Cara Mengembalikan File Belum Tersimpan di WPS Office

Cara Mengembalikan File Belum Tersimpan di WPS Office

Zaman sekarang ini kita sangat membutuhkan peran aplikasi pengolah data maupun dokumen untuk membuat segala bentuk tugas. Selain Microsoft Office yang sudah terkenal lama di dunia perkomputeran, ada lagi aplikasi serupa bernama WPS Office yang gak kalah fungsionalnya dengan aplikasi tersebut.

WPS Office ini bisa dibilang versi kompetitor dari Microsoft Office. Fitur, fungsi dan tampilannya kurang lebih hampir sama, namun kalau kita boleh bilang bahwa WPS jauh lebih praktis dan simpel.

Disana juga tersedia versi Excel dan PowerPoint, sehingga tugas dan peran kalian akan sangat dimudahkan berkat hadirnya WPS Office satu ini. Dan menariknya lagi, mereka tersedia juga versi mobile loh, cocok bagi pengguna yang tidak suka ribet.

Namun terkadang kita suka miss dalam mengolah data lewat aplikasi WPS Office, misalnya lupa menyimpan walaupun dokumen sudah di close, atau device mendadak mati saat kita sedang mengerjakan, bahkan terjadi errorerror kecil yang membuat aplikasi terhenti.

Nah apakah ada cara mengembalikan file belum tersimpan di WPS Office? Mengingat bahwa file data tersebut sangat penting, jadi harus kita selamatkan dengan cara apapun.

Cara Mengembalikan File Belum Tersimpan Di WPS Office

Tenang saja, kalian masih bisa menyelamatkan file tersebut meskipun sudah terhapus. Sebab, sistem WPS Office memiliki semacam program recovery diman saat kondisi tertentu file sebelumnya dicari masih bisa kita kembalikan dengan utuh.

Ada dua metode yang akan kita jelaskan dalam cara mengembalikan file belum tersimpan di WPS Office kali ini.

Untuk pertama, coba kita lakukan recovery file dari versi WPS Office Mobile, dan yang kedua coba kita lakukan pemulihan file tersebut di WPS Office PC.

Selengkapnya langsung saja silahkan ikuti penjelasannya dibawah ini.

1. Cara Recovery File WPS Office di Mobile

File WPS tidak sengaja terhapus atau lupa menyimpan dokumen ke dalam memori bukan lagi masalah yang serius. Khusus versi mobile, kalian bakal mendapatkan akses menu Recycle Bin.

Aplikasi ini yang akan membantu pengguna menemukan kembali semua file terhapus dan merecovery lagi.

  1. Contoh kasusnya misal, buka WPS Office.1 Buka WPS Office Mobile - Cara Mengembalikan File Belum Tersimpan di WPS Office
  2. Disini kamu sedang membuat file dokumen.
  3. Sengaja dan tanpa sengaja, kamu menekan tombol kembali. Lalu memilih konfirmasi penutupan file dengan menekan tombol Buang.2 Tidak Sengaja Close - Cara Mengembalikan File Belum Tersimpan di WPS Office3 Terklik Buang - Cara Mengembalikan File Belum Tersimpan di WPS Office
  4. Untuk mengembalikannya lagi, masuk ke bagian menu awal WPS Office.
  5. Tekan tombol Alat yang ada di menu bagian bawah.4 Klik Tombol Alat - Cara Mengembalikan File Belum Tersimpan di WPS Office
  6. Scroll ke bawah di bagian Pemrosesan Dokumen.
  7. Disini kalian tap bagian menu Recycle Bin5 Klik Recycle Bin - Cara Mengembalikan File Belum Tersimpan di WPS Office
  8. Disana bakal muncul semua file yang sudah pernah kamu hapus sebelumnya.6 Pilih Dokumennya - Cara Mengembalikan File Belum Tersimpan di WPS Office
  9. Tap sekali filenya dan konfirmasi tombol Pulihkan.
  10. Secara otomatis file akan terbuka.

2. Cara Recovery File WPS Office di PC

Tidak sedikit juga yang menggunakan WPS Office di perangkat komputer mereka. Dan terkadang kejadian-kejadian tidak diinginkan juga bisa menimpa seperti file terhapus atau lupa disimpan. 

Di beberapa kasus, cara backup ini dapat dilakukan otomatis setelah kalian membuka aplikasinya kembali. Namun jika tidak, coba ikuti penjelasan dibawah ini.

  1. Buka aplikasi WPS Office, kita contohkan buka Spreadsheet.
  2. Klik tombol Spreadsheet di bagian paling pojok kiri atas.7 Pencet Spreadseet - Cara Mengembalikan File Belum Tersimpan di WPS Office
  3. Lalu klik tombol Backup Management.8 Tap Backup Management - Cara Mengembalikan File Belum Tersimpan di WPS Office
  4. Kemudian disini kamu bisa tap tombol Open Backup Folder.9 Pilih Open File Backup - Cara Mengembalikan File Belum Tersimpan di WPS Office
  5. Nanti akan muncul semua file yang sudah pernah kalian hapus sebelumnya.10 Pilih Filenya - Cara Mengembalikan File Belum Tersimpan di WPS Office
  6. Silahkan double klik untuk membukanya kembali.

Jika kalian tidak sengaja menutup aplikasi WPS ketika sedang mengerjakan file, tentu dokumen tersebut akan hilang.
WPS memberikan pengguna kesempatan saat mereka membuka kembali aplikasi, akan muncul notifikasi “The Software Encountered And Unexpected Error”. Maka kamu diberikan pilihan ingin membuangnya atau menyimpan. Klik saja tombol Menyimpan.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan kita mengenai cara mengembalikan file belum tersimpan di WPS Office. Cara diatas cukup efektif dalam mengembalikan file dokumenmu kembali, namun ada beberapa kondisi yang membuat sistem recovery tidak berjalan baik, seperti file crash, file terkena virus, hingga file corrupt. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang