Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 17 September 2017

Share:

Cara Membuat Password Baru di Android (Pola, PIN, Password Biasa)

membuat password baru android

Android, sebagai sistem operasi ponsel pintar yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, menyajikan fitur-fitur password yang berbeda-beda untuk meningkatkan keamanan pengguna pada ponsel Android-nya, yakni pola, PIN, dan password biasa.

Bagi pengguna Android baru yang belum menyetel atau memberi password pada smartphone-nya, buatlah agar smartphone menjadi lebih aman, dan tak ada yang sembarangan membuka atau menggunakan smartphone kamu.

Ada tiga jenis password yang dapat kamu buat di Android. Password ini akan muncul pada Lock screen ketika kamu mengaktifkan ponsel Android. Mulai dari password pola, PIN, hingga password biasa yang terdiri dari angka dan huruf dapat kamu aktifkan dengan mudah.

Kamu bisa membuat, memberi, dan mengaktifkan ketiga jenis password tersebut dengan sangat mudah di smartphone Android apa pun, baik Samsung, Oppo, ASUS, dan lainnya. Pada tutorial ini, saya menggunakan Xiaomi.

#1 Cara Membuat Password Pola di Android

Password pola di Android dinilai sebagai password yang paling mudah digunakan, dan paling mudah diaktifkan, serta paling aman. Kamu hanya perlu menggeser satu jari ke arah pola yang berbeda, hingga ponsel Android kamu terbuka kuncinya.

Untuk mengaktifkan password pola, buka Settings.

membuka settings

Lalu masuk ke Lock screen & password.

password pola android

Pilih Set screen lock.

Pilih Turn on lock screen password.

password pola android

Untuk membuat password jenis pola, pilih Pattern.

Kemudian, di sini, buat password pola dengan menggerakkan atau menggeser jari ke arah pola yang berbeda-beda. Ulangi gerakan pola yang sama pada kesempatan kedua Draw pattern again to confirm.

mengaktifkan password

Lalu, akan muncul pattern atau pola password yang telah kamu buat. Ingat baik-baik gerakan pola yang baru saja kamu aktifkan tersebut untuk membuka kunci smartphone Android.

password baru android

Ketika pembuatan password selesai, kamu akan dibawa menuju halaman password di Settings. Cobalah untuk mengunci smartphone Android dan buka kuncinya dengan gerakan pola yang baru saja kamu aktifkan.

#2 Cara Mengaktifkan Password PIN di Android

PIN adalah deretan angka yang berjumlah empat digit. Password PIN sangatlah berguna apabila kamu ingin password yang mudah diingat, namun tetap aman dalam password yang hanya terdiri dari empat digit saja.

Membuat password PIN sangatlah mudah di Android. Buka Settings, masuk ke Lock screen & password. Pilih Set screen lock. Lalu pilih Turn on lock screen password.

Untuk membuat password berjenis PIN, pilih PIN.

password pin

Pada kotak teks Set your PIN, isi kotak itu dengan deretan empat angka yang cukup sulit dilihat namun mudah diingat. Pilih Continue jika sudah.

password pin android

Pada kesempatan kedua, isi lagi dengan deretan angka PIN yang sama yang barusan kamu masukkan pada kesempatan pertama. Pilih OK jika sudah.

membuat password pin

Dan, BOOM! Kamu telah berhasil membuat password angka PIN yang mudah diingat dan tetap membuat aman smartphone Android kamu.

Apabila kamu kurang merasa nyaman dengan password angka PIN, kamu bisa menggunakan password lain yakni password biasa.

#3 Cara Memberi Password Biasa untuk Android

Password biasa adalah jenis password yang berisi deretan angka dan huruf dengan minimal empat digit atau empat karakter. Ini adalah jenis password yang paling sulit dilihat, namun apabila kamu sangat ingat password ini, maka smartphone Android kamu akan sangat aman dari tangan-tangan orang jahat.

Untuk membuat password biasa di Android, buka Settings > Lock screen & password > Set screen lock > Turn on lock screen password.

Untuk membuat password dengan jenis biasa, pilih Password.

membuat password

Pada kotak Set your password, isi dengan deretan angka atau huruf apa pun yang sudah ada dalam kepala kamu. Lalu pilih Continue.

password biasa di android

Pada kesempatan kedua, isi dengan password yang sama lagi.

password baru android

Jika sudah, pilih OK.


Maka, kamu telah berhasil membuat password pola, PIN, dan password biasa di ponsel Android dengan sangat mudah dan cepat. Memberi password untuk Android akan membuat ponsel menjadi lebih aman, terlebih di tangan pencuri, penyadap, dan tangan-tangan jahat lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.