Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 01 Juli 2017

Share:

Apa itu 'Blue Light', Bahaya, dan Cara Menghindarinya

sinar biru laptop komputer

Ada bahaya yang tersembunyi dari gadget yang sering kita pakai.

Smartphone, tablet, laptop, PC, televisi, atau perangkat digital lain memiliki satu bahaya yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

Bahaya tersebut tak lain adalah blue light effect atau efek sinar biru.

Tapi, apa itu blue light atau sinar biru?

#1 Apa itu Sinar Biru, dan Bahaya yang Dipancarkannya

sinar biru laptop komputer

img: www.bluelightexposed.com

Blue light adalah sinar biru yang dipancarkan dari layar perangkat digital seperti televisi, laptop, PC, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya.

Sinar biru tersebut awalnya diciptakan sebagai sinar buatan untuk menerangi layar gadget yang kita gunakan. Cahaya matahari juga merupakan sinar biru. Itulah yang menyugesti kita untuk tetap bangun di siang hari, dan tidur di malam hari.

Sinar biru bisa sangat bermanfaat. Ia membuat kita semakin produktif, fokus, dan tetap terjaga meski badan terasa sedikit lelah. Sinar biru mampu memengaruhi jam bangun dan jam tidur agar lebih teratur.

sinar biru

img: www.health.harvard.edu

Berita buruknya, sinar biru bisa sangat berbahaya. Terlebih ketika dipancarkan pada malam hari, waktu kapan seharusnya kita tidur dan beristirahat. Pancaran sinar biru pada malam hari dapat menahan rasa kantuk yang diakhiri dengan tidur telat atau begadang untuk hal yang tak perlu.

Secara ilmiah, sinar biru mampu mengurangi produksi hormon perangsang tidur melatonin. Ketika hormon ini berkurang, maka rasa mengantuk pun juga berkurang. Meski mata dan badan sudah sangat lelah, kita tak akan pernah bisa mengantuk tanpa adanya hormon melatonin.

sinar biru

img: www.bluelightexposed.com

Berita bagusnya, kita bisa mengurangi bahaya dari sinar biru. Jadi, tidur pun tak lagi telat, serta lebih nyenyak, dan bangun lebih awal dengan badan yang segar dan semangat.

Tapi, bagaimana caranya?

#2 Di PC dan Mac, Gunakan Aplikasi f.lux untuk Memfilter Bahaya Sinar Biru

f.lux

Sinar biru yang berbahaya harus difilter dengan f.lux.

f.lux adalah aplikasi blue light filter terbaik untuk PC atau Mac kamu. f.lux nantinya akan memfilter bahaya sinar biru dengan menimbulkan warna kekuningan pada layar komputer atau laptop di sore sampai pagi hari.

f.lux mampu melakukan ini secara otomatis. Di waktu yang telah ditentukan sesuai jamnya. Ketika siang hari, maka f.lux akan dinonaktifkan. Ketika malam hari tiba, ia akan kembali menyala dan memfilter bahaya sinar biru.

Download f.lux

#3 Demi Tidur yang Nyenyak, Gunakan Filter pada Smartphone juga

smartphone

Smartphone juga memancarkan sinar biru. Bahaya akan semakin besar ketika kamu menggunakan smartphone di malam hari, apalagi di ruangan gelap.

Di Android, kamu bisa menggunakan Twilight, aplikasi filter sinar biru yang tersedia di Google Play. Untuk iPhone atau iPad, kamu bisa mengaktifkan fitur Night Shift pada iOS 9.3.

Atau, kamu juga bisa menggunakan Lux untuk mengurangi bahaya sinar biru tanpa menimbulkan efek kekuningan pada layar. Lux mampu mengurangi kecerahan layar smartphone Android di bawah standar kecerahan layar.

Dengan begini, kamu bisa tidur lebih awal dengan nyenyak tanpa terganggu oleh bahaya sinar biru.

#4 Tanpa Filter, Kamu juga Bisa Mengurangi Bahaya Sinar Biru dengan Mode Gelap

mode gelap

Sejumlah aplikasi atau sistem operasi memiliki fitur yang disebut dark theme, dark mode, mode gelap, atau semacamnya – yang berfungsi mengubah tampilan menjadi gelap ketika menggunakannya di ruangan gelap atau malam hari.

Windows 10 punya mode gelap. Android Nougat punya Night Mode. iOS punya fitur Night Shift. Sejumlah aplikasi juga memiliki dark mode atau tema gelap sendiri.

dark mode

Ketika tema gelap aktif, maka setidaknya bahaya sinar biru tak akan terlalu terasa. Terlebih tema gelap memang didesain khusus untuk digunakan pada malam hari atau ruangan gelap. Bukan hanya bahaya yang bisa dikurangi, melainkan pula menghemat daya baterai.

Kamu bisa mengaktifkan tema gelap di perangkat atau aplikasi apa pun. Meski sebagian aplikasi atau sistem operasi tak mendukung tema gelap, setidaknya sejumlah aplikasi penting seperti aplikasi pembaca PDF mendukung tema gelap, sehingga kamu tak lagi kesilauan atau susah tidur akibat bahaya sinar biru.


Sinar biru yang berbahaya bisa diatasi dengan mudah. Tinggal pakai aplikasi filter seperti Twilight atau f.lux. Atau, gunakan mode gelap ketika menggunakan laptop atau smartphone di malam hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.