Cara Privasi Nomor Telegram

Cara Privasi Nomor Telegram 10
Cara Privasi Nomor Telegram

Pesatnya perkembangan dunia digital saat ini telah berhasil memunculkan ragam jenis platform media komunikasi yang memudahkan interaksi antar manusia.

[toc]

Coba deh kamu amati, banyak banget layanan aplikasi messenger yang tersedia di Google Playstore, semua layanan tersebut bahkan bisa kamu download dan pasang secara gratis. Sekarang tinggal pandai-pandainya user buat milih salah satu yang memiliki nilai fungsional dan fitur privasi tingkat tinggi.

Ngomongin soal privasi, Telegram termasuk platform chat yang punya keamanan privasi cukup baik. Disini kamu bisa mengaktifkan tools seperti menyembunyikan nomor telepon dari orang lain.

Bagi yang penasaran, dibawah akan kita sediakan rangkuman khusus untuk cara privasi nomor Telegram agar informasi akun kamu tetap aman.

Aplikasi Telegram

Soal keamanan privasi, banyak user lama WhatsApp yang kemarin diresahkan dengan kemunculan kebijakan baru dimana hal ini membuat mereka merasa sangat dirugikan.

Intinya dari kebijakan tersebut, keamanan privasi baik dari informasi akun bahkan sampai informasi device usernya masing-masing akan ditarik pusat buat keperluan database.

Termasuk seperti informasi tentang HP, internal HP layaknya seri perangkat, status signal, status baterai, dan masih banyak lainnya bakal disimpan datanya ke pusat.

Dan ada satu point dimana para pengguna akun bisnis bisa membaca isi percakapan dalam history chat oleh orang lain pengguna akun bisnis yang sama.

Nah karena banyak menuai protes, akhirnya muncul gerakan migrasi serentak peralihan dari akun WA ke akun platform lain, termasuk salah satu adalah Telegram.

Sebelum kita mengupas lebih dalam soal cara privasi nomor Telegram, lebih baik kalau kita buka dengan perkenalan informasi dan potensi tentang aplikasi ini.

Technically pengoperasian di dalam aplikasi Telegram itu hampir sama dengan WhatsApp, platform telah menyediakan layanan pesan dalam bentuk teks hingga jenis pesan multimedia contohnya kaya mengirim foto, video, gambar, audio dan file.

Model chat dalam Telegram pakai metode end-to-end, sehingga keamanan histori dalam akun kamu akan tetap aman dari jangkauan orang lain.

Kemudian aplikasi ini termasuk platform chatting terbaik, didalam kamu tidak akan menemukan billboard iklan, lalu pengoperasian sistem internal tidak memakan ruang banyak sehingga cenderung cepat dan ringan, lalu yang terakhir dapat diunduh secara gratis di layanan Google Playstore.

Telegram memang sangat cocok sebagai alternatif untuk akun chat lain, dan satu fitur yang admin paling sudah disini adalah teknologi bot untuk merespon segala bentuk perintah dari user.

Dalam menggunakan bot, pengguna hanya perlu mengetikkan username bot didalam kotak pencarian, setelah itu tinggal gunakan lewat tombol navigasi yang sudah tersedia disana. Ada jenis bot yang khusus buat edukasi juga loh, jadi selain berfungsi sebagai platform messenger, Telegram juga bisa menjadi alat media edukasi.

Selebihnya sama seperti aplikasi chat lain, kamu dapat melakukan panggilan video, panggilan suara, mengirim voice note, membuat grup dan masih banyak lainnya.

Mau nonton film terbaru ? Kamu bisa join ke channel download film di Telegram ini.

Cara Privasi Nomor Telegram

Membatasi informasi akun bisa dilakukan dengan cara privasi nomor Telegram. Pengguna nantinya dapat menyembunyikan nomor HP yang didaftarkan dalam akun, supaya tidak di ketahui oleh orang lain apalagi orang asing.

Id utama akun Telegram itu memang lewat nomor telepon, jika diantara kedua belah pihak saling simpan kontak, dan masing-masing nomor terdaftar di akun Telegram, maka secara otomatis kontak teman kamu akan masuk kedalam Telegram.

Apalagi bagi pengguna yang baru install atau memasang Telegram, sistem aplikasi ini cukup unik sebab kontak tersebut bakal secara tiba-tiba muncul di menu history chat sebagai bentuk sambutan selamat datang pengguna baru di kontak Telegram.

Untuk menyembunyikan nomor Telegram, caranya cukup mudah, pengguna perlu atur perubahan dan pengaturan di dalam menu Settings, jika telah berhasil nomor tidak akan muncul lagi.

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Tekan icon menu yang bentuknya seperti garis tumpuk tiga di pojok kanan atas.Tekan Menu Tambahan Di Pojok Kiri Atas
  3. Lalu pencet menu Pengaturan.Selanjutnya Pencet Tombol Pengaturan
  4. Selanjutnya kamu dapat buka tombol Privasi dan Keamanan.Selanjutnya Buka Menu Privasi Dan Keamanan
  5. Pada tampilan ini langsung keluar pengaturan menyembunyikan nomor lewat tools bernama Nomor Telepon.Lalu Tekan Nomor Telepon
  6. Setelah terbuka kamu dapat ubah settingan menjadi Tidak ada.
  7. Nanti akan disusul pengaturan Siapa yang dapat menemukan saya via nomor centang saja bagian Kontak Saya.Tandai Tidak Ada Dan Kontak Saya, Setelah Itu Centang
  8. Tap pada icon centang dan kembali ke menu awal maka settingan sudah berhasil diterapkan.
  9. Selamat mencoba.
Signal merupakan salah satu alternatif untuk aplikasi messenger. Bingung belum pernah menggunakannya ? Simak panduan lengkap cara menggunakan signal.

Akhir Kata

Meningkatkan batasan privasi dalam akun Telegram itu bisa dengan mengikuti metode cara privasi nomor Telegram diatas. Silahkan pakai mode tersebut kalau kamu tidak ingin nomormu dilihat dan diketahui oleh banyak orang. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.