Windows Defender Tidak Bisa Dibuka di Windows 11

Cara Mengatasi Windows Defender Tidak Bisa Dibuka di Windows 11

Windows Defender tidak bisa dibuka terkadang sering terjadi di Windows 11. Persoalan ini sebetulnya bukan suatu perkara yang serius, saat Windows Defender tidak bisa dibuka, status aktivasi aplikasi tersebut sementara tidak aktif bahkan hilang.

Pengguna kemudian diminta untuk mengunjungi Microsoft Store, dengan maksud mengunduh kembali fungsi Windows Defender. Tetapi cara tersebut kurang praktis, kita memiliki langkah-langkah untuk mengatasi Windows Defender tidak muncul dengan mudah dan cepat.

Perantara yang akan digunakan dalam solusi perbaikan berikut yaitu Windows PowerShell. Fitur ini dipercaya dapat mengatasi beberapa persoalan dalam sistem operasi Windows, lewat kode-kode perintah khusus.

Keuntungan dari menggunakan Windows PowerShell juga membiarkan sistem berjalan secara otomatis, baik itu saat mengatasi Windows Defender seperti berikut.

Cara Mengatasi Windows Defender Tidak Bisa Dibuka di Windows 11

1 Windows Defender - Cara Mengatasi Windows Defender Tidak Bisa Dibuka di Windows 11

Ketika kalian menemui kasus Windows Defender tidak bisa dibuka. Padahal ketika ingin melakukan aktivasi Windows 11 kita harus mematikan Windows Defender terlebih dahulu. Jika kita tidak bisa membuka Windows Defender tersebut maka kita tidak bisa mematikannya.

Solusinya sangat mudah, bahkan kita tidak perlu melakukan install ulang Windows 11 tersebut, demi memunculkan fitur Windows Defender.

Cara mengatasinya tinggal gunakan perintah script di PowerShell. Kita akan beri script PowerShell dibawah ini. Setelah itu tinggal kamu copy, kemudian jalankan perintah tersebut secara otomatis.

Selengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

  1. Pencet tombol Start.
  2. Ketikkan PowerShell di kolom pencarian.
  3. Setelah itu jalankan dengan Run as administrator.2 Buka Powershell - Cara Mengatasi Windows Defender Tidak Bisa Dibuka di Windows 11
  4. Kalau jendela PowerShell sudah terbuka, ketikkan saja Get-AppxPackage Microsoft.SecHealthUI -AllUsers | Reset-AppxPackage. Atau Copy Paste ke dalam PowerShell.3 Ketikkan Script - Cara Mengatasi Windows Defender Tidak Bisa Dibuka di Windows 11
  5. Kemudian pencet tombol Enter.
  6. Tunggu sebentar sampai muncul tulisan konfirmasi di bawahnya.
  7. Kalau sudah seperti ini, silang saja jendela PowerShell.4 Silang Seperti Ini - Cara Mengatasi Windows Defender Tidak Bisa Dibuka di Windows 11
  8. Dan coba cek kembali menu Settings, apakah sudah ada Windows Defender atau tidak.
  9. Selesai.

Akhir Kata

Ketika kalian menemukan kasus seperti Windows Defender tidak bisa dibuka di Windows 11, ikuti tutorial cara untuk mengatasinya. Cara diatas sangat efektif, dibanding kalian diminta untuk mengunduh Windows Defender lewat Microsoft Store. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar