Cara Mengatasi Lupa Password Windows 11

Cara Mengatasi Lupa Password Windows 11 7
Cara Mengatasi Lupa Password Windows 11

Lupa password termasuk salah satu hal yang lumrah bahkan sudah jadi kebiasaan banyak orang disaat mereka login ke sebuah akses pengamanan privasi.

Dan jika kamu lupa password login laptop atau komputer kamu, dibawah kita sudah sediakan cara mengatasi lupas password Windows 11, silahkan simak pembahasan sampai akhir.

Namun sebelum itu, yang jadi concern pertanyaan utama adalah bagaimana kita mengatasi lupa password sedangkan kita sendiri tidak bisa masuk sebab Windows dalam keadaan terkunci.

Cara Mengatasi Lupa Password Windows 11

Sebagai standar fitur safety sebuah perangkat elektronik, khususnya seperti laptop atau komputer yang memiliki penyimpanan internal bersifat privasi ini…perlu dilindungi dengan pengaman password tertentu supaya tidak sembarang orang bisa membukanya.

Kunci password seperti ini tidak hanya ditemui di perangkat komputer saja, namun device krusial lain seperti smartphone pun harus diproteksi dengan pengaman ganda.

Yang kita khawatirkan jika file data internal bisa dijangkau secara publik adalah, peratama rahasiamu akan mudah terbongkar di hadapan banyak orang, bahkan pelaku niat jahat bisa mengancam korban dengan bekal privasi tersebut lalu melakukan tindak kejahatan kriminal seperti pemerasan .

Kemudian data penting seperti identitas kartu ATM atau credit card bisa dengan mudah diambil alih orang lain kalau informasi tersebut sampai bocor.

Terakhir informasi data pribadi kamu bisa dengan mudah disalahgunakan kalau sampai jatuh di tangan orang gak bertanggung jawab.

Jadi jangan anggap remeh sistem proteksi sebuah perangkat komputer, setidaknya langkah tersebut bisa jadi tindakan preventif atas serangan hacker atau mafia pembobolan kejahatan cybercrime dan sejenisnya.

Kembali ke cara mengatasi lupa password Windows 11, metode ini sebenarnya kurang lebih sama dengan Windows 10 karena kebanyakan sistem program kedua Operating System tersebut hampir mirip-mirip.

Nah opsi pemecahan masalah kali ini ada 2, kalian bisa pilih salah satu untuk bisa kembali masuk ke tampilan desktop komputer, berikut ulasannya.

Cara 1 : Mengatasi Lupa Password Windows 11 (Password Hint)

Password Hint akan muncul ketika kamu beberapa kali salah memasukkan kombinasi password di kolom kotan sign in.

Nantinya tulisan Password Hint akan muncul di bawahnya, silahkan manfaatkan tools tersebut untuk mengetahui password yang lupa.

  1. Pertama hidupkan perangkat komputer.
  2. Setelah berada di tampilan sign in password, klik tombol panah yang ada di kolom kotak password. Atau akan muncul ketika pengguna salah memasukkan password beberapa kali.
  3. Di Bawah kolom password akan muncul kisi-kisi kata rahasia (password hint) yang kamu buat untuk pengaman perangkat ini.Password Hint Akan Keluar Dibawah
  4. Silahkan ingat-ingat lagi password mengacu kisi-kisi bocoran yang sudah Windows berikan. Misalnya hint yang keluar adalah “Born Date”, itu adalah petunjuk kalau password mu yakni tanggal lahirmu.

Password Hint ini pengguna sendiri yang buat, jadi kamu bisa atur kata petunjuk yang sifatnya masih rahasia dan hanya kamu saja yang bisa nebak.

Artike Menarik :

Terganggu dengan Windows 11 yang tiba-tiba update ? Begini tutorial mematikan update otomatis Windows 11.


Cara 2 : Mengubah Ease Of Acces Menjadi Command Prompt

Kebanyakan opsi mengatasi password Windows 11 yang lupa itu suka dengan cara reset ulang. Metode tersebut memang efektif, tetapi tidak dengan penyimpanan datanya.

Karena PC bakal ke reset dan kembali seperti settingan awal pabrik. oleh karena itu, disini kita akan berikan tutorial agar data tersebut tidak hilang.

