Arti Purel dalam Bahasa Gaul dan Jawa

Arti Kata Purel

Pernah mendengar kata purel? Kata ini sebenarnya sudah lama digunakan karena termasuk ke dalam bahasa Jawa.

Namun kata tersebut menjadi viral karena lagu “Mangku Purel” yang diciptakan oleh Nurbayan. Kemudian lagu tersebut dicover oleh Denny Caknan dan Anji sehingga saat ini sedang menjadi trending kategori Musik di YouTube.

Bahkan purel sendiri masuk ke dalam bahasa gaul. Seperti yang kamu tahu, bahasa gaul biasanya diucapkan oleh anak-anak muda. Mereka berkomunikasi dengan bahasa gaul agar terlihat keren.

Hanya saja dalam penerapannya, banyak kata atau istilah yang terkadang sulit dipahami. Ini karena kata tersebut memang baru pertama kali kamu dengar. Bisa juga karena artinya tidak sama dengan arti sebenarnya.

Bagaimana untuk purel? Untuk mengetahui maksud kata tersebut, berikut pembahasannya.

Arti dan Maksud Kata “Purel”

Kata purel memang menjadi trending topici di media sosial, khususnya TikTok. Lalu apakah kata purel dalam bahasa Jawa sama dengan bahasa gaul?

Sebelumnya kamu mesti tahu ada yang menjeaskan jika arti purel yaitu Public Relations. Tentu saja artinya sangat jauh berbeda dari apa yang sudah viral di media sosial.

Apalagi setelah kemunculan lagu Mangku Purel. Banyak warganet penasaran dengan arti kata tersebut. Setelah ditelusuri ternyata artinya identik dengan dunia malam. Selain itu, kata ini memang berasal dari bahasa Jawa.

Kata purel sendiri mempunyai arti wanita penghibur. Bisa juga kamu artikan sebagai kupu-kupu malam. Pekerjaannya pun beragam. Ada yang sekadar menjadi teman penghibur di tempat karaoke. Ada juga yang menjadi teman mengobrol di bar atau klub. Selain itu, purel juga mengarah pada seseorang yang menjajakan dirinya.

Beberapa nama lain dari purel yaitu:

  • Wanita penghibur, wanita yang bekerja di tempat malam seperti pemandu karaoke
  • Ayam kampung, wanita penghibur yang menjual dirinya ke laki-laki hidung belang
  • Pemijat, wanita penghibur yang menyediakan jasa pijat plus plus
  • Pramuria, wanita yang menemani pria hidung belang baik untuk mengobrol atau minum

Akhir Kata

Itulah penjelasan seputar purel. Jadi, kata tersebut memang berasal dari bahasa Jawa dan memiliki arti seputar dunia malam.

Sekarang kamu sudah tahu artinya sehingga langsung paham ketika ada orang yang menggunakan kata tersebut di media sosial atau bahkan ketika berkomunikasi langsung denganmu.

Bagikan:
Photo of author

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar