Arti Kata Munding, Bahasa Gaul di Media Sosial

Arti Kata Munding
Arti Kata Munding

Apa itu Munding? Bahasa gaul merupakan bahasa yang kerap diucapkan oleh anak muda.

Ketika mereka menggunakannya, mereka merasa bahwa bahasa ini terlihat keren dan tidak kaku.

Ditambah lagi dengan berkembangnya teknologi membuat mereka bukan hanya menggunakan bahasa tersebut untuk komunikasi sehari-hari.

Banyak anak mudah yang menggunakannya melalui komentar atau membuat status di media sosial.

Hal ini tidak jarang membuat banyak yang bingung karena memang belum pernah mendengarkan kalimat atau istilah yang keluar dari bahasa gaul tersebut.

Apa itu Munding?

Ada banyak kata dalam bahasa gaul yang bermunculan. Salah satunya adalah Munding. Perlu kamu pahami bahwa arti kata munding berdasarkan bahasa Sunda adalah kerbau.

Kita tahu kerbau adalah jenis hewan yang dimanfaatkan sebagai hewan ternak serta biasa digunakan untuk membajak sawah.

Arti Munding adalah Kerbaru
Arti Munding adalah Kerbaru

Kerbau kerap dijadikan sebagai peribahasa yaitu ‘tuturut munding‘. Jika kamu terjemahkan ke bahasa Indonesia maka artinya ‘ikut-ikutan kerbau‘. Sebuah peribahasa yang memiliki arti hanya ikut-ikutan tanpa mempunyai dasar yang jelas.

Seperti yang kamu lihat, kerbau merupakan hewan yang tidak mempunyai akal seperti manusia.

Kerbau hanya akan menuruti perintah dari pemilik atau majikannya seperti mengangkut barang, membajak sawah, dan lain-lain.

Adapun ketika seseorang kerjaannya hanya meniru orang lain dan kurang kreatif, maka peribahasa ini cocok untuk menggambarkan orang tersebut.

Selan itu, peribahasa ‘tuturut munding‘ jika sesuai untuk menggambarkan orang yang tidak mau berpikir keras.

Dia cenderung hanya bergantung pada orang lain. Orang tersebut tidak memiliki gagasan, ide, maupun tujuan yang jelas.

Bukan itu saja, munding memiliki badan yang besar. Ini juga bisa menjadi bahan ledekan kepada orang lain yang mempunyai badan besar. Tentunya ini digunakan dalam konteks bercanda dan bukan untuk tujuan menghina.

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang arti kata munding. Jadi, kata ini memiliki arti kerbau yang kemudian juga masuk ke dalam peribahasa. Namun ingat, gunakan kata munding bukan untuk menghina fisik seseorang. Semoga bermanfaat.

Admin Kompiwin
Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.