  1. Pertama-tama silahkan siapkan flashdisk minimal 8GB kosong, atau bisa lebih besar.
  2. Download file ISO Windows 11
  3. Buat bootable menggunakan Rufus. Untuk tutorial selengkapnya : cara membuat bootable Windows 11 dengan Rufus.Ketuk Tombol Start
  4. Jika sudah colokan flashdisk ke perangkat.
  5. Hidupkan PC, sampai pada tampilan memasukkan password. Jika Easy Of Acces belum terintegrasi dengan command prompt, silahkan klik tombol Power -> Restart.Tap Restart Plus Tombol Shift
  6. Selama booting, tekan f2 beberapa kali untuk masuk ke BIOS.
  7. Setelah itu arahkan ke menu Boot.
  8. Cari flashdisk yang kamu colokkan, karena disini kita pakai flashdisk merk SanDisk jadi posisinya ada di no 7.Masuk Ke Boot Dan Pilih USB Flashdisk
  9. Langkah selanjutnya kamu ubah posisi flashdisk sandisk-mu ke posisi pertama. Caranya tekan F5 atau F6 dan geser posisi paling atas untuk memposisikan pada urutan no 1.Geser Posisinya Paling Atas
  10. Lalu ubah mode Secure Boot menjadi Disable, sebelumnya arahkan ke menu Security.
  11. Geser ke bagian Set Supervisor Password, kemudian klik Enter.Masuk Ke Security Dan Klik Set Supervisor Password
  12. Buat password yang mudah diingat. Bila sudah tekan Enter.Masukkan Password Baru Untuk Set Supervisor
  13. Kembali lagi ke menu Boot, arahkan ke Secure Boot.Masuk Ke Boot Dan Ubah Secure Boot Menjadi Disable
  14. Ubah menjadi Disable.Ubah Menjadi Disabled
  15. Masuk lagi ke menu Security lalu Enterbagian Set Supervisor Password. Ubah password menjadi kosong.Masuk Ke Security Dan Klik Set Supervisor Password Ganti Lagi Dan Kosongi Password
  16. Arahkan ke menu tab Exit, dan enter bagian Save Change.Masuk Ke Exit Dan Pilih Exit Saving Changes
  17. Setelah kamu konfirmasi, maka layar akan secara otomatis masuk ke booting flashdisk.
  18. Disini kamu bisa tekan tombol Shift + F10.Tap Tombol Shift + F10
  19. Ketik diskpart dan Enter.Ketik Diskpart
  20. Ketik list volume dan enter. Lihat disk yang jadi partisi Windows 11. Untuk contoh perangkat berikut, disk tersebut ada di posisi D.Ketik List Volume
  21. Ketik d: dan Enter.Ketik Local Disk Ditambah Titik Dua
  22. Ketik cd windows dan Enter.
  23. Ketik cd system32 dan Enter.
  24. Ketik copy utilman.exe utilman.exe dan Enter.Ketik Copy Ultiman.exe Ultiman.exe
  25. Ketik dan Enter.
  26. Ketik copy cmd.exe cmd1.exe dan Enter.
  27. Ketik dan Enter.
  28. Ketik ultiman.exe dan Enter.
  29. Ketik rename cmd.exe utilman.exe dan Enter.Ketik Rename Cmd.exe Ultiman.exe
  30. Terakhir ketik exit dan Enter.Ketik Exit
  31. Kemudian silang booting flashdisk untuk restart.
  32. Setelah kembali ke tampilan sign in password, silahkan klik Ease of Access.Klik Ease Of Access
  33. Ketik pada Command Prompt, control userpasswords2 lalu Enter.Ketik Perintah Control Upserpassowrds2
  34. Pilih Reset Password.Tap Reset Password
  35. Dan isikan password sesuai keinginan kalian.Masukkan Password Baru
  36. Konfirmasi tombol OK.
  37. Ketik Exit untuk keluar CMD.
  38. Terakhir ketikkan password yang baru.
  39. Selesai

Memang terkesan sangat panjang dan rumit, tetapi cara diatas sangat efektif bagi kalian yang gak ingin pakai metode reset ulang.

Sebab reset ulang dalam PC bisa membuat data penyimpanan hilang semua, apalagi jika kita belum mempersiapkan backup file jauh-jauh hari.

Tetapi gak ada salahnya juga kalau kedua tips diatas masih tidak berhasil dan kamu bisa jalankan metode reset data ulang. Karena hanya satu-satunya cara itu yang bisa membuat pengguna kembali mengakses komputer mereka lagi.

Baca Juga :

Untuk pengguna Windows 11 yang belum melakukan aktivasi, silahkan ikuti : cara aktivasi Windows 11.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara mengatasi lupa password Windows 11, silahkan gunakan cara diatas jika kamu mengalami masalah dalam login perangkat.

Sebarkan artikel ini ke teman-temanmu, agar ulasan dari tim Kompiwin berikut bisa bermanfaat bagi banyak orang. Terima kasih ~

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.