Apa Arti Kata Pakinta dan Pakintaki Rong? Cari Tahu Sekarang!

Arti Kata Pakinta dan Pakintaki Rong

Apakah kamu tahu arti pakinta? Kata ini sekarang banyak membuat orang penasaran sehingga tidak sedikit yang berusaha untuk menemukan artinya.

Kemunculan pakinta adalah melalui TikTok di mana kita tahu media sosial yang satu ini memang bukan hanya sekadar tempat untuk mengunggah foto atau video.

Mungkin dulu TikTok hanya sekadar media sosal untuk saling berbagi konten. Akan tetapi sekarang TikTok sudah menjadi salah satu tempat munculnya berbagai istilah baru.

Beberapa istilah bahkan memiliki arti yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Salah satunya adalah kemunculan kata pakinta ini.

Maka dari itu kami akan membahas kata tersebut sekaligus menjelaskan artinya. Jadi setelah kamu mengetahui penjelasan ini kamu bisa langsung tahu ketika ada yang menggunakan kata tersebut.

Arti Pakinta dan Pakinta Rong

Pakinta adalah sebuah kata dalam bahasa Makassar. Kata ini asalnya dari ‘Kinta’ yang berarti kejut, sentak, atau kaget.

Kemudian ditambah imbuhan pa- serta ki- yang merupakan kalimat perintah. Jadi pakinta bisa diartikan sebagai sebuah hentakkan, kagetkan, atau kejutkan. Biasanya kata pakinta sendiri akan ditambahkan dengan kata rong.

Ketika kamu menggabungkannya maka akan memiliki arti semakin mempertegas perintah yang diberikan.

Namun, ada juga yang menjelaskan jika maknanya bisa berbeda tergantung peristiwa atau kondisi tertentu. Misalnya ketika ada orang yang mendorong mobil, maka pakinta memiliki arti hentakkan.

Contoh lainnya adalah pada saat air tersendat di saluran akan menyebabkan aliran air menjadi terhenti dalam beberapa saat.

Beberapa saat inilah yang juga dapat dimaknai sebagai pakinta. Jadi memang kata ini memiliki arti subjektif sehingga tergantung dari jenis pemakaian berdasarkan konteks.


Arti Pakintaki Rong yang Viral di TikTok

Sementara itu, bagaimana dengan arti pakintaki di TikTok? Istilah ini awalnya populer berkat postingan pemilik akun Instagram bernama Aldi yang merupakan pemuda dari Kabupaten Janeponto, Sulawesi Selatan.

Dia mengatakan ‘pakintaki’ sebanyak beberapa kali di dalam videonya. Kemudian ditambah dengan adanya ekspresi lucu yang membuat orang ingin menontonnya.

Kemudian melalui YouTube Rajjal Djamal yang diposting pada 14 Februari 2022, Aldi memberikan penjelasan tentang pakintaki rong.

Dia menjelaskan bahwa maksudnya adalah mengangkat telepon yang tiba-tiba berbunyi. Panggilan secara tiba-tiba tersebut dalam bahasa Makassar adalah pakinta rong atau pakinta.


Demikian pembahasan seputar maksud dari kata pakinta atau pakintaki rong. Sekarang kamu sudah memahami kata tersebut sehingga tidak perlu bingung ketika Aldi atau orang lain mengucapkannya. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang