Masih Hangat
memuat ...

Selasa, 11 Juli 2017

Share:

Cara Mengurangi Size Foto tanpa Mengurangi Kualitas (Kompres Gambar)

kompres gambar

Hidup penuh dengan banyak momen yang bermakna, yang sering kali perlu diabadikan menjadi banyak foto.

Saking banyak momen yang indah, semakin banyak pula foto atau gambar yang tersimpan di SD card handphone. Semakin banyak foto, maka kapasitas penyimpanan akan semakin penuh. Akhirnya, foto baru pun tak bisa lagi disimpan.

Solusi termudah dari masalah ini adalah: kompres gambar.

Kompres gambar adalah usaha untuk mengurangi ukuran atau file size suatu gambar/foto tanpa mengurangi kualitas (juga resolusi) dari gambar atau foto tersebut.

Jadi, dengan kata lain, kompres gambar adalah jalan terbaik untuk menghemat kapasitas SD card atau kartu memori yang sudah semakin penuh dengan ratusan foto selfie yang diambil setiap harinya. Terlebih bagi cewek.

Kompres gambar sangatlah berguna. Tapi, bagaimana cara melakukannya? Bagaimana cara mengompres gambar untuk mempertahankan kualitas gambar dengan ukuran/size file yang jauh lebih kecil?

#1 Cara Kompres Gambar secara Online tanpa Aplikasi

kompres gambar tanpa mengurangi kualitas

Di dunia ini, ada satu layanan/tool berbasis aplikasi web yang dinilai terbaik dalam mengompres gambar, atau mengurangi ukuran tanpa mengurangi kualitas gambar.

Apakah aplikasi web tersebut?

Ia adalah TinyPNG.

TinyPNG adalah salah satu dari situs web terbaik yang menyajikan layanan compression tools untuk gambar berformat PNG.

Dengan TinyPNG, gambar dengan size 500KB bisa dikurangi hingga sekitar 100KB saja.

Developer dari TinyPNG juga meluncurkan TinyJPG yakni alat kompres gambar namun untuk gambar dengan format JPG/JPEG.

Ketika kamu mengompres gambar di TinyPNG, kamu bisa mengurangi file size atau ukuran gambar menjadi kecil hingga 70% dari ukuran aslinya, dan kualitas gambar tetap bagus. Ini sungguh mengagumkan.

Bagusnya lagi, TinyPNG mendukung gambar berformat PNG yang transparan atau tembus pandang, dan bisa kamu kurangi ukuran file-nya. Perbandingan kedua gambar di bawah ini layak menjadi contohnya.

Ukuran gambar berbeda, tapi kualitas tetap sama, dan tidak pecah.

FAQ (Frequently Asked Questions):

Q: Jadi, TinyPNG mendukung format gambar apa saja?

A: TinyPNG untuk saat ini hanya mendukung tiga format gambar, yakni PNG, JPG, dan JPEG.

Q: Bisa mengompres gambar maksimal berapa?

A: Dalam satu kali upload, kamu hanya boleh mengompres 20 gambar sekaligus (dengan size maksimal 5MB per gambar). Kalau ingin lebih dari itu, ya reload lagi saja halamannya, dan upload gambar-gambar lain secara manual.

Mau upload dan kompres lebih dari 20 gambar atau dalam jumlah yang sangat banyak sekaligus? Langganan saja dengan TinyPNG Pro untuk fitur kompresi yang lebih maksimal, dengan fitur analisis kecepatan website yang lebih detail. Mulai $25 per tahun.

Q: Bisa mengompres gambar di hp atau smartphone?

A: Tentu saja bisa. TinyPNG adalah aplikasi berbasis web. Ia dapat digunakan kapan pun, di mana pun, dan dengan device apa pun. Baik itu Android, iPhone, Windows, macOS, PC/laptop – semua bisa.

Tinggal bermodal web browser dan koneksi internet (dengan kuota yang cukup), kamu sudah bisa menggunakan TinyPNG untuk kompres gambar.

Q: Aman nggak untuk kompres gambar PNG dengan animasi?

A: Aman. TinyPNG bukan hanya mampu mengompres gambar PNG yang transparan, melainkan pula mengurangi size dari gambar PNG dengan animasi alias APNG. Firefox, Chrome, dan Safari sudah mendukung APNG, dan tinggal menunggu giliran Microsoft Edge.

Buat kamu yang hendak membuat stiker animasi iMessage (aplikasi chatting bawaan iPhone dengan iOS 10), dan ingin mengurangi ukuran hingga 500KB, kamu bisa melihat contoh-contoh stiker Panda di Github.

Q: Ada plugin untuk Photoshop? Biar bisa kompres secara offline sambil mengedit di Photoshop?

A: Ada. TinyPNG menyajikan plugin Photoshop CC 2017 agar kamu bisa mengompres gambar secara langsung di Photoshop. Sayangnya, plugin Photoshop ini tidaklah gratis. Perlu $50 untuk membelinya.

Selain untuk Photoshop, TinyPNG juga meluncurkan plugin untuk Wordpress. Jadi, buat blogger yang menggunakan platform ini, bisa sekalian kompres gambar dengan plugin TinyPNG.

Q: Gimana cara pakai TinyPNG?

A: Buka situs TinyPNG di browser. Upload gambar yang hendak kamu kurangi ukuran file-nya. Lalu download gambar yang telah dikompres.

#2 Cara Kompres Gambar dengan Aplikasi PC/Laptop

kompres gambar pnggautlet software

Selain TinyPNG, ada layanan lain yang juga mampu mengompres gambar. Bukan dalam bentuk aplikasi web, melainkan langsung dalam bentuk software di komputer. Jadi, kamu bisa mengurangi ukuran gambar secara offline.

Download PNG Gautlet

PNG Gautlet adalah software yang kecil. Kamu bisa menggunakannya dengan mudah. Tinggal buka, masukkan foto, dan klik Compress. Selesai.

Dengan software ini, kamu bisa mengurangi size foto dengan sangat cepat, tanpa batasan jumlah gambar.

Sayangnya, PNG Gautlet hanya mendukung Windows 7, 8, 8.1, serta Windows 10, dan yang pasti, aplikasi ini hanya mendukung gambar PNG. Gambar JPG, GIF, TIFF, dan BMP, akan otomatis diubah (convert) menjadi PNG.

Untuk pengguna Mac, kamu bisa menggunakan ImageOptim. Untuk Linux, gunakan Trimage.

#3 Cara Kompres Foto di Smartphone Android

kompres gambar di android

Android punya sejumlah aplikasi kompres gambar. Salah satu yang terbaik adalah Photo Compress 2.0 – Ad Free.

Download Photo Compress 2.0 – Ad Free.

Cara menggunakan aplikasi ini pun sangatlah mudah. Tinggal install, masukkan gambar, dan kompres. Maka, gambar pun akan dikurangi size file-nya.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengurangi size file sesuai dengan ukuran/patokan yang diinginkan.


Mengompres gambar sangatlah berguna, dan mudah dilakukan. Kamu bisa menggunakan TinyPNG, software PNG Gautlet, ImageOptim di Mac, atau Photo Compress 2.0 di smartphone Android. Di iPhone? Gunakan Mac/PC dengan ImageOptim/PNG Gautlet saja.

Jadi, apa situs atau aplikasi favorit kamu untuk mengompres gambar, tanpa mengurangi kualitas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.