Cara Ganti Tampilan WhatsApp Web

Cara Ganti Tampilan WhatsApp Web 7
Cara Ganti Tampilan Whatsapp Web

Zaman sekarang ini trend tampilan HP sepertinya harus serba serbi warna hitam. Penggunaan darkmode di beberapa aplikasi sampai sistem operasi HP seperti Android ataupun iOS pun sudah jadi standarisasi kriteria yang dicari oleh sebagian orang, memang bukan tanpa alasan mengubah tampilan HP menjadi mode gelap ini dapat menambah kesan yang elegan dan mewah.

Selain itu ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengaktifkan fitur dark mode ini. Yang paling bisa kamu rasakan pertama adalah layar jadi makin adem, sehingga mata tidak mudah capek dan berair.


Kemudian menggunakan warna yang gelap seperti ini, dipercaya dapat menghemat baterai, sebab kontras yang digunakan tidak seperti kontras warna yang cerah, dimana itu bisa menghabiskan daya cukup banyak.

Penyedia fitur dark mode bawaan aplikasi diantaranya sudah tersedia pada WhatsApp, Instagram dan juga Facebook. Namun fokus pembahasan kita disini lebih mengarah ke aplikasi WhatsApp, karena kita akan memberikan cara ganti tampilan Whatsapp Web mengikuti trend mode gelap yang makin ramai belakangan ini.

WhatsApp Web 

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan layanan bernama WhatsApp Web ini. Akses berikut diluncurkan oleh WhatsApp pada tahun 2015 silam, hingga kini keberadaan WhatsApp Web sangat disambut baik oleh sebagian pengguna.

Kenapa? Pertama banyak kemudahan yang bisa kita rasakan ketika mengoperasikan WhatsApp Web, khususnya bagi user yang berkepentingan khusus, misalnya dibuat untuk kegiatan komunikasi usaha berjualan, berperan sebagai admin, jadi operator sampai customer service.

Aksesibilitas ketika seseorang menggunakan WhatsApp Web itu dinilai lebih cepat dua kali lipat dari WhatsApp ponsel. Jelas poin yang pertama itu terbantu karena operasional dalam mengetik lewat keyboard PC itu dinilai lebih luwes, dan user pun dapat meminimalisir terjadinya typo.

Kemudian karena kecepatan tersebut feedback yang diberikan oleh client pun akan baik, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kuantitas dari sebuah penilaian.

Jangkauan pengguna tidak ada batasannya, WhatsApp memberikan layanan ini ke semua pengguna tanpa syarat apapun. Sehingga tidak perlu lagi yang namanya update fitur ataupun membeli layanan khusus lagi.

Tetapi pertanyaannya apakah bisa tampilan interface WhatsApp Web kita buat seperti tampilan di HP? Karena banyak orang yang bertanya-tanya dan ingin tahu cara ganti tampilan WhatsApp Web menjadi mode gelap seperti aplikasi yang lainnya.

Jawabannya sangat bisa, untuk mengetahui lebih detail, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Mau download story WhatsApp teman kamu ? Selengkapnya di cara download status WhatsApp teman.

Cara Ganti Tampilan WhatsApp Web

Tidak seperti versi WhatsApp ponsel, pengaturan atau settingan mengubah tampilan interface menjadi mode dark mode di dalam WA Web itu tidak sepraktis itu.

Sebab jika kamu melihat banyak fitur yang dipangkas di dalam WhatsApp Web, seperti melihat status story kontak saja tidak ada disini. Bahkan untuk melakukan panggilan pun WhatsApp masih belum memberikan akses tersebut.

Pemangkasan akses ini termasuk sampai jeroan menu di dalam pengaturannya, jika kita sudah biasa mengganti tema WhatsApp ponsel pada menu pengaturan, maka kamu tidak akan menemukan settingan tersebut disini.

Tenang saja, masih ada jalan lain yang bisa digunakan, salah satunya yaitu lewat tools dari browser yang sudah disediakan.

Silahkan download ekstensi khusus, dimana ekstensi ini bisa diaktifkan ketika menggunakan WhatsApp Web untuk mengubah tampilan ala-ala mode gelap.

Jadi cara ganti tampilan WhatsApp Web itu perlu bantuan yang namanya ekstensi Stylish. Artinya kamu harus install dulu dan untuk lebih lengkapnya ikuti cara dibawah ini.

  1. Buka browser Firefox atau Google Chrome, namun contoh yang kita berikan dibawah ini menggunakan browser Chrome.
  2. Setelah terbuka silahkan ketuk tombol icon titik tiga di pojok kanan atas.Tekan Icon Titik Tiga Di Pojok Kanan Atas
  3. Kemudian kamu bisa pilih menu bernama Settings.Setelah Itu Pencet Tombol Settings
  4. Disini arahkan kursor ke menu tab samping, bagian bawah tersedia tombol Extension, silahkan ketuk tombol tersebut.Pencet Tombol Extensions
  5. Arahkan ke tombol menu tab yang bentuknya seperti strip garis tiga di pojok kiri atas.Tekan Icon Menu Tambahan Strip Tiga
  6. Silahkan klik pada bagian Open Chrome Web Store.Setelah Itu Pencet Tombol Open Extensions Chrome
  7. Nah ketuk kotak pencarian, lalu ketik Stylish – Custom theme for any website. Lalu enter.Cari Ekstensi Dan Buka Ekstensinya
  8. Jika sudah muncul buka ekstensinya, dan untuk memasang didalam Chrome silahkan tekan tombol Add to Chrome.Pencet Tombol Add To Extensions
    Tekan Tombol Add Extensions Untuk Konfirmasi
  9. Ikuti langkahnya dengan tekan tombol Next.Masuk Ke Step Berikutnya Dengan Tekan Tombol Next
  10. Nantinya akan disediakan kotak pencarian, user bisa bebas ingin mencari custom web seperti apa, karena kebutuhan disini untuk mengganti tampilan WhatsApp Web, maka ketikkan WhatsApp Web. Pilih sesuai selera. Atau langsung bisa masuk kesini. https://userstyles.org/styles/browse/whatsappCari Tampilan Di Kotak Pencarian
    Buka Salah Satu Tampilan Whatsapp Web
  11. Buka salah satu dan tekan tombol Install with Stylish.Ketuk Install Style Dan Tunggu Sampai Selesai
  12. Tunggu sampai selesai.
  13. Terakhir tinggal buka WhatsApp Web.
  14. Selamat mencoba.
Sebelum membaca pesan berita WhatsApp, alangkah baiknya kamu mengetahui beberapa ciri pesan penipuan di WhatsApp.

Akhir Kata

Bagaimana meski WhatsApp belum menyediakan fitur khusus teman untuk versi Web, tetapi kita sudah bisa menggantinya sendiri lewat bantuan ekstensi diatas. Silahkan ikuti cara ganti tampilan WhatsApp Web diatas di PC kamu. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.