Cara Install Windows 11

Cara Install Windows 11 4
Cara Install Windows 11

Ketika artikel ini ditulis, Microsoft belum merilis secara resmi versi Windows 11 ke publik. Kabarnya OS generasi baru tersebut infonya akan di launch pada tanggal 24 Juni 2021.

Tetapi bagi yang sudah penasaran ingin menjajal Windows 11, tenang saja di internet sudah tersedia banyak file ISO pre launch yang bisa kamu unduh dan install di PC masing-masing.

Untuk yang kesulitan cara install Windows 11, di bawah Tim Kompiwin telah sediakan tipsnya.

Menginstall sistem operating Windows itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Terkadang ada perangkat yang telah memenuhi kriteria dan support pembaruan sistem anyar, sehingga proses jalannya penginstalan jauh lebih mudah.

Dan sebaliknya, ada device yang belum support kriteria spesifikasi sistem operasi tertentu sehingga selama jalannya pemasangan akan menemui kendala-kendala bahkan berpeluang gagal.

Masalahnya adalah, tidak semua orang notice kebijakan kriteria pemasangan Windows di sebuah perangkat, sehingga mereka bingung apa yang harus dilakukan.

Cara Install Windows 11

Cara install Windows 11 itu dapat diterapkan dengan beberapa hal, jika pemasangan dilakukan ketika pre launch, mau tidak mau pengguna harus mendownload file ISO sebagai perantara proses instalasi Windows 11.

Lalu yang kedua bagi user yang sedang menggunakan Windows 10, dan menunggu tahap launching.

Microsoft akan memberikan akses gratis dalam bentuk update sistem pada jadwal yang sudah ditentukan. Yang digadang-gadang nilai Benchmark Windows 11 lebih tinggi dibanding versi pendahulunya.

Sebenarnya lebih praktis cara install Windows 11 yang kedua, sebab kalian tinggal koneksikan perangkat ke internet, tunggu proses pengambilan data selesai, kemudian yang terakhir tinggal update sistem secara otomatis.


Hal Yang Disiapkan Sebelum Install Windows 11

  1. Download terlebih dahulu file ISO Windows 11, kita sudah berikan linknya di atas, karena ada beberapa link ISO yang sudah mati dan tidak bisa diakses.
  2. Download juga file ISO Windows 10, karena pada kasus tertentu bermodalkan ISO Windows 11 saja sering muncul notifikasi di tengah jalan.
  3. Kemudian download aplikasi bernama Rufus, kita nantinya membutuhkan aplikasi ini untuk memasukkan file ISO kedalam Flashdisk atau bisa disebut dengan tbootable.
  4. Dan berikutnya adalah siapkan Flashdisk kosong. Usahakan pakai flashdisk berukuran minimal 8GB, kalau bisa lebih dari itu.

Buat Bootable Di Flashdisk

Langkah pertama, kalian harus download terlebih dahulu aplikasi Rufus, karena lewat apps tersebut nantinya kita akan bikin bootable yang difungsikan untuk media pemasangan Windows 11.

Sebelumnya pastikan ISO Windows 11 dan Windows 10 sudah ready, kalau semuanya sudah langsung ikuti langkah berikut :

  1. Tancapkan flashdisk ke PC.
  2. Buka aplikasi Rufus.Jalankan Aplikasi Rufus
  3. Setelah terbuka, kamu bisa lihat flasdiskmu sudah terhubung apa belum di kotak Device. Selanjutnya ketuk tombol Select.Pilih Driver Flashdiskmu Ketuk Selct Untuk Milih File ISO
  4. Silahkan kamu cari file ISO Windows 11 dalam penyimpanan folder.
  5. Sesuaikan Partition Scheme hardisk, untuk melihat jenis partisinya silahkan klik kanan This PC ➜ Manage ➜ Disk Management ➜ silahkan pilih hardisk mana yang kalian ingin install, misalnya disk C, silahkan klik kanan ➜ Properties.  Jika sudah keluar jendela kecil arahkan ke menu tab Volume, disana bakal muncul partition style-nya.Pilih Partition Dari Hardiskmu Lihat Partisi Hardisk Disini
  6. Selanjutnya pilih Start, dan konfirmasi OK.Ketuk Tombol Start
  7. Tunggu sampai selesai.

File ISO Windows 10

Biasanya step diatas sudah langsung bisa untuk eksekusi install Windows 11. Namun, karena Windows 11 versi Pre-Activated ini masih banyak bug dan jaringan yang kurang sempurna, jadi pengguna harus membutuhkan file ISO Windows 10 untuk memperlancar pemasangan.

