Alasan Windows 11 Tidak Support Dengan Laptop

Alasan Windows 11 Tidak Support Dengan Laptop 7
Alasan Windows 11 Tidak Support Dengan Laptop

Kita seringkali mendapatkan pertanyaan tentang alasan Windows 11 tidak support dengan laptop atau komputer milik masing-masing.

Jadi pertama kali sebelum melakukan penginstalan, haarp diperhatikan requirement Windows 11 apakah sesuai dengan spek perangkatmu atau tidak.

Bahkan tidak hanya ketika menginstall Windows 11 saja, hampir semua jenis aplikasi apapun jika kita hendak bertujuan memasang di dalam sistem perangkat komputer, hal yang wajib diketahui adalah syarat spesifikasi atau kriteria aplikasi harus sesuai dengan perangkat.

Untuk Windows 11, requirement yang harus kalian penuhi memang cukup tinggi. Dari mulai penyimpanan RAM minimal 4 GB, kemudian memori internal 64 GB.

Setelah itu spesifikasi CPU atau prosesor harus generasi 8 keatas (Intel), sedangkan prosesor AMD minimal Ryzen 2000.

Protes Tentang Spesifikasi Requirement Terlalu Tinggi

Windows 11 Error

Bahkan saking tingginya permintaan spec dari Microsoft tersebut, sempat muncul kabar bahwa banyak user melayangkan protes karena sistem generasi terbarunya ini terlalu tinggi dalam mematok kriteria spesifikasi.

Ternyata tidak hanya itu saja, ada beberapa masalah yang muncul seperti sistem pengecekan kompatibilitas spesifikasi untuk ke Windows 11 juga sedang diperbincangkan.

Masalahnya, fitur yang mereka beri nama Health Check bertugas dalam menyediakan pengecekan otomatis dan menentukan sebuah perangkat laptop atau komputer itu dinyatakan layak upgrade menjadi Windows 11 atau tidak.

Hingga pada akhirnya Microsoft melakukan uji ulang, dan kali ini mereka melakukan pengetesan pada CPU Intel generasi ke 7 dan AMD Zen 1 sanggup jalankan Windows 11 selama insider Preview.


Kenapa CPU Yang Dipatok Sangat Tinggi?

Kendala Pemasangan Windows 11

Alasan Windows 11 tidak support dengan laptop salah satunya adalah persoalan prosesor atau CPU…pertanyaannya adalah kenapa mereka sangat serius dalam memasang kriteria minimum prosesor di kelas yang cukup tinggi?

Menurut penjelasan yang Microsoft telah konfirmasi, ternyata mereka merancang ini dengan alasan faktor keamanan.

Contohnya adalah proses pemasangan Windows 11 dibutuhkan yang namanya TPM 2.0, serta didukung dengan prosesor yang modern untuk memastikan akses keamanan telah terintegrasi dengan baik.

Kami sempat membahasnya di artikel daftar processort support yang support Windows :

Daftar Prosessor Intel support Windows 11
Daftar Prosessor AMD support Windows 11

Jika tidak support TPM 2.0 maka akan muncul notifikasi “The PC Must Support TPM 2.0“. Apabila kamu mengalami permasalahan tersebut, kamu bisa ikuti tips mengatasi The PC Must Support TPM 2.0 Saat Install Windows 11.

Keamanan yang akan mereka tanamkan dalam generasi terbaru Operating System ini memakai basis virtualisasi dan integritas kode yang kemudian dilindungi oleh hypervisor bekerja selalu aktif/standby sebagai standar pengaturan default di semua perangkat Windows 11.

Fungsi file TPM 2.0 ini akan membuat perangkat memiliki enkripsi khususnya ketika menyimpan file dalam bentuk terenkripsi.

Dan semua fungsi siklus safety tersebut membutuhkan kinerja perangkat CPU yang modern. Lalu CPU atau prosesor versi anyar juga dapat meminimalisir terjadi crash.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah jawaban atas alasan Windows 11 tidak support dengan laptop, yang pertama yakni syarat spesifikasi perangkat belum memenuhi standar minimum Windows 11.

Kemudian batas prosesor atau CPU yang ketat minimal menggunakan generasi 8 ke atas (Intel) dan AMD Ryzen 2000 up. Satu lagi file persyaratan TPM 2.0 harus terintegrasi, jika tidak pemasangan akan gagal dan terhambat di tengah-tengah. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.