Masih Hangat
memuat ...

Rabu, 07 Juni 2017

Share:

6 Aplikasi Pembaca PDF Terbaik di Android, Windows 10 dan iPhone

XODO aplikasi pembaca pdf terbaik

Siapa sih yang belum tahu PDF, format ebook yang paling populer di dunia. PDF sebagai format ebook populer mungkin lebih banyak digunakan karena kemudahannya – sobat tak perlu repot-repot membawa banyak buku yang berat – tinggal bawa smartphone, dan langsung enjoy membaca.

#1 Xodo

xodo aplikasi pembaca pdf gratis ringan android

Salah satunya adalah Xodo. Xodo adalah aplikasi pembaca PDF terbaik yang pernah saya gunakan di Windows 10. Xodo juga adalah aplikasi UWP (Universal Windows Platform), yang artinya tersedia di semua perangkat Windows 10. Xodo juga tersedia di Android dan iOS.

Microsoft sendiri punya Microsoft Edge sebagai browser yang juga mampu membaca file atau ebook PDF. Namun Microsoft Edge memiliki fitur yang sangat-sangat sedikit untuk membaca PDF.

XODO aplikasi pembaca pdf terbaik

Google Play Book di Android juga mampu membaca PDF. Fitur-fiturnya hamper lengkap. Namun jika sobat menggunakan Google Play Book sebagai aplikasi pembaca PDF lokal/hasil download, maka fitur-fiturnya terbatasi.

Google Play Book sendiri memang disajikan khusus bagi ebook atau buku yang sobat beli melalui Google Play. Sayangnya, fitur-fiturnya terbatasi bagi ebook PDF yang sobat simpan di smartphone Android.

Dengan Xodo, sobat dapat membaca dan mengedit file PDF atau ebook PDF dengan sangat mudah. Sangat-sangat mudah. Sobat bahkan tak perlu membayar mahal aplikasi ini – karena aplikasi pembaca PDF ini sepenuhnya gratis!

Meski fitur-fitur Xodo sangatlah banyak, Xodo tetaplah ringan untuk digunakan, baik di PC maupun smartphone. Bahkan Xodo masih tetaplah ringan digunakan ketika sobat membaca PDF dengan ratusan halaman di smartphone dengan RAM 512MB.

Tampilan aplikasi Xodo pun sudah menjadi yang paling bagus bagi sebuah aplikasi pembaca PDF yang gratis.

xodo aplikasi pembuat pdf

Xodo memiliki fitur-fitur yang lengkap. Semua fitur-fitur itu disusun dan dirangkai menjadi begitu sederhana, sehingga sobat tak kebingungan menggunakan Xodo untuk membaca ebook PDF.

Ketika membaca file PDF, sobat bisa mengubah cara Xodo menampilkan PDF. Satu halaman, atau dua halaman sekaligus, membaca PDF secara vertikal atau horizontal, warna hitam/putih, rotasi, layar penuh – semua dapat sobat sesuaikan di sini.

xodo pdf reader terbaik

Hal ini membuat Xodo menjadi aplikasi pembaca PDF terbaik karena bukan hanya fitur-fiturnya, tapi juga karena gratis!

Sobat juga dapat membaca banyak ebook PDF bersamaan, dengan tab-tab dari Xodo. Atau langsung pergi ke suatu halaman dengan bantuan thumbnail, tanpa perlu repot-repot scroll ke bawah. Tinggal klik thumbnail halamannya saja.

thumbnail xodo membaca pdf di android

Sobat bahkan dapat mengedit file atau ebook PDF yang sedang sobat baca di Windows 10, Android, dan iOS.

pdf reader gratis

Xodo menyajikan banyak fitur untuk mengedit PDF – dari memberi highlight, menggarisbawahi teks, mencoret, dan sebagainya dapat sobat lakukan dengan Xodo.

membaca pdf

Jika sobat menginstal aplikasi Google Translate, maka sobat juga dapat secara langsung menerjemahkan dokumen PDF dengan mudah. Penerjemah dari Google Translate juga disandingi dengan fitur kamus bawaan dari Xodo.

menerjemahkan dokumen pdf

Sobat bahkan dapat membuat dokumen PDF sendiri, atau ebook PDF sendiri. Baik dari gambar, dokumen lama, atau membuat dokumen PDF baru dengan Xodo. Disertai pula beragam background dan ukuran kertas di sana.

pdf reader terbaik

Semua hal ini membuat Xodo menjadi aplikasi terbaik yang ringan dan gratis untuk Windows 10, Android, dan iPhone/iPad. Tanpa iklan di dalamnya.

Sobat dapat men-download Xodo di Windows 10 PC/Mobile, Android, dan iOS – secara gratis.

Download Xodo untuk Android

Download Xodo untuk Windows 10 PC/Mobile

Download Xodo untuk iOS (iPhone/iPad)

Menggunakan Windows 7, Windows 8, atau Windows 8.1?

Gunakan aplikasi web dari Xodo.

#2 Foxit Reader

foxit reader pembaca pdf di android

Selain Xodo, ada aplikasi lain yang cukup bagus dalam membuka dan membaca dokumen PDF. Namanya Foxit Reader.

Foxit Reader mungkin telah dikenal sebagai aplikasi pembaca PDF yang paling banyak digunakan di PC/laptop. Ternyata Foxit Reader juga meluncurkan aplikasi smartphone-nya di Android dan iOS (iPhone/iPad).

foxit reader

Di Android, Foxit Reader memiliki fitur selayaknya Xodo. Sobat bisa membaca dan mengedit dokumen PDF. Sobat juga bisa memberi anotasi, highlight, underline, strikeout, dan meminta Foxit Reader untuk membacakan kata yang sobat pilih menggunakan mesin text to speech bawaan Android/iPhone.

pembaca pdf

Kalau sobat ingin print, sobat juga bisa mencetak/print dokumen PDF yang dibuka dari Foxit Reader. Hal yang sama pun dapat sobat lakukan di Xodo, dan aplikasi pembaca PDF lainnya.

Tak ada yang berbeda antara Xodo dengan Foxit Reader. Satu-satunya yang membedakan adalah tampilan sederhana namun tetap enak dipandang yang dimiliki Xodo.

Foxit Reader terlalu tampil sederhana, namun kehilangan estetika. Ia tampil seperti aplikasi jadul, warna dan desain yang terlalu mencolok.

Buruknya, meski lebih lengkap di desktop, aplikasi Foxit Reader di desktop juga memiliki tampilan yang kurang enak dipandang. Tapi, kekurangan ini sangatlah sebanding dengan kinerjanya yang sangat ringan di smartphone.

foxit reader pembaca pdf

Tapi bagi sobat yang tetap ingin mencoba Foxit Reader, download saja. Aplikasi pembaca PDF ini tersedia di PC/laptop dan smartphone.

Download Foxit Reader untuk Android

Download Foxit Reader untuk iOS (iPhone/iPad)

Download Foxit Reader untuk Windows PC

#3 Adobe Acrobat Reader

adobe acrobat

Mungkin inilah aplikasi yang paling populer, yang telah dikenal sejak lama dalam membaca dokumen PDF. Tak lain adalah Adobe Acrobat Reader.

Adobe Acrobat Reader juga ikut meluncurkan aplikasi smartphone-nya di Android dan iOS (iPhone/iPad). Di Android, aplikasi ini memiliki fitur yang sama seperti Xodo dan Foxit Reader di smartphone.

Bedanya, Adobe Acrobat Reader menambahkan fitur scan di dalamnya. Kamu bisa men-scan dokumen, papan tulis, dan lainnya untuk dijadikan sebuah dokumen PDF baru.

scan pdf

Secara keseluruhan, Adobe Acrobat Reader cukup bagus. Tampilannya lembut dan enak dipandang.

Buruknya, Adobe Acrobat Reader tak menyajikan fitur anotasi selengkap Xodo – hanya sekedar highlight dan strikethrough. Ia juga tak menyajikan fitur tab, yang membuat saya kerepotan untuk membaca setiap PDF yang saya inginkan secara bergantian.

adobe reader

Lebih buruknya lagi, Adobe Acrobat Reader memasukkan fitur convert PDF ke Word ke dalam fitur premium. Artinya, kita perlu membayar puluhan ribu rupiah hanya untuk mengubah dokumen PDF menjadi Word, yang sebenarnya bisa kita lakukan secara gratis dengan Xodo dan Foxit Reader.

fitur premium

Tapi, bagi sobat yang ingin mencoba Adobe Acrobat Reader, sobat dapat men-download aplikasi pembaca PDF ini di Google Play dan iTunes.

Download Adobe Acrobat Reader untuk Android

Download Adobe Acrobat Reader untuk iOS (iPhone/iPad)

Download Adobe Acrobat Reader untuk PC/Laptop

#4 WPS Office

android

WPS Office adalah aplikasi kantoran layaknya Microsoft Office. Microsoft Office dan WPS Office sama-sama diluncurkan pula di Android dan iOS, namun secara keseluruhan WPS Office menjadi yang terbaik di smartphone.

wps office pdf reader

Itu karena WPS Office tak sepelit Microsoft Office. Di WPS Office, kamu bisa membuka, membaca, mengedit, dan menyimpan dokumen PDF. Fitur konversi antara PDF ke Word juga tersedia di WPS Office – secara gratis.

Mungkin, di dunia PC/laptop, Microsoft Office menjadi yang paling populer. Namun di smartphone, WPS Office sudah dikenal fitur lengkap nan gratisnya, yang membuat WPS Office menjadi aplikasi office yang terbaik.

Tak perlu saya jelaskan banyak-banyak soal aplikasi kantoran ini. Langsung saja download di smartphone/PC sobat.

Download WPS Office untuk Android

Download WPS Office untuk iOS (iPhone/iPad)

Download WPS Office untuk PC/Laptop

#5 Microsoft Word

microsoft word

Sebagai aplikasi kantoran, Microsoft Word juga tersedia di Android dan iOS (iPhone/iPad). Fitur-fitur lengkap dengan UI yang khas sudah dikenal oleh banyak orang.

Dalam membaca PDF, Microsoft Word di smartphone mampu membaca dokumen PDF, dan menyimpan ke dalam bentuk format lain semacam Word. Namun sobat tak bisa menyimpan dokumen Word ke PDF.

Fiturnya memang terbatasi. Namun sobat bisa mendapat pengalaman yang sama ketika mengetik di PC/laptop dengan aplikasi Microsoft Word di smartphone. Tampilan dan fitur sinkronisasi OneDrive juga sangat memudahkan.

Download Microsoft Word untuk Android

Download Microsoft Word untuk iOS (iPhone/iPad)

Download Microsoft Word untuk Windows Phone

Download Microsoft Word untuk PC/Laptop

#6 Google Docs

pdf reader google doc

Google Docs juga merupakan aplikasi kantoran, yang dikembangkan oleh Google. Secara umum Google Docs adalah aplikasi online yang kini juga meluncurkan aplikasi smartphone-nya.

Google Docs di Android, sayangnya, tak mampu membuka dan membaca dokumen PDF. Ia hanya mampu membuat dokumen baru, yang kemudian disimpan dalam format PDF.

Download Google Docs untuk Android

Download Google Docs untuk iOS (iPhone/iPad)

Gunakan Google Docs secara Offline di PC/Laptop

Itulah beberapa aplikasi pembaca PDF terbaik. Sebagian hanya bagus di smartphone Android dan iPhone. Sebagian hanya bagus di PC/laptop. Tapi, bagi saya, Xodo menjadi aplikasi yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.