  1. Klik kanan file ISO Windows 10.
  2. Kemudian arahkan ke Open With ➜ Windows Explorer. Klik Kanan ISO Windows 10 dan Pilih Open With
  3. Lalu masuk ke folder x64 ➜ Sources.Buka Folder x64 Masuk Ke Folder Sources
  4. Saat sudah ada di folder source, tap shortcut CTRL + A untuk seleksi semua.
  5. Scroll kebawah, uncheck seleksi untuk file bernama esd. Caranya tahan CTRL dan tap file install.esd.Seleksi Semua File Kecuali Install
  6. Klik kanan, lalu Copy semua file.
  7. Setelah itu masuk ke flashdisk.
  8. Buka file bernama sources.Buka Flashdisk Lalu Masuk Ke Folder Sources
  9. Paste semua file didalamnya.
  10. Jika muncul keterangan Replace or Skip File, kamu bisa tap Replace.

Proses Install Windows 11

Selanjutnya kita masuk ke cara install Windows 11 bagian inti. Yang perlu diingat flashdisk harus tetap terhubung, dan kamu bisa mulai dengan merestart PC.

Ketika booting atau layar mulai hitam, tekan tombol F2 atau delete sampai muncul ke tampilan BIOS.

Biasanya beda jenis laptop beda juga tombol masuk ke BIOS.

  1. Ketika booting tekan tombol F2.
  2. Arahkan ke Advance Mode.Silahkan Masuk Ke Advance Mode
  3. Selanjutnya klik menu Boot.Fitur Anti Hapus Pesan
  4. Tap Enter bagian Boot Options 1, lalu pilih UFEE SanDisk (flashdisk), Partition 1.Enter Boot Option 1 Dan Ubah Menjadi UEFE SanDisk
  5. Tap Enter bagian Boot Option 2, pilih memori hardisk yang ingin diinstall.Enter Boot Options 2 Dan Pilih Hardisk Yang Ingin Diinstal
  6. Pencet F10 untuk menyimpan konfigurasi, tekan Yes.Pencet F10 Lalu Klik Yes

Kalian jangan kaget, melihat tampilan BIOS berikut, karena setiap sistem PC punya tampilan yang berbeda-beda, tetapi langkah navigasinya tetap sama kok.

  1. Mulailah masuk ke tampilan Install Windows 11, silahkan pilih Bahasa untuk Time and currency format ubah menjadi Indonesia, sedangkan Language to install biarkan saja bahasa English, dan untuk Keyboard or input method biarkan US. Lalu klik Next.Pilih Bahasa
  2. Selanjutnya kalian tap tombol Install Now.Tap Install Now
  3. Nanti akan muncul jendela input product key,karena disini kita belum punya kode maka ketuk tombol Don’t have a product key. Atau jika kamu punya, masukkan saja.Pencet I Dont Have Product Key Jika Tidak Punya
  4. Pilih jenis Windows 11 yang ingin kalian install. Tap salah satu dan klik Next.Pilih Versi Windows Lalu Next
  5. Selanjutnya centang I accept license terms, dan klik Next.
  6. Ketuk kotak Custom Install Windows Only.Pencet I Dont Have Product Key Jika Tidak Punya
  7. Selanjutnya pilih partisi mana yang ingin kalian install, pilih Partisi kedua sesuai hardisk yang kita pilih di BIOS tadi. Tap Format, kemudian OK.Pilih Hardisk Lalu Format
  8. Setelah proses format selesai, kita tinggal pilih Next.
  9. Disini kalian tinggal tunggu proses install Windows 11, proses install makin cepat jika kamu menggunakan penyimpanan SSD.
  10. Jika sudah selesai, tinggal Restart PC.
  11. Terakhir kalian tinggal menyelesaikan registrasi awal sebagai pendatang baru Windows 11.Terakhir Tinggal Registrasikan Windows 11
  12. Selesai.
Langkah selanjutnya :

Jika sudah selesai melalui installasi Windows 11. Sekarang harus kamu aktivasi terlebih dahulu.
Untuk tutorial selengkapnya ada di cara aktivasi Windows 11.


Akhir Kata

Sebenarnya masih cara install Windows 11 lain selain diatas. Seperti menjalankan navigasi proses pemasangan aplikasi dengan cara menekan tombol setup, dan sistem akan membawa ke proses pemasangan secara otomatis.

Tetapi tidak semuanya berjalan efektif, namanya juga produk prelaunch, pasti masih ada bug serta kegagalan sistem sejenisnya. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.