HP dan lain-lain.

Jadi jangan kaget kalau ternyata isi dus iPhone yang kamu beli tidak diberikan HF. Karena mereka menginginkan HF dijual secara terpisah dengan bandrolan harga sesuai permintaan mereka.

Baca Juga:

Ingin tahu berapa ukuran file foto yang tersimpan di HP iPhone kamu? Silahkan ikuti langkah-langkah melihat ukuran file foto di iPhone.


Apa Bedanya Handsfree, Headphone, Earphone dan Headset?

Bentuk Perbedaan Handsfree

Handsfree ini memiliki sistem perangkat yang kompleks, fungsi utamanya jelas sebagai alat bantu pendengar dan komunikasi melalui bantuan microphone sebagai penangkap suara.

Handsfree memiliki semacam tombol pengeras suara, letak tombol ini terkadang di satu bagian kotak kecil di kabel.

Ada beberapa jenis handsfree, ada yang pakai kabel dan ada juga yang menggunakan teknologi wireless. Meski begitu, sistem kabel handsfree iPhone itu dikenal agak aneh, pengguna harus mengkoneksikan terlebih dahulu lewat bluetooth walaupun jenis handsfree kabel.

Jadi bedanya dengan alat bantu dengar lain, yaitu headphone cenderung untuk mendengarkan audio. Jika dipakai untuk komunikasi, penerima pesan hanya bisa berkomunikasi satu arah saja. Sebab ada model headphone yang tidak tersedia mic.

Sedangkan untuk headset dan earphone, hampir sama dengan handsfree hanya saja yang membedakan adalah bentuk dan kualitas mic serta audio masing-masing.


Akhir Kata

Sekarang sudah tahu dong apa itu HF dan maksud jual iPhone fullset no HF? Diharapkan kalian bisa lebih hati-hati dalam memilih jenis iPhone di pasaran, jangan sampai tertipu dengan iming-iming menggiurkan dari si pembeli. 

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.