Cara Install Microsoft Office 2019

Cara Install Microsoft Office 2019

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita sendiri masih membutuhkan aplikasi seperti Microsoft Office untuk mengolah, membuat hingga mengedit data-data penting.

Biasanya Microsoft Office sangat berguna bagi seorang pelajar, pengajar, maupun pelaku akademik lainnya. Sebab dunia pendidikan perlahan mulai menerapkan digitalisasi, semua aktivitas mengajar sangat mendukung kebutuhan komputer dalam membuat soal, mengerjakan soal, menyelesaikan tugas hingga melakukan pembelajaran online.

Selain itu, Microsoft Office juga memiliki peran penting dalam hal pekerjaan. Khususnya buat staf administrasi, yang selalu melakukan backup file data perusahaan setiap tanggal tertentu.

Sebetulnya masih banyak lagi fungsi dari Microsoft Office ini, itu mengartikan bahwa produk aplikasi ini dipercaya banyak orang dalam menyelesaikan tugas berbasis olah data komputer.

Tak heran, itulah mengapa Microsoft terus mengembangkan versi produk Office mereka hingga ke tingkatan paling tinggi. Dari beberapa aplikasi yang telah mereka kembangkan, salah satu versi yang sudah cukup canggih yakni Microsoft Office 2019.

Dari segi tampilan dan fitur, versi 2019 dinilai nyaman. Apalagi integrasi fitur lengkap termasuk akses bluetooth, pena digital, dan lainnya.

Nah buat yang ingin tahu cara install Office 2019 di komputer masing-masing, silahkan ikuti langkah-langkah penjelasan dibawah ini.

Fitur Microsoft Office 2019

Sebelum kita mulai ke pembahasan utama, pertanyaannya adalah mengapa kalian memilih versi 2019 ini terpasang di perangkat komputer kalian?

Dari beberapa alasan tersebut, satu diantaranya adalah karena fitur dari Microsoft Office 2019 itu sendiri…lantas seperti apa fungsi dan kemampuan fitur di aplikasi ini? Simak poin-poinnya berikut.

  • Zoom, fitur baru ini tersedia di PowerPoint. Fitur memugkinkan pengguna untuk melakukan zoom ke slide, summary atau ke bagian tertentu.
  • Transisi Morph, merupakan animasi pergerakan baru di PowerPoin.
  • Translator, alat ini bertugas untuk menerjemahkan bahasa misalnya dari Indonesia ke Inggris. Dapat juga digunakan untuk mentranslate satu dokumen penuh.
  • Support Icon SVG, format SVG sering digunakan dalam kebutuhan grafis, beruntung versi 2019 ini kalian dapat memasukan format tersebut bahkan sekalipun akses editing.
  • Inking, jadi fitur ini berfungsi untuk coret-coret Pen atau dengan jari di atas aplikasi Microsoft Office.
  • Timeline Bar, termasuk bagian fitur baru dari Microsoft Project Professional. Sehingga kamu dapat menambahkan label di Timeline Bar.
  • Chart baru, semua versi Microsoft Office 2019 tersedia 11 Chart baru dengan tampilan dan desain lebih fungsional.
  • Audio Feedback, berfungsi untuk memberikan efek perintah konfirmasi atau selesainya suatu proses. Misal kirim email menghapus isi dokumen, aktivitas paste, dan lainnya.
  • New Formula, versi Excel akan ditambahkan rumus penyelesaian baru supaya pemecahan data lebih akurat.
  • Sintaks LaTeX, memasukkan rumus rumit ke Word kini lebih mudah karena fungsi baru ini.

Requirement Microsoft Office 2019

Sebelum mengikuti tahap cara install Microsoft Office 2019, perhatikan ketentuan aplikasi apakah sesuai dengan kemampuan komputer atau tidak. Karena versi 2019 ini mematok minimal sistem yang lumayan tinggi, jadi perhatikan spesifikasi berikut.

SpesifikasiKeterangan
Prosesor1.6 gigahertz (Ghz) or faster | 2.0 gigahertz (Ghz) untuk Skype Business
Memori (RAM)2 GB RAM (32 bit), 4 GB RAM (64 bit)
Hardisk4 GB Available
DisplayDirecX 9 dengan WDDM 2.0, 1280 x 768 resolution or higher
Sistem OperasiWindows 10, Windows 11

Cara Install Microsoft Office 2019

Proses pemasangan aplikasi ini terbilang sangat mudah. Persiapkan file installer terlebih dahulu, kemudian jalankan menu Setup.

Link download sudah Tim Kompiwin berikan dibawah ini, lalu pilih untuk menyesuaikan versi sistem komputer kalian dengan aplikasinya.

  1. Silahkan download dulu installer Microsoft Office 2019.
  2. Setelah terdownload, matikan internet, antivirus termasuk Windows Defender, Windows Firewall dan sejenisnya.
  3. Ekstrak file Microsoft Office 2019.Klik Kanan Dan Ekstrak File
  4. Lalu buka folder hasil ekstrak tersebut kemudian cari file instalasi Microsoft Office 2019.Buka Folder Ekstrak Tersebut
  5. Kemudian jalankan file bernama AUTORUN.Jalankan Aplikasi Autorun
  6. Setelah aplikasi terbuka, perhatikan bagian menu Office. Atur menjadi Professional Plus 2019.Atur Profesional Office 2019
  7. Pilih antara 32 bit atau 64 bit dengan menggeser tombol disampingnya.Atur 32 Bit Atau 64 Bit
  8. Centang paket instalasi Microsoft Office, seperti Word, Excel dan PowerPoint.Centang Aplikasi Yang Diinstal
  9. Pada bagian Additionally, centang Activate Office.Centang Activate Office
  10. Klik tombol Start Instalation untuk memulai.Pencet Start Installation
  11. Tunggu proses pemasangan berlangsung.Tunggu Proses Pemasangan Selesai
  12. Silahkan Close jika sudah berhasil terpasang.Pencet Tombol Close
  13. Kembali di aplikasi instalasi sebelumnya. Disini ketuk saja tombol Activate Office.Pencet Tombol Activate Office
  14. Tunggu sampai selesai.
  15. Kalau sudah selesai, silang installer.
  16. Terakhir tinggal buka aplikasinya.

Akhir Kata

Panduan mengenai cara install Microsoft Office 2019 sudah kita jelaskan diatas, silahkan kamu ikuti tutorialnya untuk memasang aplikasi berikut di komputer masing-masing. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang