Facebook Media Sosial

Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dijaman yang serba digital ini, kita dapat menghasilkan uang dengan berbagai macam cara. Bahkan kamu juga dapat memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook untuk mendapatkan uang.

Cara mendapatkan uang dari Facebook itu bukan hal yang spesial dan tidak hanya dapat dilakukan oleh orang profesional saja, tetapi kita sebagai pengguna awam bahkan bisa mendapatkan uang dari Facebook dengan sangat mudah.

Mungkin bagi sebagian orang masih ragu dan gak percaya kalau sebenarnya kita bisa menghasilkan uang dari Facebook.

Wajar saja, karena pandangan orang terhadap platform ini hanyalah sekedar sebuah layanan sosial media yang dapat memberikan informasi personal entah itu melalui status, foto profil, sampaiย fitur komunikasi bernama Facebook messenger.

Dalam pembahasan kali ini, kita tidak akan mengupas Facebook secara teknis atau secara fungsi dari sudut pandang sosial media.

Namun, disini kita akan lebih mengenalkan kepada kalian kalau sebenarnya Facebook itu bisa menghasilkan uang yang jika ditekuni jumlahnya akan sangat fantastis.

Cara Menghasilkan Uang Dari Facebook

Jangan kira Facebook hanya digunakan sebagai media komunikasi digital saja, tetapi platform ini jika kita manfaatkan dari segi potensi ekonomi, ternyata bisa menciptakan ladang usaha bagi sebagian orang.

Konsepnya sangat sederhana, Facebook saat ini menjadi salah satu platform yang banyak digunakan oleh orang-orang, keunggulan tersebut bisa kita lihat dari segi peluang untuk memanfaatkan seperti berjualan barang atau jasa ke sesama pengguna.

Dengan hasil berdagang tersebut, nantinya kamu akan mendapatkan pundi-pundi rupiah berdasarkan harga yang telah kamu patok setiap dagangannya.

Eits, Facebook juga memberikan penghasilan bagi pengguna yang suka main game, sebab ada beberapa jenis game Facebook yang dapat menghasilkan uang dalam bentuk dollar.

Sumber pendapatan dari game ini yaitu dari hasil siaran langsung atau live streaming, layanan iklan, starts (mata uang Facebook)ย  dan layanan berlangganan.

Jenis-Jenis Usaha Yang Menghasilkan Di Facebook

Sudah saatnya kita melihat sisi perkembangan digital melalui potensi peluang pelaku usaha ekonomi. Tidak terkecuali platform media seperti Facebook ini, karena kamu bisa mendapatkan banyak manfaat jika pengolahan yang dilakukan mengarah ke usaha yang positif. Berikut kami sajikan cara menghasilkan uang dari Facebook.

1. Membuka Toko Online Atau Online Shop

Membuat Toko Online Di Facebook

Kemudahan internet seperti jaman sekarang ini membuat akses pengguna untuk melakukan transaksi secara digital itu sangat mungkin terjadi. Hal ini kemudian dimanfaatkan bagi sebagian orang untuk menjual beberapa produk mereka melalui platform media sosial.

Karena dengan platform media sosial seperti ini, kita dapat menjaring pengguna lebih banyak dan mudah, ditambah dengan fitur dari Facebook yang bisa melakukan chat langsung antar pengguna akun.

Membuka toko online di Facebook juga dapat meminimalisir kerugian besar ketimbang kamu mencoba untuk membuka usaha toko dalam bentuk fisik. Ada beberapa jenis yang bisa dilakukan dalam membuat toko online di Facebook, seperti bisa jadi reseller atau dropshipper.

Untuk masalah strategi kamu dapat mengatur itu secara pribadi bagaimana target pemasaran yang akan dilakukan, entah lewat share, komentar, atau melalui postingan.

2. Jasa Tambah Likes

Jasa Tambah Like Di Facebook Salah satu fitur yang lama tersedia di Facebook adalah fitur likes. Fitur tersebut kini bisa dibilang sebagai indikator sebuah fans untuk memperlihatkan kepada khalayak atas percaya atau tidak dalam eksistensi kamu di dunia digital.

Kasar katanya adalah, jika pengikut kamu banyak maka harus diimbangi dengan likes yang banyak juga, agar orang percaya kalau memang benar sosok dirimu diidolakan banyak orang.

Dengan alasan tersebut, peluang ini kemudian dimanfaatkan oleh beberapa pelaku usaha yang kemudian membuat jasa tambahan likes.

Jasa ini tidak sembarang orang bisa, tentu membutuhkan keahlian khusus karena mereka yang terlibat harus mengetahui tools atau alat yang mumpuni untuk digunakan sebagai mesin tambah likes.

3. Berjualan Jasa

Selanjutnya cara mendapatkan uang dari Facebook bisa dengan menawarkan jasa melalui postingan atau share di beberapa grup terkait. Contohnya, jika kamu memiliki skill tertentu seperti menulis, maka kamu dapat menawarkan skill tersebut di beberapa grup atau postingan kamu.

Masih banyak jenis jasa yang dapat ditawarkan, misalnya desain grafis, jasa konsultasi, jasa penasihat, dan masih banyak lainnya.

Caranya kamu bisa membuat fanspage di Facebook, agar orang mengetahui informasi jasa yang telah kamu kuasai.

4. Jasa Pengelola FanpageMengelola Fanspage Di Facebook

Jangan anggap kecil mengurus banyak kepala akun itu mudah, maka dari itu ada jasa yang khusus ditugaskan untuk mengelola sebuah fanspage. Kini tugas mereka adalah mengatur postingan di dalam fanspage, mengelola komentar, menawarkan produk atau promosi dan banyak lainnya.

Biasanya pengguna yang menawarkan jasa pengelola fanpage ini adalah orang-orang yang besar atau bisa dibilang artis yang sudah memiliki pengikut dalam jumlah besar.

5. Menjadi Buzzer Di Facebook

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan sebutan seperti Buzzer diatas. Stigma masyarakat tentang Buzzer ini selalu mengkontekskan dalam hal negatif, maka dari itu ada istilah muncul kampanye buzzer yang dilakukan untuk menekan trafik menjadi trending. Contoh yang sering digunakan adalah dunia politik.

Tetapi tidak hanya itu saja, ada sisi positif dari Buzzer ini, karena dengan adanya jasa berikut, pengguna bisa memanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk kepada khalayak pengguna Facebook.

6. Monetisasi Akun FanspageMonetasi Fanspage Di Facebook

Yang terakhir kamu bisa melakukan monetisasi pada akun fans page jika sudah memenuhi syarat atau ketentuan tertentu. Kamu akan dibayar berdasarkan Cost Per Million, jadi uang tersebut akan masuk setelah 1000 tampilan iklan.

Untuk bisa memonetisasi akun fanspage tersebut kamu harus memenuhi syarat seperti dibawah ini :

  1. Memiliki akun fans page.
  2. Memiliki sebanyak minimal 10.000 pengikut.
  3. Dalam 60 hari, harus ada 30 ribu tayangan video dengan minimal durasi 1 menit video.
  4. Ketentuan lanjutan bisa dibaca dari syarat yang sudah dilayangkan developer Facebook.

Jika semua sudah memenuhi syarat, nantinya akan muncul monetisasi iklan di dalam video yang diunggah di dalam fanspage, dengan logo dollar hijau dan keterangan nominal di sebelahnya.

Tugas kamu yaitu memperbanyak konten video, namun tidak dengan melakukan reupload video dari kreator lainnya. Jika ketahuan maka akses monetasi akan dinonaktifkan oleh Youtube.


Akhir Kata

Bagaimana, ternyata cara mendapatkan uang dari Facebook bisa dilakukan dengan berbagai macam loh. Tinggal kamu pilih dan terapkan, sekiranya jenis usaha yang menarik untuk dijadikan ladang usaha digital seperti Facebook ini. Semoga Bermanfaat

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar