Cara Mematikan Windows Defender Windows 11

Cara Mematikan Windows Defender Windows 11 7
Cara Mematikan Antivirus Windows 11

Tanpa aplikasi eksternal, Windows sudah memasangkan program antivirus secara bawaan. Antivirus ini dikenal dengan nama Windows Defender.

Jika kamu merasa kurang begitu sesuai atau ingin mematikan sementara Windows Defender, kita akan berikan cara mematikan antivirus Windows Defender di Windows 11.

Sesuai dengan namanya, Antivirus memiliki peran menjaga komputer milikmu agar terhindar dari gangguan malware atau virus berbahaya.

Dengan adanya fitur ini, pengguna sudah mengambil tindakan preventif agar perangkat aman tidak menunjukkan gejala error atau kerusakan.

Jika kamu ingin menonaktifkan-nya, pertama harus siap terima konsekuensi dalam bentuk ancaman apapun dan harap dengan mengerti resiko yang akan diterima kedepannya.

Sebab tidak ada orang yang mau, kalau PC mereka mengalami masalah atau kerusakan sifatnya merugikan.

Cara Mematikan Antivirus Windows Defender Windows 11

Terkadang mematikan Windows Defender itu perlu dilakukan ketika kita hendak memasang sebuah program atau aplikasi dari luar.

Jika fitur proteksi tersebut masih aktif, maka proses instalasi akan sedikit terhambat sebab sistem mendeteksi ada ancaman dari luar karena memasang aplikasi tidak resmi.

Tetapi ada juga pengguna yang ingin mematikan antivirus secara permanen dan lebih mempercayakan protection pihak ketiga sebagai pelindung perangkat mereka.

Apapun alasannya itu, sebenarnya Windows pun tidak membatasi para pengguna harus selalu mengaktifkan Windows Defender setiap saat. Untuk tutorial mematikan (menonaktifkan) Windows Defender di Windows 11 bisa dilakukan dengan membuka menu Settings (Pengaturan).

Nantinya tinggal kamu buka Settings, cari program bernama Windows Security, lalu matikan Windows Defender.

Tetapi kembali kita ingatkan, segala keputusan terkait mematikan antivirus dalam perangkat PC, bukan merupakan tanggung jawab dari kami jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pahami betul konsekuensinya bila ingin mematikan pengaman virus berikut.

  1. Klik tombol Pencarian.
  2. Kemudian kamu ketik Settings. Jika sudah muncul, silahkan buka program tersebut.Buka Menu Settings
  3. Selanjutnya, arahkan ke bagian Windows Update & Security.Masuk Ke Update And Security
  4. Masuk ke menu tab Windows Security, lalu klik tombol Virus & Threat Protection.Masuk Ke Tab Windows Security Dan Klik Virus And Threat Protection
  5. Tap Virus & Threat Protection, dan klik tulisan Manage Settings.Masuk Ke Tab Virus And Threatment Protection
  6. Matikan tombol On dan posisikan ke Off pada bagian Real-time protection.Ubah Posisinya Menjadi Off
  7. Selesai.
Informasi Tambahan :

Merasa terganggu karena Windows 11 melakukan Update Operating System. Kini kamu bisa mematikan Update otomatis di Windows 11.


Tanya Jawab


Akhir Kata

Demikian adalah pembahasan kita mengenai cara mematikan antivirus Windows Defender milik Windows 11. Semoga tutorial di atas dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Sampai jumpa di tutorial Windows 11 lainnya. Terima kasih ~

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.