Masih Hangat
memuat ...

Senin, 05 Juni 2017

Share:

Cara Print Dokumen Word & PDF di Microsoft Word, Foxit Reader, dan Xodo

cara print pdf

Printing bukanlah hal yang asing lagi.

Dalam dunia percetakan, printing adalah hal yang paling utama. Tapi sayangnya, tak sedikit pula orang yang tak tahu apa-apa soal nge-print tugas sekolah, makalah, atau skripsi mereka sendiri.

Mencetak/print di rumah dengan printer milik sendiri serta dengan PC/komputer milik sendiri tak akan memboroskan biaya, ketimbang nge-print di warnet.

Dengan bermodalkan software Microsoft Office, salah satunya Word 2016 (atau 2013, 2010, 2007), kamu bisa mencetak/print dokumen Word atau PDF dengan printer sendiri.

#1 Siapkan Printer & Dokumen Word/PDF yang Hendak Di-print

Satu hal yang pertama, tentunya adalah menyiapkan printer, kertas-kertasnya, serta menyiapkan dokumen Word/PDF yang hendak kamu print.

Nyalakan printer, yang sudah dipastikan tinta printer-nya masih banyak. (Kalau tinta printer (hitam-putih atau berwarna) habis, beli dan inject printer.)

Masukkan kertas-kertas polos HVS dengan ukuran apa pun, yang kamu inginkan.

Tak tahu harus menggunakan ukuran kertas apa? Gunakan saja ukuran kertas A4, yang merupakan ukuran kertas paling populer.

Buka laptop, atau nyalakan komputer. Buka file dokumen Word/PDF yang hendak kamu print di Microsoft Word.

File dokumen PDF kamu diberi password? Hilangkan dulu password-nya.

Microsoft Word bukan hanya mampu mengelola file berformat Word, melainkan pula mampu membuka, mengedit, membuat, dan mencetak/print dokumen PDF. Jadi, kamu tak perlu download dan install software tambahan lain yang merepotkan.

Tapi, tak semua dokumen PDF mampu dibuka dan dibaca oleh Microsoft Word. Serta, tak semua versi Microsoft Word mampu membaca dan membuka file PDF. Kalau kondisinya begini, kamu perlu download aplikasi pembaca PDF terbaik seperti Xodo atau Foxit Reader.

Download Xodo

Download Foxit Reader

Jika tak mau menggunakan aplikasi pembaca PDF semacam Xodo, maka convert dokumen PDF tersebut menjadi dokumen Word.

Pastikan segala isi dokumen Word/PDF tersebut sudah lengkap, rapi, dan siap untuk dicetak/di-print.

Setelah printer menyala, dan file dokumen Word/PDF untuk di-print sudah siap, maka mulailah mencetak/print.

Microsoft Word, Xodo, Foxit Reader, browser semacam Google Chrome, Microsoft Edge, Firefox, memiliki settings printing mereka sendiri. Tapi, fungsi dan tujuannya tetaplah sama. Jadi, jangan khawatir.

#2 Cara Print Word/PDF di Microsoft Word (Print Biasa)

Di Microsoft Word, beberapa settings printing pada umumnya sudah diketahui oleh banyak orang, kamu mungkin salah satunya. Maka, cara print di Microsoft Word tak akan sesulit menggunakan Xodo, Foxit Reader, Chrome, dsb.

Jika dokumen Word/PDF yang hendak dicetak sudah siap, maka langsung buka tab File > Print. Microsoft Word memiliki tampilan yang sederhana, sehingga tak akan sulit memahami caranya.

mencetak pdf

Pada grup settings “Printer”, di sana terdapat nama printer yang kamu gunakan. Jika printer terhubung ke laptop/PC, maka akan tertulis Ready pada nama printer-nya. Sebaliknya, jika tidak terhubung, maka akan tertulis Offline.

mencetak dokumen word

Pada tutorial ini, saya menggunakan Canon iP2700.

Untuk mengubah printer, klik tombol nama printer, dan pilih printer lain yang diinginkan.

print

Di paling atas, terdapat tulisan Copies, yang berarti berapa jumlah salinan dari setiap kertas yang di-print. Contohnya, jika Copies diisi 2, maka keseluruhan kertas akan di-print dikali 2. Bingung? Isi 1 saja.

Sudah siap? Klik Print.

Atau, kalau kamu ingin mengubah ukuran kertas, halaman mana yang di-print, ukuran margin, print berwarna atau hitam-putih, maka lanjut baca lagi.

#3 Print Semua, Print Halaman Tertentu, atau Print Halaman yang Sekarang

Secara default, Print All Pages akan terpilih secara otomatis. Ini berarti semua halaman akan di-print.

Kalau kamu ingin menyeleksi atau mem-print halaman-halaman tertentu sesuai keinginan, tinggal pilih Custom Print, dan isi nomor halaman mana saja yang hendak di-print.

nge-print halaman tertentu

Tak tahu nomor halamannya di mana? Kamu bisa melihat acuannya langsung di bawah. Lihat gambar di bawah.

halaman tertentu

Selain print semua halaman, atau print halaman tertentu, kamu juga bisa langsung print halaman yang sekarang tampak di tab File > Print, tepatnya pada acuan nomor halaman.

Pada acuan itu, pilih halaman dengan mengklik panah kiri dan kanan di sampingnya.

Lalu langsung pilih Print untuk langsung mencetak/print PDF atau dokumen Word.

mencetak dokumen word

Kalau kamu tak ingin langsung mencetak, dan ingin melihat settings printing lainnya, misalnya print secara bolak-balik, atau print secara hitam-putih, maka simak lagi tutorial ini.

#4 Print secara Bolak-Balik seperti Buku, Dua Halaman Satu Kertas

Ingin menghemat jumlah kertas? Kamu bisa melakukan printing dokumen Word/PDF secara bolak-balik untuk setiap kertasnya, seperti layaknya buku.

Masih di tab File > Print. Pada Print One Sided, ganti dan pilih menjadi Print on Both Sides.

print dalam bentuk bolak balik

Print on Both Sides ada dua, yakni Long Edges dan Short Edges. Untuk print dokumen Word/PDF secara bolak-balik seperti buku, pilih Long Edges. Untuk print secara bolak-balik namun seperti notepad, pilih Short Edges.

Jika sudah mantap, dan ingin langsung mencetak, klik Print.

mencetak dokumen word

Atau, masih ingin otak-atik..?

#5 Print Word/PDF secara Hitam-Putih, agar Hemat Tinta

Printing tentunya menyajikan berbagai warna, dan menyajikan pula hitam-putih. Warna hitam-putih ini membuat hasil printing tampak agak aneh, namun sangat menghemat biaya.

Sayangnya, Microsoft Word tidak menyajikan opsi untuk print dalam bentuk hitam-putih, secara langsung. Tapi, setiap manufaktur printer, Canon misalnya, pasti menyajikan aplikasi settings sendiri secara lebih dalam soal printing yang dilakukan printer pabrikannya.

Nah, untuk membuka aplikasi settings printing Canon (atau manufaktur lain), klik Printer Properties yang letaknya di bawah nama printer.

print pdf hitam putih

Pada printer merek Canon, masuk ke tab Main. Lalu pilih Grayscale Printing untuk print secara hitam-putih.

cetak dalam hitam putih tanpa warna

Kamu menggunakan merek printer lain? Tenang, cari opsi atau pilihan yang tak jauh dari kata-kata grayscale, black-white, dan sebagainya. Setiap manufaktur printer, pasti menyajikan opsi khusus untuk proses printing hitam-putih.

Ingin langsung print? Klik tombol besar Print.

mencetak dokumen word

Tapi masih mau lanjut otak-atik? Simak terus!

#6 Cara Mengubah Ukuran Kertas, Margin, Potrait/Lanscape

Ubah ukuran kertas sesuai ukuran kertas yang hendak di-print. Pilih A4, A3, Letter, Legal, atau ukuran-ukuran kertas lainnya.

memilih ukuran kertas untuk di-print

Tak tahu ukuran macam-macam kertas? Lihat di sini!

Ubah pula margin dan orientasinya. Ubah potrait/lanscape-nya.

Ubah seluruh opsi untuk hasil printing yang sesuai harapan.

Ketika semua selesai, maka klik tombol besar Print.

mencetak dokumen word

Setelah itu, proses printing pun dimulai.

printing

Dan, boom! Kamu telah berhasil mencetak/print dokumen Word/PDF sesuai keinginan – menggunakan Microsoft Word.

Tapi, bagaimana caranya mencetak/print dokumen PDF dengan Xodo, Foxit Reader, atau browser seperti Chrome/Firefox/Edge?

#7 Terakhir: Print Dokumen PDF melalui Xodo, Foxit Reader, dan Chrome

Sejumlah aplikasi PDF viewer gratis, seperti Xodo dan Foxit Reader, menyajikan fitur yang cukup lengkap dalam membaca dokumen PDF. Tapi, bagaimana jika kita mem-print langsung dari sana?

Bukan mustahil. Pasti bisa. Caranya pun tak jauh berbeda dengan mencetak melalui Microsoft Word. Termasuk di Chrome, Edge, atau Firefox.

Sebagai contoh, di Xodo, untuk mencetak, klik tombol menu > Print.

xodo pdf reader

Karena Xodo adalah aplikasi UWP (Universal Windows Platform), maka proses printing diatur dalam kotak dialog berikut ini:

xodo

Opsi dan pilihannya pun tetaplah sama. Yang membedakan hanya kata-katanya saja.

Kamu masih bisa print secara bolak-balik, hitam-putih, atau lanscape/potrait dengan Xodo, Foxit Reader, dan browser seperti Chrome.

Foxit Reader sendiri memiliki tampilan yang lebih rumit, namun fiturnya jauh lebih lengkap. Proses printing pun tetaplah seperti proses printing di Microsoft Word.

foxit reader

Begitu pula Google Chrome. Dokumen PDF yang dibaca oleh Chrome juga mampu di-print, dengan opsi dan pilihan yang sudah cukup lengkap.

foxit reader pdf reader

Semua tinggal soal pilihan, mau menggunakan aplikasi/software yang mana. Namun intinya tetaplah satu: proses printing yang mudah, dengan hasil sesuai keinginan.

Bagi saya, Microsoft Word pun sudahlah cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.