Gadget

Cara Recovery Data Memori Internal Pada HP Samsung

Pinterest LinkedIn Tumblr

Terkadang kita sangat selektif dalam memilih data-data yang tersimpan di memori smartphone kita. Karena menurut admin, ponsel pribadi merupakan kehidupan kedua bagi sebagian besar manusia, itu artinya sangat mungkin jika data yang ada di dalam smartphone sifatnya sangat rahasia, privasi dan penting.

Seiring banyaknya bermunculan jenis smartphone yang di pasaran, ada juga model yang banyak tersebar di pasaran yaitu smartphone jenis hybrid. Artinya mereka menyediakan dua buah sloth kartu perdana, tetapi salah satu sloth tersebut dapat diisi dengan kartu SIM atau memori eksternal. Jadi jika pengguna memilih untuk mengisi sloth dengan kartu perdana konsekuensinya adalah akan hanya ada 1 perdana yang aktif dan 1 memori eksternal.

Namun jika sebaliknya, mereka hanya memiliki satu buah penyimpanan saja yakni penyimpanan internal. Nah bagi pengguna yang menggantungkan memori penyimpanan internal, sebenarnya mereka tidak bisa berharap banyak soal kapasitas ruang didalamnya.

Karena jika kita menyimpan suatu file di dalam HP, maka secara otomatis sistem akan mengalihkan penyimpanan ke memori internal, dan kekurangannya adalah ruang memori internal ini sangat terbatas belum lagi terpangkas data dari sistem HP.

Kekurangan lainnya yaitu kita jadi tidak bisa mencadangkan semua file yang ada didalamnya lewat memori eksternal, jika suatu saat terjadi file corrupt atau hilang, pengguna harus memutar akal supaya file-file penting yang ada didalamnya bisa recovery atau pulih kembali.

Tenang saja, sesuai dengan pembahasan kita kali ini, berikut akan kami sajikan cara recovery data memori internal pada HP Samsung, agar file-file lama yang ada di dalam HP kamu bisa terselamatkan kembali.

Cara Recovery Data Memori Internal Pada HP Samsung

Untuk melakukan recovery data dari memori internal, kamu perlu menggunakan bantuan software profesional untuk memulihkan datanya. Ada banyak developer data recovery perangkat lunak yang menyebutkan bahwa mereka bisa membantu memulihkan data dari perangkat Samsung.

Sayang rata-rata software tersebut hanya bisa melakukan recovery memori eksternal bukan internal. Disini kita akan pakai dan sarankan software untuk recovery data memori internal menggunakan aplikasi bernama Dr.Fone.

  1. Silahkan download dulu software Dr. Fine (Klik Disini) di laptop kamu.Website Download Software
  2. Selanjutnya install dan ikuti langkah-langkahnya.Ketuk Untuk Proses Install
  3. Setelah sampai langkah akhir instalasi, silahkan klik Start Now untuk membuka aplikasinya.Klik Start Now Untuk Memulai Aplikasi
  4. Ada beberapa menu di sana, untuk memulihkan data memori internal kamu bisa pilih kotak Recovery.Ketuk Kotak Recovery File
  5. Ikuti perintah untuk menyambungkan device HP ke perangkat laptop menggunakan kabel USB.Menunggu Koneksi Antar Device
  6. Tunggu sampai sistem memuat koneksi antara kedua device.Device HP Telah Terhubung Ke Laptop
  7. Di Bagian menu tab kiri, tersedia jenis file yang ingin kamu backup, seperti memori internal, sampai file yang sudah rusak, silahkan pilih salah satu.Silahkan Pilih Menu Di Tab Kiri
  8. Pilih beberapa file, bisa melakukan manual centang satu persatu atau langsung menekan tombol select all.Centang Select All Untuk Memilih Semua File Centang dan Pilih Beberapa File
  9. Tekan tombol Next untuk berikutnya.Tekan Tombol Next Untuk Step Berikutnya
  10. Tunggu proses scan sampai selesai.Menunggu Hasil Scan
  11. Tekan tombol Next.Tekan Tombol Next Untuk Konfirmasi
  12. Tunggu proses scan sekali lagi.
  13. Centang file inti dan pilih ingin recovery langsung ke HP atau ke komputer.Tombol Recovery To Device atau Laptop
  14. Selesai.

Akhir Kata

Sekarang jangan takut lagi file-file penting yang ada di memori internal kamu hilang, karena kamu sudah bisa melakukan cara recovery khususnya di HP Samsung seperti yang sudah kita tuliskan di atas. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar