Aplikasi Survey PTM

Aplikasi Survey PTM

Apakah kalian pernah mendengar soal aplikasi survey PTM? Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengumpulkan data-data dari sekolah-sekolah di sekitar Indonesia.

Aplikasi survey PTM ini dibuat oleh Kemendikbud untuk mempermudah pengumpulan data dan pengolahan data.

Hal ini juga membuat sekolah dan seluruh masyarakat sekolah di Indonesia dapat lebih fleksibel dalam mengumpulkan data melalui pengisian survey

Lewat aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store di handphone masing-masing ini, kamu bisa menjawab survey yang dibutuhkan dengan cepat.

Seperti yang diketahu kalau pandemi virus Corona yang mulai melanda dunia di awal tahun 2020 ini banyak membuat berbagai sektor terhenti.

Salah satunya adalah edukasi, sekolah-sekolah ditutup membuat banyak pelajar tidak dapat melakukan pendidikan tatap muka.

Selang 1 tahun setelah pandemi, nampaknya berbagai sektor telah bangkit dan sektor pendidikan juga mulai merencanakan sekolah tatap muka.

Nah, untuk mengetahui kesiapan sekolah-sekolah untuk mengadakan sekolah tatap muka, kemendikbud membuat aplikasi survey PTM untuk mengumpulkan data-sata tersebut.

Hal ini membuat pengisian survey yang dilakukan sangat penting karena akan menjadi bahan pertimbangan apakah sekolah sudah siap untuk mengadakan sekolah tatap muka.

Namun, masih ada beberapa orang yang kurang mengetahui bagaimana cara mengunduh aplikasi yang satu ini serta bagaimana cara mengisi survey PTM yang ada di dalam aplikasi yang satu ini.

Nah, tidak perlu khawatir karena dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai aplikasi survey PTM ini dan menjelaskan cara mengunduh aplikasi ini serta memberikan tutorial bagaimana cara mengisi survey yang satu ini.

Buat yang masih bingung dengan aplikasi dari kemendikbud ini, yuk langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini.

Aplikasi Survey PTM

Aplikasi Survey PTM ini dikembangkan oleh pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk melakukan survei sekolah dan staf pengajar.

Dalam aplikasi ini, kita dapat menyelesaikan survey dengan berbagai kriteria yang dapat kita isi berdasarkan pendapat kita tentang keadaan pendidikan saat ini.

Beberapa dari kategori data pertanyaan aplikasi Survey PTM ini terkait dengan bidang pendidikan, khususnya kesiapan sekolah dan instruktur untuk memulai kembali pengajaran tatap muka.

Cara Download Aplikasi Survey PTM

Aplikasi yang satu ini dibuat untuk dapat menjangkau orang-orang, khususnya sekolah-sekolah dan staf yang berada di sekolah dengan mudah dan cepat.

Oleh karena itu, aplikasi yang satu ini dapat dengan mudah diunduh melalui Google Play Store melalui handphone milik kamu.

Kamu cukup mengetik nama survey PTM pada kolom pencarian Google Play Store atau kamu bisa langsung mengunduh aplikasi tersebut melalui link berikut ini:

Survey PTM
Survey PTM
Developer: Kemendikbudristek
Price: To be announced

Cara Menggunakan Aplikasi Survey PTM

Untuk menggunakan aplikasi survey PTM ini tidak jauh berbeda dengan menggunakan aplikasi lainnya.

Kamu tinggal menjawab survey-survey yang berada di dalam aplikasi ini dan jawablah sesuai dengan keadaan sekolah kamu. Hasil survey ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan milik kemendikbud untuk membuka sekolah-sekolah untuk pembelajaran tatap muka.

Jadi, pastikan kalau kamu telah mengisi survey dengan jujur ya, jangan memberikan informasi yang tidak benar.

Aplikasi Dapodik tidak bisa dibuka ? Begini tutorial dan panduan untuk memperbaiki localhost 5774 di aplikasi Dapodik.

Cara Mengisi Survey PTM

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau mengisi survei PTM ini sangat mudah untuk dilakukan dan secara umum kamu tingga membuka aplikasi ini saja untuk memulai pengisian survey.

Namun, kalau kamu masih bingung cara mengisi survei PTM ini tidak perlu khawatir karena di bawah ini telah kami sediakan tutorial pengisian survey PTM. Langsung saja kita simak di bawah ini. 

  1. Buka Survey PTM, selanjutnya masukkan NPSN dan kode registrasi sekolah di kolom yang disediakan. kode registrasi bisa kamu dapatkan melalui sekolah dari operator sekolah masing-masing.
  2. Setelah mengisi NPSN dan kode registrasi sekolah, klik tombol Daftar/Masuk dengan Dapodik untuk masuk ke dalam Survey PTM.
  3. Klik tombol Ikuti Survey, lalu klik tombol Mulai untuk mulai mengisi survey.Aplikasi Survey PTM
  4. Selanjutnya kamu tinggal klik tombol Mulai.Aplikasi Survey PTM 13
  5. Ikuti petunjuk dan jawab pertanyaan survey sesuai dengan kondisi sekolah milik kamu saat ini.Aplikasi Survey PTM 14
  6. Jika ingin mengunduh jawaban survey milik kamu, tinggal tekan tombol Unduh eksel. Selanjutnya klik tombol Selesai dan Tutup untuk mengakhiri survey.Aplikasi Survey PTM 15
  7. Selesai.

Penutup

Nah, jadi itulah serba serbi mengenai aplikasi survey PTM. Kalau kamu salah satu orang yang diharuskan mengisi survey dari Kemendikbud ini, langsung saja segera unduh aplikasi ini dan isi data-data yang diharuskan. Sekian artikel kali ini dan semoga dapat membantu.

Indakhila Putri
Mahasiswa Universitas Swasta di Indonesia dan memiliki hobi menulis sejak muda. Selain menulis, membaca merupakan salah satu hobi yang sering dilakukan. Indakhila juga menikmati kegiatan-kegiatan seperti traveling dan menonton film.