Masih Hangat
memuat ...

Senin, 29 Mei 2017

Share:

Cara Gampang Menghilangkan Password pada File PDF

menghapus password pada pdf

PDF sebagai format ebook yang paling populer memiliki sejumlah fitur lebih. Sama seperti jenis dokumen lainnya, dokumen berformat PDF dapat diberi password oleh si penulis/pembuat dokumen PDF tersebut.

Biasanya pemberian password pada PDF memiliki alasan keamanan. Takut orang secara umum mengetahui isi dokumen PDF tersebut, karena terlalu penting isinya mungkin.

Ternyata sobat memiliki dokumen PDF ber-password tersebut, dan ingin membukanya, namun tetap tak bisa dibuka. Muncul pesan yang menunjukkan bahwa dokumen PDF terkunci, dan bisa dibuka dengan password.

This document is password protected. Please enter a password.

Pesan tersebut muncul – mengatakan bahwa sobat perlu memasukkan password-nya.

Tapi, bagaimana jika tidak tahu password-nya, namun tetap ingin membuka file PDF tersebut?

Sobat tak perlu khawatir. Ada solusi pasti yang bisa dilakukan untuk membuka dokumen PDF yang terkunci tersebut.

Cara Menghilangkan/Menghapus Password PDF

Ada satu situs online di dunia ini. Salah satu fungsinya adalah menghapus, dan menghilangkan password dari sebuah dokumen berformat PDF yang terkunci. Situs tersebut adalah Smallpdf.com.

Situs ini bukan hanya mampu membuka kunci atau password sebuah dokumen PDF, melainkan pula mampu mengubah format Word menjadi PDF dan sebaliknya. Situs ini punya fitur yang cukup lengkap dalam hal PDF.

Buka situs tersebut, dan langsung klik Choose file untuk memilih file PDF mana yang hendak sobat hilangkan password-nya.

menghilangkan password pdf

Cari, dan temukan file PDF tersebut. Klik Open.

membuka pdf yang terkunci

Tunggu sebentar. Kemudian muncul tulisan yang menyatakan bahwa sobat tak akan melakukan hal-hal yang dianggap ilegal secara hukum, dan bahwa sobat memang punya hak untuk membuka kunci/password dari file PDF tersebut.

buka kunci pdf yang diberi password

Beri centang saja langsung, dan pilih UNLOCK PDF!

Tunggu lagi sebentar.

Upps! Ternyata file atau dokumen PDF yang hendak sobat hilangkan password-nya, tidak mampu terbuka. Proses decoding password semacam ini membutuhkan waktu yang agak lama, dan ternyata dokumen PDF sobat terlalu kuat dienkripsi (untuk diberi password).

password pdf

Kalau sudah begini, maka tak ada pilihan lain selain sobat sendiri yang tahu benar password PDF-nya. Kalau masih tak ingat (atau tak tahu) password-nya, maka ya sudahlah. Ikhlaskan saja.

Tapi kalau sobat ingat password-nya, sobat masih punya kesempatan untuk menghilangkan password PDF tersebut. Sehingga ketika dokumen PDF tersebut dibuka kembali, sobat tak lagi perlu repot-repot memasukkan password.

Ketik password PDF tersebut, dan pilih REALLY UNLOCK.

menghapus password permanen pdf

Kemudian sobat akan diarahkan ke halaman download file dokumen PDF yang baru, tanpa password. Dokumen PDF yang di-download ini dapat dibuka oleh siapa pun dan tak perlu password lagi untuk dibuka.

Akhirnya, sobat telah berhasil menghapus password dari dokumen PDF yang terkunci tersebut. Jika sobat tak tahu password-nya, dan file PDF tersebut gagal di-decode, maka ikhlaskan saja file-nya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.