Cara Share Screen Google Meet

Cara Share Screen Google Meet 1
Cara Share Screen Google Meet

Di masa pandemi seperti saat ini, untuk menunjang segala kegiatan agar tetap produktif yaitu dapat menggunakan media perantara seperti pertemuan online atau video conference.

Beruntung di era yang serba canggih ini hampir semua kegiatan yang berhubungan dengan dunia digital dapat diakses dengan mudah.

Sehingga pengguna diluar sana tidak perlu khawatir, sebab sudah banyak developer yang memberikan layanan pertemuan online menggunakan media audio video visual. Dan salah satunya yang bisa kamu gunakan adalah Google Meet.

Pada artikel sebelumnya, kita juga pernah membahas aplikasi ini tetapi tentang cara menghubungkan OBS dengan Google Meet.

Google Meet merupakan salah satu aplikasi yang dirancang untuk menunjang segala kemudahan dalam kegiatan pertemuan online. Sehingga ketika personal sedang mempresentasikan hasil kerja atau bahan materi dapat dengan gampang tersalurkan kepada peserta lainnya.

Fitur yang sangat membantu dalam proses presentasi di dalam Google Meet adalah fitur Share Screen. Dengan adanya tools ini, pengguna bisa berbagi tampilan layar entah itu hasil visualisasi sebuah aplikasi mirroring atau berbagi fitur ekstra seperti papan tulis untuk media coretan atau penggambaran sementara.

Disini kita akan menyediakan panduan cara share screen Google Meet, siapa tahu masih banyak pengguna diluar sana yang belum mengerti jeroan fitur dari Google Meet ini.

Cara Share Screen Google Meet

Sesuai dengan namanya, Google Meet merupakan aplikasi yang masih satu perusahaan dengan Google.

Pertama kali diluncurkan aplikasi ini hanya menyediakan layanan berupa komunikasi hangout dan chat, hingga akhirnya Google memberikan advantage lain berupa media komunikasi video dengan beragam pilihan.

Keunggulan dari aplikasi video conference ini adalah dapat menampung banyak audience dalam sekali pertemuan online yaitu mencapai 250 peserta. Kemudian pengguna bisa membagikannya secara stream kepada 100 ribu penonton.

Sesuai dengan pembahasan, sistem share di dalam Google Meet sangat beragam, untuk menunjang aktivitas dalam kebutuhan presentasi kamu dapat mengandalkan fitur bernama Share Screen.

Cara mengaplikasikannya bisa dengan dua metode, yang pertama dapat diakses menggunakan komputer/laptop dan yang kedua bisa juga lewat smartphone baik itu Android atau iOS.

1. Cara Share Screen Google Meet Menggunakan Laptop

Banyak orang yang memilih menggunakan device seperti laptop ini dalam melakukan presentasi online, mereka beralasan dengan mengandalkan laptop, pengoperasian seperti penyampaian materi atau bahan jadi lebih fleksibel.

Apalagi kalau sudah pakai aplikasi PowerPoint. Berikut cara share screen Google Meet di Laptop.

  1. Silahkan buka situs Google Meet.
  2. Pastikan kamu sudah login menggunakan akun Gmail.
  3. Pada tampilan awal situs Google Meet, silahkan tekan Join Now.Buka Google Meet Lalu Tekan Join Now
  4. Jika sudah kamu akan masuk ke tampilan Google Meet video beserta visual dari kamera laptop kamu.
  5. Sebelum share screen, kita buka beberapa materi di aplikasi yang ingin dipresentasikan nanti, misalnya materi ada di PowerPoint, silahkan buka terlebih dahulu.Buka atau Siapkan Materi Presentasi
  6. Jika sudah masuk lagi ke Google Meetnya, untuk memulai share screen. Disini tools untuk membagikan layar bernama Present now, silahkan kamu ketuk tombol yang ada di pojok kanan bawah.
  7. Nanti akan muncul beberapa pilihan, jika kamu pilih Your entire screen maka layar yang akan dibagikan akan mencakup seluruhnya, bisa dibilang apa yang kamu buka di laptop kamu akan muncul di layar audience. Kemudian A window hanya menampilkan beberapa aplikasi saja, seperti yang akan kita gunakan nanti. Sedangkan terakhir A Chrome tab akan memunculkan jendela Chrome saja.Tekan Present Now dan Pilih A Window
  8. Silahkan pilih A window kemudian ketuk salah satu aplikasi yang ingin kamu sampaikan bahan materinya.Pilih Jendela Aplikasi Yang Sudah Disiapkan
  9. Secara otomatis layar akan tampil di semua audience.
  10. Untuk menghentikan bisa tekan Stop Sharing.
Sudah bikin Google Classroom tapi lupa kode untuk joinnya ? Simak cara mengetahui kode kelas Google Classroom.

2. Cara Share Screen Google Meet Lewat HP

Selanjutnya cara presentasi di Google Meet dapat dilakukan juga menggunakan ponsel. Kurang lebih metodenya hampir sama seperti diatas.

  1. Buka aplikasi Google Meet.
    Android:
    Google Meet
    Google Meet
    Developer: Google LLC
    Price: Free
    iOS:
    β€ŽGoogle Meet
    β€ŽGoogle Meet
    Developer: Google LLC
    Price: Free
  2. Pastikan sudah login menggunakan akun Gmail kamu.
  3. Kemudian tekan tombol New Meeting untuk memulai.Buka Aplikasi Google Meet Di HP
  4. Siapkan terlebih dahulu bahan presentasinya, bisa dengan membuka aplikasi seperti office Word atau PowerPoint.
  5. Selanjutnya kita mulai share screen dengan menekan tombol titik tiga di bagian pojok kanan atas.Tekan Tombol Titik Tiga
  6. Tekan bagian Present screen.Pilih Presentasi Sekarang
  7. Jika muncul jendela konfirmasi, silahkan tekan saja bagian Start Presenting.Ketuk Mulai Sekarang Untuk Konfirmasi
  8. Secara otomatis layar akan muncul di tampilan para audiens untuk presentasi.
  9. Silahkan tekan tombol recent app untuk membuka aplikasi yang ingin kamu presentasikan.
  10. Untuk mengakhirinya bisa kembali ke aplikasi dan tekan Stop presenting.
Baru pertama menggunakan gmail dan mau kirim tugas ? Ikuti cara mengirim tugas melalui e-mail gmail.

Akhir Kata

Perhatikan, ketika kamu melakukan share screen ini harap batasi mana kebutuhan publik atau privasi yang hanya dapat dikonsumsi secara pribadi.

Karena hal ini ditunjukkan juga untuk menghindari kebocoran data internal. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.