Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 02 Juni 2017

Share:

Cara Mengetahui Semua Ukuran Kertas dalam Dunia Percetakan

cara mengetahui macam macam ukuran kertas

Mencetak atau printing sudah bukan hal baru lagi di zaman yang sudah serba canggih ini.

Dunia percetakan meningkat drastis dengan bantuan teknologi modern seperti mesin-mesin printer yang dijual di toko-toko komputer terdekat.

Bukan hanya tugas sekolah, makalah, atau skripsi yang terbantu oleh keberadaan printer, melainkan pula dunia bisnis dan hidup kita secara keseluruhan.

Tugas sekolah, makalah, atau skripsi biasanya menggunakan ukuran kertas 4A. Mungkin 4A yang merupakan ukuran kertas paling populer, namun masih banyak dari kita yang belum mengetahui ukuran kertas lainnya.

Letter atau Legal misalnya. Letter yang merupakan ukuran kertas default di Microsoft Word, ternyata juga merupakan salah satu ukuran kertas yang paling banyak digunakan dalam dunia percetakan di Amerika Serikat.

Sejumlah negara, selain Amerika Serikat, juga memiliki ukuran kertasnya masing-masing yang paling banyak digunakan. Seperti Inggris lama, Kolombia, Jepang, dan Kanada.

Dalam dunia percetakan, ukuran cetak kertas bukan hanya dibedakan berdasarkan negara-negaranya, melainkan pula berdasarkan jenis dan cara pemakaiannya. Seperti koran, kartu nama, dan majalah.

Tapi, dari mana kita bisa tahu semua ukuran kertas itu?

#1 Papersizes.io

cara mengetahui macam macam ukuran kertas

Papersizes.io adalah situs yang berbeda dari situs web biasanya.

Ia menyajikan beragam jenis ukuran cetak kertas dalam dunia percetakan, dari sejumlah negara pemakainya serta dari cara pemakaiannya.

#2 Jenis-Jenis Ukuran Kertas

B0 B1 B2 B3

Tak lupa, Papersizes.io juga menyajikan informasi dengan begitu detail soal ukuran kertas dalam bentuk huruf. Semisal A0, A1, A2, A3, A4, A5, sampai 4A0.

Ukuran cetak keras huruf B dan C juga tak terlewatkan. B0, B1, B2, B3, B4, B5, dan seterusnya, serta C0, C1, C2, C3, C4, C5, dan seterusnya juga tersedia detail informasinya tentang ukuran kertas dalam bentuk inci, sentimeter, dan meter.

Seperti yang saya bilang, Papersizes.io juga menyajikan ukuran kertas yang paling banyak digunakan di Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Inggris lama, dan Kolombia.

ukuran kertas letter legal di microsoft word

Half Letter, Letter, Legal, Junior Legal, Tabloid, ANSI A, ANSI B, ANSI C, Arch A, Arch B, Arch C, dan seterusnya menjadi sedikit contoh dari banyaknya ukuran kertas yang digunakan di Amerika Serikat.

Sebagai ukuran kertas default di Microsoft Word, Letter memiliki ukuran kertas 21.6 x 27.9cm.

Selain Kanada, Kolombia, Jepang, dan Inggris lama, Papersizes.io juga menyajikan informasi detail soal ukuran kertas yang digunakan secara internasional. Seperti DL, C7, C3, C6, B6, dan sebagainya.

dl c7

Dan, Papersizes.io juga menyajikan ukuran kertas yang digunakan berdasarkan kategori atau cara atau tujuan pemakaiannya. Seperti fotografi, koran, RAW, kartu bisnis, dan lainnya, tersedia di situs tersebut.

2r 6r ukuran foto

Jika sobat mencari-cari macam-macam atau jenis-jenis ukuran kertas foto, misalnya 2R, 6R, 11R, DSC, dan lainnya dapat ditemukan di sini.

Untuk mengubah ukuran dalam ukuran kertas, sobat bisa memilih inci, milimeter, sentimeter, dan meter.

daftar ukuran kertas di dunia

Situs ini secara keseluruhan lengkap dan berguna bagi sobat yang hendak mencetak atau print dengan berbagai jenis ukuran kertas yang mungkin belum sobat ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.