Ukuran F4 di Word [+Cara Mengatur Ukuran Kertas]

Ukuran F4 di Word
Ukuran F4 di Word

Zaman sekarang ini sepertinya banyak orang yang memanfaatkan software Microsoft Word untuk menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen.

Eranya sudah mulai bergeser dari dulu orang mengerjakan melalui tulis tangan hingga mesin ketik, sekarang dapat dikerjakan secara digital dan dicetak menggunakan printer.

Mungkin banyak dari kalian yang sering menerima format tugas seperti harus diketik diatas kertas A4 dan ada juga yang diketik menggunakan ukuran kertas F4.

Hal ini akan berpengaruh ketika tugas atau dokumen yang kamu print bakal menyesuaikan ukuran kertas dengan format ukuran yang sudah kamu atur didalam MS Word sebelumnya.

Ketika project yang kamu kerjakan menggunakan ukuran format kertas A4, jadi saat di print kertas yang dipakai juga harus menyesuaikan ukuran A4. Jika tidak hasil print atau tugas kamu akan terlihat aneh karena tulisannya kepotong.

Sebelum kita mempelajari cara mengatur ukuran kertas dari Microsoft Word, mungkin ada baiknya kalau kamu harus tahu jenis-jenis atau ukuran kertas yang biasa digunakan di Indonesia.

Ukuran Kertas

No.Kertasmmcminchi
1F4216 x 330 mm21,6 x 33,0 cm8,5 x 13 inchi
2A4210 x 297 mm21,0 x 29,7 cm8,3 x 11,7 inchi
3Legal216 x 356 mm21,6 x 35,6 cm8,5 x 14 inchi
4Letter216 x 279 mm21,6 x 27,9 cm8,5 x 11 inchi
5Kuarto216 x 275 mm21,6 x 27,5 cm8,5 x 10,8 inchi
Mau bikin tanda tangan di Word tanpa menggunakan aplikasi sama sekali ? Ikuti tutorial cara membuat tanda tangan di Word tanpa aplikasi.

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word

Selanjutnya kita akan berikan cara atau tutorial mengubah format kertas didalam Microsoft Word, simak langkah-langkah dibawah ini :

  1. Buka Microsoft Word.
  2. Pilih “Page Layout” dibagian menu ribbon.Klik tab Page Layout
  3. Kamu langsung bisa pilih “Size” namun lebih dianjurkan pakai “Dialog Page Setup/More Page Size”, karena pada pilihan “Size” biasanya kurang lengkap.Mengatur Ukuran Kertas di Word
  4. Setelah muncul “Page Setup” kamu bisa langsung mengatur ukuran kertasnya sesuai daftar ukuran yang sudah kita berikan diatas.Page Setup di Word
  5. Jika kamu ingin custom ukuran, maka bisa pilih “Custom Size”.
  6. Biasanya sitem sudah mendeteksi dalam satuan inci, contohnya jika ingin menggunakan format kertas F4 bisa pakai ukuran 8,5 x 13 inci.Memasukkan Ukuran Kertas F4 di Word
  7. Setelah itu tekan “OK”.
  8. Yang perlu diketahui 8,5 x 13 inci yang dimaksud adalah Width x Height.
  9. Selesai.
Gimana cara menambahkan garis kop surat di Word ? Ikuti tutorial lengkap cara membuat garis kop surat di Word.

Sudah tahu kan ukuran kertas F4 untuk Word dan bagaimana cara mengaturnya. Jika kamu masih bingung dengan tutorial diatas. Silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar atau boleh kirim email ke tim Kompiwin ya.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.