Cara Membuat Link Undangan Grup WhatsApp

Cara Membuat Link Undangan Grup WhatsApp 1
Cara Membuat Link Undangan Grup Whatsapp

Apa pengertian kalian tentang aplikasi chatting messenger yang kini sudah banyak tersedia di layanan Playstore atau Appstore. Secara fungsi, aplikasi chatting ini seperti menggantikan peran manusia dalam berinteraksi sosial tatap muka, khususnya ketika melakukan pembicaraan via media online atau digital.

Dalam dunia nyata kalian bisa mengajak lawan bicara secara face to face, dan obrolan dalam forum pun sangat mungkin terjadi. Begitu juga dengan aplikasi messenger ini, pengguna bisa melakukan obrolan secara personal, dan juga kebanyakan aplikasi tersebut sudah menyediakan layanan atau fitur grup yang dapat dibuat dan diisi oleh beberapa anggota.

Artinya aplikasi media sosial ini membantu untuk meringankan peran manusia dalam kegiatan interaksi sosial. Akses yang mudah juga memberikan kesempatan bagi semua orang untuk menjangkau fasilitas teknologi ini.

Salah satu aplikasi chatting yang sering digunakan oleh banyak orang adalah WhatsApp. Layanan komunikasi berbasis online berikut sudah lama eksis mengisi lineup perkembangan dunia digital dalam bidang komunikasi.

Pertama kali dirilis tahun 2009, telah berhasil menarik para pengguna setianya berlangganan layanan WhatsApp lewat pengembangan-pengembangan fitur dan akses menarik di setiap pembaruannya sampai saat ini.

Nah salah satu fitur besar dampaknya adalah, WhatsApp menyediakan semacam forum obrolan atau grup dengan jumlah anggota yang sangat banyak. Fitur ini kemudian dimanfaatkan oleh banyak orang sesuai dengan tujuan dan penempatan fungsinya.

Contoh, membuat grup yang terdiri dari beberapa anggota karyawan suatu perusahaan tertentu, kemudian grup mahasiswa jurusan A, kumpulan paguyuban warga tempat tinggal setempat, dan grup kecil berisikan keluarga inti.

Tetapi jika fungsi grup ini dibuat untuk forum skala besar, untuk menjangkau para anggotanya terkadang sangat susah. Solusinya adalah bagaimana grup dalam WhatsApp tersebut bisa dijangkau oleh banyak orang lewat akses yang sangat mudah.

Sesuai dengan pembahasan kali ini yakni cara membuat link undangan WhatsApp, sekaligus menjawab masalah dalam menjangkau anggota yang cakupannya sangat luas. Mungkin disini sudah ada yang pernah menerima undangan grup seperti ini?

Undangan seperti grup WhatsApp ini sangat memudahkan pengelola untuk menguide para anggota dengan cakupan yang sangat luas. Bisa saja mereka tidak memiliki kontak yang bersangkutan, atau memang salah satu diantara anggota ingin mengundang kontak lainnya namun tidak memiliki izin akses invite karena mereka bukan admin dalam grup.

Beruntung developer WhatsApp telah memberikan layanan yang memudahkan dalam pengelolaan organisasi grup, sehingga kita bisa meminimalisir pekerjaan seperti memasukkan anggota satu persatu dengan metode simpan kontak lalu invite grup.

Ternyata cara membuat link undangan WhatsApp sangat mudah kok, yang perlu diperhatikan adalah pastikan versi WhatsApp kamu sudah update paling terbaru, lalu yang jelas kamu sudah memiliki sebuah grup dulu. Untuk membuat grup, bisa ikuti cara dibawah ini :

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Klik menu tambahan yang bentuknya seperti icon titik tiga di pojok kanan atas.Tekan Tombol Opsi Tambahan
  3. Kemudian pilih Buat Grup.Ketuk Tombol Buat Grup
  4. Masukkan beberapa anggota yang ada di kontak kamu.
  5. Berikutnya klik tombol panah untuk konfirmasi pembuatan grup.Tambahkan Peserta Lalu Pencet Tombol Selanjutnya
  6. Buat nama grup, lalu ubah foto profilnya. Terakhir tekan tombol Centang.Masukkan Foto Profil dan Nama Grup, Setelah Itu Centang
  7. Jika sudah grup berhasil dibuat.

Grup sekarang sudah kamu buat, selanjutnya tinggal bikin alamat link untuk mengundang anggota yang sulit kita jangkau kontaknya. Dengan link ini nantinya sesama anggota bisa saling share atau langsung bagikan lewat siaran terbuka seperti di Facebook, Twitter dan sejenisnya.

Berikut cara membuat link undangan grup WhatsApp :

  1. Masuk ke grup yang ingin kamu buatkan link undangan. Tapi yang perlu diingat, membuat tautan link undangan ini hanya bisa dilakukan oleh admin grup.
  2. Kemudian klik opsi tambahan dengan menekan iconย titik tiga di pojok kanan atas.Tekan Opsi Tambahan Di Chat Grup
  3. Silahkan klik menu Info Grup.Selanjutnya Pilih Info Grup
  4. Scroll sampai sub menu Peserta, dibawahnya ada tombol Undang Via Tautan, klik tombol tersebut untuk membuat link.Ketuk Bagian Undang Via Tautan
  5. Pada tampilan berikutnya tekan Salin Tautan untuk mengcopy.Klik Salin Tautan Lalu Share
  6. Terakhir tinggal share link ke dalam grup dan bagikan ke orang-orang yang akan kamu masukkan.

Akhir Kata

Bagaimana, cara membuat link undangan grup WhatsApp sangat mudah bukan? Sekarang tinggal kamu ikuti langkah diatas untuk memasukkan anggota baru lewat link yang sudah dibuat. Selamat mencoba.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *