Gadget

Cara Memperbaiki Touchscreen Samsung J2 Prime

Pinterest LinkedIn Tumblr

Permasalahan yang paling ngeri jika terjadi di suatu HP layar sentuh adalah mulai melemahnya kemampuan sentuhan di layar. Dan hal ini entah kenapa sangat sering dikeluhkan oleh pengguna HP merek Samsung J2 Prime. Kebanyakan kerusakan yang mereka permasalahkan adalah touchscreen layar Hpnya tidak berfungsi dengan baik.

Namanya juga buatan manusia, sejatinya memang tidak bisa luput dari kesalahan, meski mereka telah mendesain dan merancang secanggih mungkin, tetap saja jika ada masanya barang tersebut sudah tidak layak maka akan rusak.

Kembali ke pembahasan, touchscreen pada Samsung J2 Prime sering mengalami penyakit seperti ghost touch, selain mengganggu fungsinya juga dapat menghambat kinerja suatu ponsel. Namun apakah wajar hal ini terjadi di sebuah perangkat touchscreen? bisa dibilang cukup wajar.

Sebenarnya tidak hanya terjadi di Samsung J2 Prime saja, tetapi beberapa device touchscreen lainnya jika kondisinya sudah tidak optima maka kemungkinan terjadi ghost touch itu sangat besar. Lantas apa sih ghost touch itu?

Sesuai dengan namanya, istilah ini bisa diartikan dengan suatu fungsi yang gagal pada sebuah layar touchscreen dimana layar sering hilang kendali alias suka mencet sendiri. Untuk memperbaiki touchscreen Samsung J2 Prime ini ada dua pilihan, antara kamu ingin memperbaiki sendiri atau membawanya ke tukang servis HP.

Namun faktor utama yang membuat orang pikir dua kali kalau dibawa ke tukang servis HP adalah biayanya, apalagi kerusakannya menyangkut perangkat krusial seperti layar HP, pasti sudah bisa ditebak harganya akan lumayan mahal.

Cara Memperbaiki Touchscreen Samsung J2 Prime

Jika solusi memperbaiki layar touchscreen ke tukang servis itu bukan jadi opsi utama, dalam pembahas disini kita akan berikan tutorial untuk memperbaiki touchscreen yang muncul gejala ghost touch.

Cara 1 : Bersihkan Layar HPBersihkan Layar Dari Kotoran

Kita mulai dari cara yang paling sederhana, pertama kita bisa melakukan metode membersihkan layar HP. Karena jika suatu layar itu kotor, efeknya dapat menghambat sensitivitas suatu touchscreen dalam HP. Biasakan hindari butiran air yang langsung menempel ke layar HP, karena air dapat mengganggu aksesibilitas tangan terhadap layar touchscreen.

Cara 2 : Melakukan Reset Pabrik

Kamu boleh berharap jika kerusakan pada layar hp kamu itu disebabkan oleh sistem atau bug dalam program Android. Dengan itu solusi yang mungkin akan efektif dalam mengatasi permasalahan ini adalah melakukan reset data pabrik atau Factory Reset. Biasanya dengan cara ini semua error atau kerusakan yang muncul dari sistem internal akan hilang dan HP bakal fresh kembali.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih Manajemen Umum.Ketuk dan Pilih Manajemen Umum
  3. Masuk ke menu Reset.Buka dan Pilih Menu Reset
  4. Lalu pilih Reset data pabrik.Pilih Reset Data Dari Pabrik
  5. Selamat mencoba.
Layar laptop terlalu cerah ? Ikuti cara lengkap untuk mengatur kecerahan layar.

Cara 3 : Perhatikan Anti Gores atau Tempered GlassCek Anti Gores dan Ganti Baru

Anti gores atau tempered glass jika sudah menua karena pemakaian, kondisinya tidak akan seoptima ketika pertama kali memasang baru. Karena berdasarkan survei, anti gores yang sudah lama digunakan akan mengalami retak-retak bahkan sampai mengelupas, dan terkadang kondisi tersebut lah yang membuat sensitifitas touchscreen layar HP jadi berkurang. Debu akan mudah menempel ke sela-sela anti gores, dan perekat antara kaca dengan layar akan mengelupas. Jika sudah seperti ini silahkan ganti baru atau copot saja.

Cara 4 : Diamkan HP Beberapa Saat

Langkah sederhana lainnya yang bisa kamu gunakan adalah coba membiarkan HP diam beberapa menit. Terkadang pemakaian HP yang ekstra akan membuat perangkat hardware lainnya terasa panas dan menurun. Coba kamu diamkan HP beberapa menit atau mungkin lebih untuk mendinginkan semua perangkat termasuk layarnya. Pasti kamu pernah kan bermain HP sampai baterai dan layarnya panas? Coba saja diamkan sementara, siapa tahu faktor penyebab ghost touch bisa timbul dari sini.

Mau cetak foto dengan format polaroid ? Tutorial cara membuat foto polaroid di PC dan smartphone ini akan membantumu.

Cara 5 : Tekan Tombol Lock Dua Kali

Menurut pengalaman admin yang menggunakan merk device yang sama, mengatasi masalah touchscreen yang error bisa dengan menekan tombol lock sekali kemudian tekan lagi untuk membuka. Layar yang error bisa disebabkan oleh bug yang mengganggu sistem OS, jadi dengan melakukan lock dan unlock diharapkan dapat menghilangkan bug tersebut.

Cara 6 : Ganti Layar HPLepas dan Ganti Layar LCD Baru

Jika dirasa semua cara diatas tidak efektif, sepertinya solusi akhir untuk memperbaiki touchscreen Samsung J2 Prime adalah mengganti layar Hpnya ke tukang servis HP. Karena kerusakan hardware ini tidak seperti problem yang umum terjadi di dalam software, artinya jika perangkat keras mengalami kerusakan sulit untuk memprogram lewat jaringan internal apalagi menginstall bantuan software sejenisnya.

Terlalu boros menggunakan kuota internet ? Cara menghemat kuota internet di Android ini akan memberikanmu tips agar kuota lebih hemat saat browsing.

Akhir Kata

Pesannya adalah merawat gadget pribadi itu tidak ada salahnya, karena awetnya suatu device bisa diukur dengan seberapa sayang kamu merawat benda tersebut. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar